Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaBerita TerbaruMakanan Penyebab Rambut Cepat Beruban yang Harus Dihindari!

Makanan Penyebab Rambut Cepat Beruban yang Harus Dihindari!

Makanan penyebab rambut cepat beruban penting Anda hindari. Karena makanan tersebut, rambut bisa lebih cepat beruban dari waktu normal. Jika Anda tidak ingin itu terjadi, maka sebaiknya hindari makanan pantangan tersebut.

Walau sebenarnya rambut manusia akan memutih, tetapi tidak sedikit orang yang harus memiliki uban sebelum waktunya. Terkadang ada beberapa yang berubah di usia masih muda.

Hal ini tentu bisa terjadi karena berbagai faktor, salah satunya karena mengonsumsi makanan tertentu.

Baca Juga: Makanan Penyebab Asam Urat Berikut Ini Harus Anda Hindari!

Hindari Makanan Penyebab Rambut Cepat Beruban Ini!

Uban merupakan rambut yang berwarna putih. Kemunculan uban seringkali berkaitan dengan bertambahnya usia.

Umumnya memang uban banyak dimiliki oleh para orang lanjut usia. Namun ternyata, banyak sekali faktor yang menjadi penyebab kemunculan uban.

Saat ini ada banyak anak muda yang rambutnya harus sudah beruban. Hal ini tentunya menjadikan rasa percaya diri mereka berkurang.

Bagaimanapun juga, rambut merupakan hal yang bisa menunjang penampilan. Apalagi jika uban semakin banyak, maka akan membuat diri terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

Normalnya Uban Muncul Usia Berapa?

Semua orang pasti akan memiliki uban atau rambut putih pada waktunya. Sebenarnya, waktu tumbuh uban juga berbeda-beda.

Namun, pada umumnya orang ras kulit putih akan mengalami rambut ubanan di awal usia 30 tahunan. Sedangkan orang Asia cenderung beruban di akhir 30 tahun.

Di sisi lain, orang Afrika-Amerika biasanya akan beruban di pertengahan 40 tahun. Namun, kasus premature greying bisa terjadi.

Ras kulit putih akan mengalami premature greying di usia 20 tahunan, Asia 25 tahun, dan Afrika-Amerika usia 30 tahun. Hal ini bisa terjadi karena makanan penyebab rambut cepat beruban.

Baca Juga: Makanan Penyebab Diabetes Konsumsi Sesuai Porsinya

Makanan Apa yang Menyebabkan Uban?

Tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut ini beberapa makanan yang bisa menjadi uban cepat tumbuh:

1. Gula

Setiap hari manusia memang membutuhkan gula. Hanya saja, gula ternyata bisa menyebabkan rambut cepat memutih jika dikonsumsi terlalu banyak.

Ini karena gula dapat mengurangi kadar vitamin E dalam darah yang sangat rambut butuhkan.

2. Minuman Bersoda

Soft drink atau minuman bersoda juga dapat menyebabkan rambut cepat beruban. Ini karena minuman bersoda mengandung kadar gula yang tinggi.

Sehingga, itu akan membuat uban lebih cepat tumbuh. Akhirnya, warna hitam alami rambut akan memudar dan memutih.

3. Gorengan, Makanan Pedas, dan Asam

Makanan seperti gorengan, makanan yang pedas, dan asam ternyata masuk kategori makanan yang menjadi penyebab rambut cepat beruban. Ini karena makanan tersebut menimbulkan panas dalam tubuh.

Alhasil, tubuh akan dehidrasi dan kemudian menghambat nutrisi untuk sampai ke folikel rambut. Rambut putih atau uban ini menandakan nutrisi yang tidak terserap sempurna.

4. MSG

Sama halnya seperti garam, zat satu ini juga bisa menyebabkan rambut cepat beruban. Batasi penggunaan MSG atau lebih baik menghindarinya.

5. Kafein

Kandungan ini juga mempercepat kemunculan uban pada rambut. Kafein yang biasa ada di kopi dan teh ini akan mengurangi kandungan magnesium di dalam tubuh.

Jika terlalu banyak, maka akan menyebabkan warna rambut cepat berubah. Konsumsilah kopi sewajarnya untuk menghindari rambut beruban.

6. Makanan dengan Garam Tinggi

Kandungan natrium di dalam garam bisa menghilangkan zat sodium pada tubuh. Alhasil, kandungan garam yang tinggi menjadikan makanan penyebab rambut cepat beruban.

Baca Juga: Bahaya Makan Gorengan, Waspadai Bahaya yang Mengintai!

Penyebab Rambut Beruban Selain Makanan

Sebelumnya disebutkan rambut beruban bisa terjadi karena beberapa hal. Berikut ini beberapa penyebab rambut beruban selain makanan di atas.

  • Stress. Kondisi ini dapat mempercepat rambut berubah warna menjadi putih.
  • Merokok. Penelitian pada tahun 2023 menunjukkan perokok berisiko 2,5 kali lebih besar untuk mengalami rambut beruban di usia sebelum tua.
  • Polusi. Radikal bebas yang ada pada polutan dapat merusak melanin atau zat yang memberi warna rambut. Itulah kenapa rambut menjadi cepat putih.
  • Perubahan hormon. Ini terjadi lantaran perubahan hormon mempengaruhi kepadatan dan warna rambut. Rambut akhirnya juga bisa rontok.
  • Kekurangan nutrisi. Kekurangan beberapa vitamin dalam tubuh akan mempengaruhi warna rambut.
  • Faktor genetik. Beberapa orang memiliki garis keturunan yang rambutnya mudah beruban sejak masih muda.

Untuk mencegahnya, lebih baik Ada menghindari makanan penyebab rambut cepat beruban tersebut. Dengan begitu, maka Anda akan terhindari dari beruban di usia muda. (R10/HR-Online)