Minggu, Desember 4, 2022
BerandaBerita TerbaruManchester United Dijual, Harga Hanya £9 Miliar, Berminat?

Manchester United Dijual, Harga Hanya £9 Miliar, Berminat?

Manchester United dijual! Ya, Glazer selaku pemilik klub, Rabu (23/11/2022) dini hari WIB, mengumumkan akan menjual klub sepakbola yang bermarkas di Kota Manchester, Inggris ini.

Namun, keluarga asal Amerika Serikat ini jelas tidak akan menjual The Red Devils dengan harga murah.

Sebelumnya, keluarga Glazer membeli Manchester United dari McManus dan Magnier.

Manchester United Dijual Rp167,8 Triliun, Jadi Klub Sepakbola Termahal di Dunia?

The Glazers akhirnya akan melepaskan MU setelah memegang kepemilikan sejak tahun 2005 atau selama lebih dari 17 tahun.

Sejauh ini, kehadiran mereka sebagai pemilik tim bermarkas Old Trafford itu tidak berjalan mulus.

Sebab, fans terus menyuarakan tuntutan agar keluarga Glazer hengkang dari Manchester United. Mereka menilai keluarga konglomerat asal AS tersebut, hanya menjadikan MU sebagai sapi perah. Terlepas dari prestasi di lapangan yang kurang diperhatikan.

Baca Juga: MU Pecat Cristiano Ronaldo, Benarkah CR7 Didepak Secara Tak Terhormat?

Setelah bertahun-tahun, akhirnya keinginan fans United untuk melihat kepergian Glazers akan segera terpenuhi. Namun pertanyaannya, siapa yang akan menggantikannya.

Tapi yang jelas, peminat Manchester United harus menyiapkan banyak uang. Pasalnya, Manchester United yang dijual keluarga Glazer harganya sangat fantastis. Lantas berapa banderol MU?

Salah satu media Inggris, Daily Star, mengklaim harga Manchester United bukan main-main. Kabarnya, The Glazers ingin melepas MU setidaknya dua kali lipat dari harga resmi Chelsea saat Taipan Rusia, Roman Abramovich menjualnya.

Pemilik baru Chelsea saat ini, Todd Boehly, harus merogoh £4,25 miliar atau sekitar Rp79,2 triliun, untuk mengambil alih kepemilikan The Blues dari tangan Abramovich pada Mei 2022.

Merujuk pada media Inggris, MU kemungkinan akan membanderol 2 kali lipat dari harga Chelsea.

Baca Juga: Piala Dunia 2022 Qatar, Ini 5 Striker Top yang Tak Dipanggil Negaranya

Sementara menurut The Sun, Manchester United siap dijual Glazers secara langsung. Dalam sebuah kesepakatan yang diharapkan bernilai sekitar £9 miliar, sekitar Rp167,8 triliun.

Tentunya jika memang harganya sebesar itu, maka akan menjadikan Manchester United sebagai klub sepakbola paling termahal di dunia. Bahkan melampaui Dallas Cowboys, yang rumornya bernilai £7,23 miliar atau setara Rp134,8 triliun.

Adakah Calon Pembeli?

The Glazers telah menerima kritik dari pendukung United selama bertahun-tahun. Gelombang kecaman datang karena fans menganggap bahwa Glazers tidak peduli dengan klub. Melainkan keluarga kaya asal Amerika Serikat ini hanya menjadi MU sebagai potensi bisnis belaka.

Sementara itu dalam sebuah pernyataan mengutip dari situs resmi MU, bahwa dewan direksi bakal mempertimbangkan seluruh alternatif strategis.

“Termasuk juga investasi baru ke dalam klub. Kemudian, penjualan atau transaksi lain yang melibatkan perusahaan,” bunyi pernyataan.

Lantas Manchester United yang dijual Rp167,8 triliun ada yang berminat? Menurut kabar yang beredar, meski harganya yang fantastis, tapi rupanya masih adanya juga yang bermintat meminang Manchester United.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Bongkar Aib MU, Erik Ten Hag Marah Besar

Adapun yang paling potensial untuk membelinya adalah Sir Jim Ratcliff, salah satu orang paling kaya di Inggris.

Bukan tanpa alasan Sir Jim Ratcliff ingin memiliki klub sepakbola yang bermarkas di Old Trafford ini. Rupanya ia memang berkeinginan untuk menjadi pemilik The Red Devils sudah lama.

Sebagai informasi, bahwa Malcolm Glazer membeli klub sepakbola asal Inggris, MU, dengan harga £790 juta. Sedangkan saat ini, Manchester United yang dijual oleh Glazer berbanderol hanya £9 miliar, sekitar Rp167,8 triliun. (Revi/R5/HR-Online/Editor-Adi)