Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita TerbaruMakanan Pantangan Amandel Bengkak yang Perlu Dihindari

Makanan Pantangan Amandel Bengkak yang Perlu Dihindari

Makanan pantangan amandel bengkak perlu Anda ketahui. Jika tidak ingin amandel bengkak, maka sebaiknya hindari makanan pantangan tersebut. Sebab, sakit amandel akan sangat mengganggu jika sedang kambuh.

Setiap manusia memang memiliki amandel yang ada di beberapa tempat. Organ tubuh ini memang berfungsi untuk menjadi sistem pertahanan.

Amandel bisa tiba-tiba membengkak atau membesar karena beberapa hal. Makanan adalah penyebab yang paling umum dalam pembengkakan amandel.

Baca Juga: Makanan Penyebab Radang Tenggorokan yang Perlu Anda Hindari!

Makanan Pantangan Amandel Bengkak yang Harus Dihindari

Amandel adalah salah satu bagian tubuh yang cukup penting. Sayangnya, beberapa orang harus menderita sakit amandel yang menyiksa.

Sakit amandel adalah saat amandel membengkak. Pada saat inilah rasa sakit akan sangat terasa. Bahkan, amandel membengkak juga bisa menyebabkan tubuh demam.

Ketika amandel membengkak, maka akan berubah warna menjadi kemerahan dan mengganggu saluran tenggorokan. Selain menjadi lebih besar, sakit amandel juga bisa terlihat dari lapisan putih kekuningan.

Apakah Amandel Penting?

Meski memang terlihat tidak berfungsi apa-apa, tetapi sebenarnya amandel itu sangat penting. Itu karena amandel membantu untuk menangkal berbagai bakteri, kuman, dan juga virus yang masuk ke dalam tubuh.

Amandel berada di beberapa bagian, yaitu di belakang hidung, tenggorokan, dan juga radang lidah. Tanpa amandel, maka tubuh tidak memiliki pertahanan dari berbagai kuman dan virus penyakit.

Itulah kenapa, amandel yang sakit akan mempengaruhi tubuh. Ketika amandel membengkak, maka tubuh akan terasa demam, sakit tenggorokan, dan rasa nyeri yang mengganggu.

Sebenarnya amandel bengkak itu karena infeksi bakteri Streptococcus dan virus influenza serta adenovirus. Namun, makanan juga bisa menjadi penyebab amandel membengkak. Untuk itu, Anda harus menghindari makanan pantangan amandel bengkak tersebut.

Baca Juga: Pantangan Makanan Penyakit Gondok Ini Wajib Anda Hindari!

Amandel Bengkak Tidak Boleh Makan Apa?

Sebenarnya peradangan atau pembengkakan amandel bisa hilang setelah beberapa hari. Namun, Anda juga bisa menghindari beberapa jenis makanan berikut ini:

1. Makanan Berlemak

Agar pembengkakan tidak semakin parah, akan lebih baik jika Anda menghindari makanan berlemak. Contoh makanan tersebut seperti gorengan, daging merah, olahan susu, atau kue manis.

Makanan berlemak susah untuk tubuh cerna dan tidak bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga, saat amandel membengkak makanan berlemak susah untuk ditelan.

2. Buah-buahan Sitrus

Jenis buah-buahan sitrus seperti jeruk nipis, jeruk, lemon, tomat, grapefruit, dan juga buah asam lainnya bisa memperparah iritasi amandel. Mengonsumsi buah-buahan tersebut hanya akan membuat tenggorokan semakin sakit.

3. Minuman Asam dan Bersoda

Minuman yang asam dan bersoda juga menjadi makanan pantangan amandel bengkak. Jenis minuman panas dan asam seperti jus lemon dan jus jeruk nipis akan memperparah luka tenggorokan.

Sedangkan mengonsumsi minuman bersoda dan kafein akan membuat amandel semakin membengkak.

4. Makanan Pedas

Selanjutnya Anda juga bisa menghindari makanan pedas. Mengonsumsi makanan pedas bisa membuat peradangan pada amandel semakin parah dan lama sembuh.

5. Camilan

Siapa yang suka ngemil? Jika amandel sedang membengkak, sebaiknya tahan dulu rasa untuk ngemil.

Camilan seperti keripik, kerupuk, dan popcorn hanya akan membuat pembengkakan semakin parah. Alhasil, tenggorokan akan terasa tidak nyaman.

6. Makanan Bertekstur Kasar

Segala makanan bertekstur kasar seperti roti padat, granola, hingga sayuran mentah juga sebaiknya Anda hindari. Konsumsi makanan pantangan amandel bengkak tersebut akan membuat luka semakin parah.

Baca Juga: Makanan Penyebab Cegukan yang Patut untuk Anda Waspadai

Apakah Amandel Bisa Sembuh dengan Sendirinya?

Sebenarnya, amandel bengkak bisa sembuh setelah beberapa hari. Namun, itu jika Anda melakukan gaya hidup sehat dan menghindari berbagai makanan seperti di atas.

Amandel yang bengkak biasanya akan dokter berikan antibiotik. Anda tentunya juga bisa melakukan hal-hal alami untuk membantu menyembuhkan.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan seperti:

  • Berkumur dengan air garam untuk membunuh bakteri penyebab peradangan pada amandel.
  • Beristirahat dengan cukup dan menghindari pantangan makanan yang ada. Tidur selama 8 jam per harinya.
  • Selalu menjaga kebersihan lingkungan agar kekebalan tubuh tidak menurun dan mudah terserang penyakit.
  • Mengonsumsi air putih dengan cukup agar tidak dehidrasi.

Dengan menghindari makanan pantangan amandel bengkak, maka Anda bisa lebih cepat pulih. Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi dan juga vitamin untuk memperkuat kekebalan tubuh. (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar