Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaBerita TerbaruMakanan Penyebab Tumor Otak yang Perlu Anda Waspadai!

Makanan Penyebab Tumor Otak yang Perlu Anda Waspadai!

Makanan penyebab tumor otak sangat berbahaya. Apalagi masih banyak yang belum mengetahui makanan penyebab dari tumor otak ini. Padahal, mengonsumsi makanan pantangan tersebut bisa meningkatkan risiko tumor otak.

Menjaga tubuh adalah kewajiban setiap orang. Pastinya selalu ada penyakit yang menghantui tubuh. Namun begitu, kita bisa melakukan tindakan pencegahan.

Salah satu tindakan mudah yang dapat Anda lakukan adalah mengurangi berbagai makanan yang berpotensi menambah risiko terjadi penyakit-penyakit mengerikan, seperti tumor otak.

Baca Juga: Makanan Penyebab Stroke yang Wajib Anda Batasi dan Jauhi

Makanan Penyebab Tumor Otak yang Berbahaya

Otak merupakan organ paling vital pada tubuh manusia. Di dalam otak ini ada berbagai macam saraf yang mempengaruhi setiap pergerakan kita.

Ketika otak dalam keadaan sehat, maka tubuh lainnya juga bisa melakukan fungsi masing-masing dengan tepat.

Hanya saja, ada berbagai penyakit yang dapat menyerang otak. Salah satu penyakit tersebut adalah tumor otak yang bisa menjadi sangat berbahaya.

Perbedaan Tumor dan Kanker Otak

Kasus kematian akibat kanker otak di Indonesia cukup tinggi. Sayangnya masih banyak juga masyarakat yang masih belum mengenal penyakit ini.

Bahkan juga masih banyak yang mengira tumor otak sama dengan kanker. Padahal keduanya sangatlah berbeda dari segala sisi.

Tumor biasanya bertumbuh secara perlahan dan ukurannya tetap. Sedangkan kanker akan tumbuh dalam waktu cepat dan menjadi ganas hingga menyebar ke seluruh tubuh.

Ketika tumor menyerang otak, maka itu akan tumbuh di otak saja dan tidak bisa menyebar dengan cepat. Adapun tumor juga bisa tumbuh di mana saja, bukan hanya di otak.

Tumor otak ini sangat berbahaya karena bisa saja tumbuh di jaringan syaraf tertentu dan akan sangat mengganggu kinerjanya. Oleh karena itu, Anda harus menghindari beberapa makanan penyebab tumor otak untuk menurunkan risiko.

Baca Juga: Makanan yang Membuat Pusing Ini Baiknya untuk Dihindari Saja!

Apa Pantangan Tumor Otak?

Meski berbeda dengan kanker, tetapi sebenarnya tumor otak ini juga sangat berbahaya dan bahkan bisa menyebabkan kematian.

Ada berbagai cara mencegah tumor otak, salah satunya dengan hidup sehat. Anda bisa lakukan olahraga dan menghindari makanan yang bisa menyebabkan tumor otak. Berikut daftarnya:

1. Makanan dan Minuman Berpemanis

Selain dapat menimbulkan diabetes, makanan dan minuman berpemanis juga bisa memicu pertumbuhan sel tumor.

Riset terbaru menyebut bahwa gula dapat memberikan “makanan” untuk pertumbuhan kanker atau tumor. Jadi, sebaiknya mulai berhenti mengonsumsi makanan atau minuman dengan pemanis buatan.

2. Daging Olahan

Meski lezat, tetapi daging olahan ternyata bisa berbahaya. Daging olahan seperti sosis, daging, bacon, dan pepperoni bisa menjadi makanan penyebab tumor otak.

Melansir dari Cancer Center, mengkonsumsi 50 gram daging olahan setiap hari bisa meningkatkan risiko terkena tumor kolorektal atau kanker kolon.

3. Produk Makanan Pestisida

Pestisida merupakan bahan kimia yang bisa digunakan pada buah dan sayuran. Namun ternyata, pestisida ini bisa memicu pertumbuhan tumor dan kanker otak, bahkan sangat buruk untuk tubuh.

4. Alkohol

Pecandu alkohol akan memiliki risiko terkena tumor otak atau kanker. Semakin banyak volume alkohol yang Anda minum, maka akan meningkatkan risiko terkena kanker pencernaan.

Itulah kenapa, alkohol menjadi minuman penyebab tumor otak yang sebisa mungkin harus Anda hindari.

5. Olahan yang Dibakar

Ternyata, penyebab tumor otak lainnya adalah makanan yang melalui proses pengolahan dengan suhu tinggi. Makanan yang melewati proses pembakaran juga bisa memicu kanker.

Saat bahan makanan Anda bakar, maka akan timbul zat karsinogenik atau polycyclic aromatic hydrocarbons (PAHs). Untuk menghindarinya, Anda bisa mengonsumsi makanan yang melalui proses pemasakan dengan suhu rendah.

Baca Juga: Pantangan Makanan Hipoglikemia yang Harus Anda Hindari, Cek!

Apa Penyakit Tumor Otak Bisa Sembuh?

Sebagian besar kasus tumor otak terletak di otak besar. Namun, ada juga yang menyerang atau menyebar hingga ke otak kecil dan batang otak.

Adapun gejala yang timbul akibat pertumbuhan tumor otak ini adalah seperti kejang, sakit kepala, perubahan perilaku dan kognitif, set penurunan koordinasi tubuh, dan lainnya.

Pastinya tumor bisa saja sembuh apabila terdeteksi saat masih stadium awal. Karena jika sudah stadium akhir dan menyebar, maka kemungkinan sembuh lebih kecil.

Untuk itu, sebaiknya hindari makanan penyebab tumor otak sejak dini agar tidak perlu melakukan metode penyembuhan yang pastinya tidak murah dan menyakitkan. (R10/HR-Online)