Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaBerita TerbaruMakanan Penyebab Radang Tenggorokan yang Perlu Anda Hindari!

Makanan Penyebab Radang Tenggorokan yang Perlu Anda Hindari!

Makanan penyebab radang tenggorokan perlu Anda hindari. Jika sudah mengalami gejala radang tenggorokkan, maka sebaiknya jangan mengonsumsi makanan ini. Sebab, mengonsumsi makanan pantangan justru dapat membuat kondisi Anda semakin parah.

Tidak ada satupun orang yang ingin sakit, apalagi radang tenggorokan. Meski terdengar sepele, tetapi penyakit ini sangat menyiksa.

Saat radang tenggorokan, Anda tidak akan bisa makan atau minum dengan bebas. Agar tidak merasakannya, maka Anda harus menghindari makanan-makanan berikut ini.

Baca Juga: Pantangan Makanan Penyakit Gondok Ini Wajib Anda Hindari!

5 Makanan Penyebab Radang Tenggorokan

Mengalami radang tenggorokan pastinya sangatlah menyiksa. Ketika sedang radang tenggorokan, maka aktivitas Anda juga akan ikut terganggu.

Itu karena saat radang, maka Anda akan kesulitan menelan. Selain itu, radang tenggorokan juga memberikan rasa nyeri.

Apa Itu Radang Tenggorokan?

Dalam bahasa medis, radang tenggorokan merupakan faringitis streptokokus. Ini merupakan kondisi infeksi yang terjadi pada tenggorokan karena bakteri, virus, ataupun reaksi alergi.

Gejala yang penderitanya rasakan adalah nyeri tenggorokan, sakit saat menelan, bercak kemerahan di langit mulut, mengalami demam, pembesaran kelenjar getah bening di leher, dan pembesaran amandel.

Ketika radang, tumbuh rasanya sangat tidak enak dan butuh banyak istirahat. Agar cepat sembuh, maka Anda harus menghindari makanan yang menjadi penyebab radang tenggorokan.

Apa Pantangan Radang Tenggorokan?

Radang tenggorokan bukanlah kondisi kesehatan sepele. Apabila Anda diamkan saja, maka akan muncul risiko komplikasi.

Ada beberapa makanan yang menyebabkan radang. Jika Anda mengonsumsinya, maka radang akan semakin parah. Berikut beberapa daftar makanan tersebut yang harus Anda hindari juga:

1. Makanan Pedas

Jika Anda pecinta makanan pedas, sebaiknya mulai kurangi mengonsumsinya. Sebab, makanan pedas menjadi penyebab radang tenggorokan jika tubuh sedang tidak fit.

Jika Anda menderita flu dan memakan makanan pedas, maka akan sangat berpotensi terjadi infeksi pada tenggorokan. Jadi, lebih baik menguranginya saat tubuh tidak fit.

Baca Juga: Makanan Penyebab Lendir di Tenggorokan dan Cara Mengatasinya

2. Makanan Kering atau Panas

Tekstur yang kasar pada makanan kering atau panas juga bisa menyebabkan radang tenggorokan. Makanan tersebut dapat membuat tenggorokan luka dan kering.

Jika Anda ingin mengonsumsi makanan penyebab radang tenggorokan yang kering atau panas, maka lunakkan terlebih dahulu dengan air putih.

3. Makanan Berminyak

Kandungan minyak tinggi dapat memperburuk sakit tenggorokan. Jadi, sebaiknya Anda menghindari makanan goreng-gorengan selama radang.

Dokter pun juga menyarankan untuk membatasi makan makanan berminyak jika tubuh kurang sehat atau bahkan untuk orang sehat sekalipun.

4. Kafein dan Alkohol

Saat flu, sebaiknya hindari kopi untuk menghangatkan badan karena mengandung kafein. Sebab, kafein dapat menyebabkan rasa gatal pada tenggorokan, begitu juga alkohol.

Alkohol merupakan minuman yang sangat tidak baik untuk tubuh dan bisa membuat berbagai kerusakan organ. Sebaiknya Anda mengonsumsi air jahe atau air putih hangat untuk menghangatkan suhu tubuh.

5. Susu dan Berbagai Olahannya

Jangan salah, ternyata susu juga menjadi salah satu makanan yang menyebabkan radang. Hal itu karena susu dapat meningkatkan produksi lendir pada tubuh.

Selain itu, susu juga bisa memicu rasa gatal pada tenggorokan sehingga sangat tidak nyaman untuk penderita radang tenggorokan. Sebisa mungkin hindari susu dan berbagai olahannya jika ingin radang tenggorokan cepat pulih.

Bagaimana Cara Agar Radang Tenggorokan Cepat Sembuh?

Setelah mengetahui apa saja makanan penyebab radang tenggorokan, mungkin Anda mulai kebingungan mengenai apa yang harus dimakan?

Apabila Anda sudah terlanjur sakit tenggorokan, biasanya dokter akan memberikan antibiotik. Agar cepat sembuh, Anda bisa mengonsumsi beberapa olahan bahan alami, yaitu:

Bawang putih. Kandungan antibakteri dan antivirus membuatnya mampu membantu menyembuhkan radang tenggorokan. Campurkan saja bawang putih dengan makanan.

Jahe, madu, dan teh bisa Anda campurkan ke dalam segelas air hangat. Ramuan tersebut mampu mengurangi peradangan pada tenggorokan.

Baca Juga: Makanan Penyebab Bau Mulut yang Penting untuk Dihindari

Pisang dan jamur dipercaya ampuh mengobati radang tenggorokan karena memiliki berbagai vitamin baik. Pisang dapat meredakan radang tenggorokan, sedangkan jamur memiliki kandungan sifat antibakteri yang dapat menyembuhkan rasa gatal dan sakit pada tenggorokan Anda.

Jika Anda memang ingin cepat sembuh, maka sebaiknya hindari makanan penyebab radang tenggorokan tersebut. Sekalipun sudah sembuh, Anda harus tetap tidak boleh mengonsumsi makan tersebut terlalu banyak agar tidak radang kembali. (R10/HR-Online)