Selasa, November 29, 2022
BerandaBerita PangandaranMakodim 0625/Pangandaran Resmi Dioperasionalkan

Makodim 0625/Pangandaran Resmi Dioperasionalkan

harapanrakyat.com,- Makodim 0625/Pangandaran sudah diresmikan operasionalnya oleh KSAD melalui video confrence, pada Selasa (22/11/2022), sekitar pukul 10.00 WIB.

Kasdam III/Siliwangi, Brigjen. Widjanarko mengatakan, dengan adanya Markas Kodim di Pangandaran diharapkan bisa membantu pemerintah daerah dalam setiap kegiatan.

Serta bersinergi dengan pihak-pihak lainnya untuk bersama-sama membangun dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pangandaran.

“Makodim 0625/Pangandaran ini baru terbangun di lahan seluas 2,8 hektar. Lokasinya di Desa Cintakarya, Kecamatan Parigi. Selain kantor, juga ada rumah dinas Komandan Kodim, Kasdim, dan para staffnya. Untuk yang lainnya menyusul,” kata Widjanarko kepada harapanrakyat.com.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada Pemda Pangandaran yang telah menghibahkan 9 hektar lahan untuk membangun perkantoran lainnya. Seperti Kantor Datasemen Perhubungan, Datasemen Seni dan Budaya, dan lainnya. Sehingga akan lengkap berproses lebih lanjut.

Baca Juga: Sistem Drainase Tak Berfungsi, Jalan Raya Parigi-Cintaratu Pangandaran Banjir Cileuncang

“Adapun jumlah personil Kodim itu idealnya 254 personil, dan untuk Kodim 0625/Pangandaran baru memiliki 154 personil, jadi kurang lebih baru 60 persen terisi. Kedepan akan dilengkapi bertahap,” ungkapnya.

Kodim 0625/Pangandaran Pecahan dari Kodim Ciamis

Widjanarko menjelaskan, Kodim 0625/Pangandaran ini pecahan dari Kodim 0613/Ciamis. Wilayahnya ada 10 kecamatan, dan di Kabupaten Pangandaran baru memiliki 7 Koramil. Jadi masih kurang 3 Koramil lagi. Karena setiap kecamatan harus ada Koramil.

Dengan adanya Makodim 0625/Pangandaran ini, pihaknya juga berharap bisa mengantisipasi wilayah yang berbatasan langsung dengan negara Australia.

“Kodim ini bisa mengajak masyarakat untuk secara bersama-sama menjaga hal-hal terkecil. Juga sebagai mata dari Kodam III Siliwangi yang ada di Bandung, supaya bisa cepat mengetahui setiap daerah,” jelasnya.

Pihaknya pun berharap kedepan Kodim bisa meningkatkan lagi sinergitas dalam menjaga keamanan dan keutuhan wilayah NKRI. Khususnya di Pangandaran ini. (Madlani/R3/HR-Online/Editor-Eva)