Rabu, Februari 8, 2023
BerandaBerita TerbaruLaci Dashboard Mobil Sangat Penting, Fungsikan dengan Maksimal!

Laci Dashboard Mobil Sangat Penting, Fungsikan dengan Maksimal!

Laci dashboard mobil memiliki banyak fungsi. Anda bisa memanfaatkan laci dashboard pada mobil untuk banyak hal. Salah satu komponen mobil ini memang sangat bermanfaat.

Setiap mobil pasti memiliki dashboard. Bahkan itu menjadi salah satu bagian penting di dalam mobil karena mencakup banyak hal.

Pada dashboard tersebut, Anda biasanya akan menemukan laci. Bahkan beberapa mobil memiliki lebih dari satu laci dengan berbagai ukuran.

Tentu saja laci itu bisa Anda manfaatkan dengan baik. Namun, apa sebenarnya fungsi utama dari laci dashboard ini?

Baca Juga: Cara Membersihkan Dashboard Mobil dengan Mudah dan Simpel

Pentingnya Laci Dashboard Mobil

Dashboard mobil adalah salah satu bagian dari interior kabin yang biasanya ada di bagian depan. Fungsi utama dari dashboard ini sebenarnya sebagai tempat berbagai panel dan indikator pada mobil.

Jika sebuah mobil tidak memiliki dashboard, pastinya pengendara akan merasa tidak nyaman. Di dalam dashboard inilah ada banyak sekali komponen yang saling berhubungan.

Salah satunya komponen pendukung adalah laci dashboard. Bagian laci dashboard bahkan memiliki peran yang cukup penting.

Bagian Utama Dashboard Mobil

Sebelum membahas lebih jauh mengenai laci dashboard mobil, maka sebaiknya kita melihat bagian-bagiannya. Ada beberapa bagian utama pada dashboard mobil selain laci, yaitu:

  • Kunci kontak, biasanya berada di bagian kanan bawah stir mobil.
  • Tuas mobil yang letaknya berada di sebelah kanan dan kiri setir.
  • Lampu indikator mobil untuk mengetahui bagaimana kondisi mobil ketika berkendara.
  • Head unit untuk menyalakan berbagai fitur hiburan di dalam kabin.
  • Pusat kontrol fitur mobil juga ada di dashboard, tepatnya di bawah head unit sehingga mudah terlihat.

Baca Juga: Arti Simbol di Dashboard Mobil Memberikan Informasi Adanya Masalah

Fungsi Laci Dashboard

Sebagai salah satu komponen dashboard, tentu saja laci memiliki fungsi yang tidak kalah penting. Itulah kenapa, Anda bisa memanfaatkannya sebaik mungkin.

Biasanya laci berguna untuk menyimpan beberapa barang. Barang-barang tersebut meliputi:

1. Buku Manual Kendaraan

Meski sepele, tetapi buku manual ini sangat penting. Hal ini untuk jaga-jaga ketika mobil mogok di tengah perjalanan.

Buku manual kendaraan ini bisa saja Anda butuhkan secara tiba-tiba. Oleh sebab itu, selalu letakkan buku ini di laci dashboard.

2. Dokumen Asuransi Mobil

Fungsi selanjutnya adalah untuk menyimpan dokumen asuransi. Saat berkendara, pastinya tidak akan tahu apa yang terjadi.

Namun, kemungkinan terburuk itu selalu ada. Jika terjadi hal itu, maka Anda membutuhkan dokumen asuransi. Pilihan yang tepat apabila Anda menempatkannya di laci dashboard mobil.

3. Perlengkapan P3K

P3K atau pertolongan pertama pada kecelakaan adalah barang yang tidak kalah wajib Anda bawa. Selain obat antiseptik, Anda juga bisa mempersiapkan alat kesehatan lainnya.

Barang-barang seperti kasa steril, plester, obat-obatan, atau minyak angin juga akan sangat berguna dan bisa dibutuhkan kapan saja.

4. Senter

Senter memiliki peranan yang cukup penting. Alat ini bisa Anda gunakan saat berada di dalam kondisi darurat, misalnya ban kempes saat malam hari dan lain sebagainya.

5. Charger

Pastinya yang tidak kalah penting untuk Anda simpan di dalam laci dashboard adalah charger ponsel cadangan. Jangan sampai ponsel Anda kehabisan baterai tetapi lupa membawa charger.

Hal tersebut pastinya akan sangat fatal, apalagi jika Anda merupakan seseorang yang bekerja melalui ponsel sepanjang waktu. Selain itu, ponsel mati juga akan sangat membosankan.

Baca Juga: Cara Menghitamkan Dashboard Mobil Agar Tampilannya Lebih Kinclong

Benda yang Tidak Boleh Ada di Dalam Laci Dashboard

Selain barang-barang yang bisa Anda simpan di dalam laci dashboard mobil, pastinya juga ada beberapa barang yang terlarang.

Sejumlah barang ini sebaiknya tidak Anda simpan ke dalam laci dashboard utama dalam waktu yang lama karena bisa berakibat fatal, seperti rusaknya barang tersebut dan lain sebagainya.

Lalu, apa saja barang-barang terlarang tersebut? Ini dia daftarnya!

  • Perhiasan. Meski termasuk wadah penyimpanan, sebaiknya Anda tidak menyimpan barang berharga seperti perhiasan di dalam laci dashboard karena akan sangat berisiko.
  • Korek api gas. Benda kecil ini jika Anda tinggalkan di dalam laci dashboard memiliki bahaya yang cukup besar karena akan sangat rentan terbakar dan memicu ledakan.
  • Ponsel atau smartphone. Lebih baik gunakan dashboard untuk menyimpan charger saja dan tidak ponselnya karena risiko kemalingan yang tinggi.

Jadi, kini Anda bisa lebih memanfaatkan laci dashboard mobil dengan lebih maksimal tetapi tetap memperhatikan barang apa saja di dalamnya. (R10/HR-Online)