Sabtu, November 26, 2022
BerandaBerita TerbaruMakanan Penyebab Asam Urat Berikut Ini Harus Anda Hindari!

Makanan Penyebab Asam Urat Berikut Ini Harus Anda Hindari!

Makanan penyebab asam urat patut untuk dihindari. Berbagai makanan yang menjadi penyebab asam urat dapat memperparah kondisi tersebut. Ketika asam urat kambuh, pastinya akan memberikan rasa nyeri dan tidak nyaman, maka hindari yang menjadi makanan pantangan.

Ada berbagai macam penyakit pada sendi yang harus kita waspadai. Salah satu penyakit nyeri sendi yang paling umum adalah asam urat.

Penderita asam urat akan sangat tersiksa jika tengah kambuh. Rasa nyeri dan tidak nyaman pada persedian akan sangat mengganggu.

Agar tidak merasakannya, maka Anda bisa mencoba menghindari beberapa makanan ini.

Baca Juga: Makanan Penyebab Kram Otot pada Tubuh yang Perlu Dihindari

Waspada Makanan Penyebab Asam Urat Ini!

Tahukan Anda bahwa ada makanan yang bisa menyebabkan asam urat. Asam urat sendiri merupakan suatu kondisi nyeri sendi yang bisa menyerang siapa saja.

Saat asam urat sedang kambuh, maka rasanya akan sangat menyiksa. Memang umumnya asam urat akan menyerang orang-orang usia lanjut.

Namun, ada juga anak muda yang bisa terkena asam urat. Oleh karena itu, kita harus pandai dalam mengatur asupan makanan.

Apa yang Dimaksud dengan Asam Urat?

Asam urat atau yang juga terkenal dengan nama gout ini merupakan gejala nyeri sendi pada manusia. Kondisi ini dapat terjadi karena kadar asam urat di dalam darah terakumulasi di sekitar sendi dan membentuk sebuah kristal.

Pada setiap tubuh manusia terdapat zat yang bernama purin. Zat ini terbentuk secara alami dan terdapat di beberapa jenis makanan tertentu.

Kemudian saat tubuh akan melakukan pemecahan purin, maka secara otomatis akan memproduksi asam urat. Maka, semakin banyak purin yang tubuh pecah, semakin tinggi juga produksi asam urat dalam tubuh.

Karena itulah ada beberapa makanan penyebab asam urat yang memang dapat penderita hindari agar tidak kambuh kembali.

Baca Juga: Makanan Pantangan Syaraf Kejepit yang Patut untuk Dihindari, Cek!

Kalau Asam Urat Tidak Boleh Makan Apa?

Memang tidak ada makanan yang pasti menyebabkan asam urat. Namun, ada beberapa makanan yang bisa Anda hindari karena mengandung purin yang tinggi, yaitu sebagai berikut:

  • Daging merah seperti daging sapi dan domba. Kandungan purin di dalamnya cukup tingi sehingga menyebabkan asam urat naik.
  • Jeroan hewan seperti hati, ginjal, dan otak mengandung purin yang sangat tinggi dan tidak baik untuk Anda penderita asam urat.
  • Ikan laut seperti sarden, kerang laut, dan ikan teri termasuk makanan yang harus penderita asam urat hindari karena memiliki kandungan purin cukup tinggi.
  • Daging kalkun dan angsa memang sangat nikmat, namun kandungan purin di dalam kedua unggas ini sangat tinggi.
  • Sayuran hijau seperti bayam, kacang panjang, dan kacang polong termasuk salah satu makanan penyebab asam urat. Anda bisa mengonsumsi sayuran hijau secukupnya.
  • Minuman kemasan manis seperti soda dan rasa buah memiliki glukosa yang merangsang produksi asam urat.
  • Berbagai produk susu seperti keju, es krim, hingga yoghurt bisa menyebabkan asam urat tinggi.

Baca Juga: Makanan Penyebab Sakit Pinggang Jangan Anggap Remeh, Cek Disini!

Makan Apa yang Bisa menurunkan Asam Urat dengan Cepat?

Setelah ada makanan penyebab asam urat, maka ada juga makanan yang menjadi obatnya. Beberapa makanan bisa menurunkan asam urat yang tinggi. Berikut ini daftarnya:

  • Jeruk nipis. Di Indonesia biasanya jeruk nipis menjadi minuman atau campuran jus.
  • Teh hijau. Jenis teh ini mampu meredakan dan mengatasi nyeri sendi akibat asam urat yang tinggi.
  • Seledri. Tanpa banyak orang ketahui, sayuran satu ini kaya akan flavonoid, apiol, dan juga glikosida yang efektif untuk meredakan nyeri sendi akibat asam urat.
  • Buah wortel. Selain bagus untuk mata, wortel juga mengandung purin dalam kadar rendah yang baik untuk menurunkan asam urat dalam tubuh.
  • Buah apel. Zat mala atau malic acid di dalamnya cukup efektif untuk menetralisir asam urat sekaligus meredakan nyeri.
  • Buah berries, seperti stroberi dan stroberi. Kandungan nutrisi di dalamnya yang bersifat anti inflamasi mampu meredakan nyeri akibat asam urat.
  • Buah pisang. Kandungan di kalium, kadar alkali, dan rendah gula membuat pisang mampu mengurangi nyeri sendi dan asam urat tubuh.

Itulah berbagai makanan penyebab asam urat yang bisa Anda hindari. Sebenarnya Anda masih dapat mengonsumsi makanan tersebut, tetapi tetap harus dalam jumlah normal dan tidak terlalu banyak. (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar