Kamis, Desember 1, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan, Pengganti Elektrolit Terbaik

Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan, Pengganti Elektrolit Terbaik

Manfaat air kelapa muda untuk kesehatan cukup beragam. Air kelapa mudah memang terkenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Sehingga, manfaat air kelapa bukan hanya penyegar tubuh ketika cuaca panas saja.

Namun, air kelapa juga bisa menambah elektrolit serta mineral pada tubuh. Bahkan, air kelapa muda juga mengandung berbagai nutrisi. Seperti antioksidan yang dapat mencegah kerusakan pada sel tubuh.

Air kelapa merupakan cairan bening yang disadap dari biji kelapa muda yang masih hijau. Anda bisa mendapatkan air kelapa muda murni dari buah kelapa muda. Nah, air kelapa tersebut memiliki kandungan jumlah nutrisi serta elektrolit.

Baca Juga: Manfaat Kulit Melinjo bagi Kesehatan, Bantu Cegah Asam Urat

Ragam Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan

95% lebih kandungan kelapa merupakan air. Bukan hanya menyegarkan, namun juga lezat, cukup menghidrasi, serta jadi opsi minuman olahraga sehat yang sangat bagus,. Air kelapa muda juga memberi sejumlah khasiat kesehatan.

Sebagai minuman, air kelapa tersusun atas kandungan utama yang terdiri dari mineral, elektrolit, serta vitamin. Di dalam air kelapa juga mengandung gula.

Namun kandungan gula tersebut lebih sedikit ketimbang minuman kemasan, jus buah, maupun minuman bersoda. Selain itu, terdapat pula kandungan karbohidrat dengan sedikit lemak dan protein.

Sehingga, kian melengkapi zat gizi di dalam air kelapa muda. Di dalam air kelapa mempunyai komposisi gizi seperti protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfos, besi, natrium, dan kalium.

Dari komposisi gizi tersebut, tampak bahwa air kelapa punya kandungan kalium yang tinggi. Daripada minuman olahraga yang diformulasikan, kalium yang terkandung di dalam air kelapa lebih tinggi.

Kadar tersebut bahkan lebih tinggi daripada saat Anda mengonsumsi 4 buah pisang. Sedangkan, kandungan mineral yang lain pada air kelapa yang terdiri atas zat besi, kalsium, seng, mangan, dan magnesium lebih baik daripada kandungan mineral dalam jeruk. 

Nutrisi lainnya yang terkandung di dalam air kelapa muda adalah antioksidan dengan khasiat kesehatan yang besar. Sehingga, tak salah apabila air kelapa muda punya beragam manfaat. Sebab, memang tersusun dari kandungan gizi yang bagus untuk tubuh.

Selain menghilangkan dahaga serta cegah dehidrasi, inilah beberapa manfaat air kelapa muda untuk kesehatan.

Perlambat Penuaan

Air kelapa muda ternyata memiliki manfaat bagus untuk kecantikan. Khasiat air kelapa untuk kecantikan yaitu bisa menjadikan kulit lebih halus serta tampak lebih muda.

Di dalam air kelapa mengandung sitokinin yang merupakan salah satu hormon pertumbuhan. Sitokinin berperan untuk mengatur pertumbuhan, perkembangan, serta penuaan sel.

Hal itu lantaran kandungan sitokinin di dalam air kelapa memiliki efek anti penuaan, anti penuaan, serta anti pembekuan darah (anti trombotik). Itulah  alasannya mengapa kelapa disebut sebagai makanan yang dapat menunda penuaan.

Sitokinin mampu menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh, menguatkan, serta menghindari jaringan ikat. Selain itu juga dapat meminimalisir potensi risiko penyakit yang kaitannya dengan usia.

Baca Juga: Khasiat Buah Zuriat untuk Kesehatan, Bisa Buat Promil!

Bagus bagi Kesehatan Pencernaan

Air kelapa diklaim bisa jadi obat untuk segala penyakit yang berkaitan dengan pencernaan. Air kelapa biasanya dipakai untuk mengobati gangguan pencernaan, diare, infeksi kandung kemih, cacingan, konstipasi, serta gangguan ginjal.

Ketika Anda terserang diare, air kelapa bisa menggantikan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal. Bahkan, osmolaritas air kelapa lebih besar daripada Oral Rehydration Therapy alias ORS yang merupakan rekomendasi WHO untuk pengobatan diare.

Sebab, kandungan enzim, asam amino, asam lemak, dan mineral di dalam air kelapa muda menjadikannya punya osmolaritas tinggi. Air kelapa muda juga memiliki kandungan natrium serta klorida yang rendah, namun tinggi gula dan asam amino.

Hal tersebut adalah komposisi cairan seimbang pada minuman guna mencegah dehidrasi yang bisa saja terjadi karena gangguan pencernaan.

Jaga Kesehatan Jantung

Manfaat air kelapa muda selanjutnya adalah menjaga kesehatan jantung. Air kelapa tidak memiliki kandungan kolesterol dan lemak. Sehingga bisa membantu menaikkan kadar kolesterol baik serta menurunkan jumlah kolesterol jahat dan juga melindungi jantung.

Konsumsi air kelapa muda berkhasiat untuk memelihara kesehatan jantung serta meminimalisir risiko penyakit jantung. Sifat anti-platelet dan anti-inflamasi juga terkandung dalam air kelapa muda.

Hal itu berarti air kelapa bisa membantu untuk mengurangi pembentukan plak serta meningkatkan peredaran darah.

Minuman Alami Usai Olahraga

Elektrolit alami di dalam air kelapa muda menjadikannya cocok untuk minuman setelah berolahraga. Sebab, tanpa adanya tambahan gula, pemanis buatan, maupun pewarna makanan di dalamnya. 

Sebuah studi “International Society of Horticultural Science” mengungkapkan jika air kelapa bisa berguna untuk mencegah dehidrasi saat berolahraga. Air kelapa juga bisa membantu mengisi kembali cairan yang hilang.

Baca Juga: Manfaat Kayu Secang sebagai Pencegah Pertumbuhan Sel Tumor

Mengandung Antioksidan

Antioksidan berperan penting untuk memelihara tubuh agar tetap sehat dan awet muda. Antioksidan sendiri merupakan senyawa penting yang bermanfaatkan untuk memproteksi sel-sel dari adanya kerusakan karena radikal bebas. 

Radikal bebas tersebut bisa berasal dari polusi lingkungan seperti asap, racun, stres, maupun produk pengawet makan. Stres merupakan salah satu penyebab utama penuaan dini serta penyakit.

Manfaat air kelapa muda dalam hal ini adalah bisa membantu melindungi tubuh lantaran mengandung antioksidan.

Nah, itulah beberapa manfaat air kelapa muda untuk kesehatan. Walaupun punya khasiat yang luar biasa, tentu disarankan untuk minum secukupnya saja! Hindari minum air kelapa muda secara berlebihan! (R10/HR-Online)