Sabtu, Januari 28, 2023
BerandaBerita TerbaruMakanan Penyebab Usus Buntu yang Sebaiknya Anda Batasi

Makanan Penyebab Usus Buntu yang Sebaiknya Anda Batasi

Makanan penyebab usus buntu berikut ini jangan sampai terlalu sering Anda konsumsi. Sebab, membatasi atau menghindari makanan tertentu dapat mencegah risiko terkena gangguan usus buntu. Karena itu penting untuk selalu menjaga pola makan dan memperhatikan makanan pantangan apa saja yang perlu Anda batasi.

Penyakit usus buntu merupakan salah satu gangguan kesehatan yang bisa timbul atau semakin parah karena makanan tertentu.

Usus buntu atau Appendix Vermiformis sendiri sebenarnya merupakan salah satu organ tubuh manusia. Ia memiliki bentuk menyerupai kantong yang tersambung pada usus besar dari sisi kanan bawah perut.

Penyakit usus buntu atau apendisitis paling sering terjadi pada orang yang berada dalam lingkup usia antara 10 hingga 30 tahun. Penyakit ini termasuk berbahaya dan jika tidak mendapat penanganan yang tepat, maka bisa menyebabkan usus buntu pecah.

Kondisi tersebut tentunya bisa menimbulkan nyeri perut yang hebat serta bisa memberikan dampak yang cukup fatal.

Baca Juga: Makanan Penyebab Usus Kotor Seperti Ini Wajib Anda Hindari!

Deretan Makanan Penyebab Usus Buntu

Apendisitis bisa terjadi ketika usus buntu tersumbat oleh berbagai hal tertentu seperti kotoran, benda asing, hingga kanker. Penyumbatan tersebut bisa terjadi karena infeksi.

Hal tersebut dapat membuat usus buntu membengkak sebagai respon terhadap infeksi dalam tubuh. Penyakit ini pun bisa menyerang siapa saja, beberapa orang mungkin juga lebih berisiko menderita usus buntu karena beberapa faktor risiko.

Faktor risiko tersebut misalnya yaitu usia antara 10-30 tahun, jenis kelamin, serta riwayat keluarga yang juga mengalami apendisitis. Bagi semua orang, mengonsumsi jenis makanan tertentu juga bisa menjadi faktor penyebab penyakit usus buntu.

Lalu apa saja makanan tersebut? Berikut adalah beberapa jenis makanan yang perlu Anda perhatikan:

Biji-bijian

Makanan penyebab usus buntu yang pertama yaitu berbagai biji-bijian seperti gandum, jagung, kedelai, barley, dan lainnya. Sebab, biji-bijian tersebut termasuk dalam jenis makanan yang sulit tercerna oleh usus dalam proses pencernaan.

Akhirnya makanan tersebut malah akan mengendap di dalam usus dan akan semakin mengeras.

Jika makanan tersebut terus mengendap dan mengeras maka lama-lama ia akan menutupi rongga yang ada dalam usus buntu. Hal tersebut yang akan memicu munculnya peradangan atau penyakit usus buntu.

Untuk mencegahnya tentu Anda tidak boleh terlalu banyak atau terlalu sering mengonsumsi biji-bijian tersebut.

Baca Juga: Pantangan Makan Radang Usus, Hindari Jika Tidak Ingin Kambuh!

Makanan yang Terlalu Pedas

Berbagai olahan yang pedas juga bisa menjadi makanan penyebab usus buntu, namun secara tidak langsung.

Hal itu bisa terjadi jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan dengan tingkat kepedasan yang tinggi. Karena itu sebaiknya Anda membatasi dalam mengonsumsi makanan pedas untuk menjaga sistem pencernaan juga.

Daging Merah

Mengonsumsi jenis daging merah memang bisa memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Namun jika sampai Anda terlalu sering mengonsumsinya maka bisa memunculkan penyakit usus buntu. Daging merah sendiri seperti daging sapi, kambing, kerbau, dan jenis hewan berkaki empat lainnya.

Olahan Susu

Beberapa produk yang terbuat dari susu misalnya seperti keju juga bisa menjadi makanan penyebab usus buntu. Hal tersebut karena makanan tersebut termasuk sulit untuk tercerna oleh usus.

Anda terlalu banyak mengonsumsinya maka ia akan menumpuk, mengganggu kerja usus, dan timbulah usus buntu.

Daging Olahan

Selain daging merah, ternyata daging olahan yang banyak terjual di pasaran juga bisa menjadi penyebab usus buntu. Misalnya yaitu olahan seperti bakso daging, sosis, nugget, dan berbagai olahan lainnya.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan tersebut tanpa mengimbanginya dengan sayur, maka bisa memicu usus buntu.

Baca Juga: Makanan yang Dilarang untuk Iritasi Usus, Apa Sajakah Itu?

Fast Food

Makanan cepat saji atau fast food memang enak dan simpel, namun ia bisa memicu berbagai penyakit termasuk usus buntu. Sebab mengandung banyak yang buruk untuk sistem pencernaan perut. Karena itu sebaiknya Anda menghindari dan membatasi konsumsi berbagai jenis fast food.

Itulah beberapa makanan penyebab usus buntu yang harus Anda perhatikan. Sebenarnya tidak masalah jika Anda mengonsumsi berbagai makanan tersebut. Namun yang harus Anda perhatikan yaitu jangan sampai terlalu banyak dan sering dalam memakannya. (R10/HR-Online)