Jumat, Desember 2, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Buah Jambu Monyet untuk Kesehatan, Bisa Cegah Kanker

Manfaat Buah Jambu Monyet untuk Kesehatan, Bisa Cegah Kanker

Manfaat buah jambu monyet untuk kesehatan sayang dilewatkan. Ya, buah jambu monyet ternyata punya manfaat untuk kesehatan yang luar biasa. Jambu mete atau sebutan lain dari jambu monyet ini adalah salah satu buah yang populer di Indonesia.

Buah jambu monyet ini berasal dari Brasil memiliki nama latin Anacardium occidentale. Jambu mete punya bentuk bulat lonjong dengan warna kuning atau merah kecoklatan. 

Buah satu ini bisa Anda makan secara langsung, dibuat jus, maupun untuk rujakan. Selain rasanya segar, manis dengan sedikit sepat, jambu mete juga mempunyai segudang khasiat bagi kesehatan.

Baca Juga: Manfaat Jus Jambu Biji Merah untuk Kesehatan, Perkuat Imun Tubuh

Ragam Manfaat Buah Jambu Monyet untuk Kesehatan

Khasiat buah jambu monyet sendiri asalnya dari berbagai kandungan nutrisi di dalamnya. Sebagaimana mengutip dari riset pada jurnal “European Food Research and Technology”, jambu mete punya kandungan vitamin C yang cukup tinggi ketimbang buah tropis lainnya.

Riset tersebut mengungkapkan bahwa jambu monyet punya kandungan  vitamin C sejumlah 203,5 miligram per 100 mili dalam bentuk sari. Jambu mete juga mengandung berbagai nutrisi penting lainnya, seperti anti inflamasi dan antioksidan.

Buah ini juga mengandung nutrisi penting seperti karbohidrat, asam folat, protein, bahkan vitamin B3. Beberapa kandungan itu dipercaya bisa menjaga daya tahan tubuh serta mencegah berbagai macam penyakit.

Jambu monyet juga mengandung fruktosa, serat, asam amino, dan glukosa. Beberapa mineral penting seperti tembaga, magnesium, kalium, tembaga, kalsium, serta zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh juga terkandung di dalamnya.

Berkat kandungan nutrisi tersebut, jambu monyet bisa membawa banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Berikut diantaranya.

Bantu Turunkan Berat Badan

Manfaat buah jambu monyet untuk kesehatan adalah membantu menurunkan berat badan. Pada dasarnya, tubuh manusia menghasilkan zat bernama carnitine yang penting untuk proses pembakaran lemak.

Namun, tubuh manusia menghasilkan kandungan carnitine dengan sangat terbatas. 

Jambu monyet punya kandungan vitamin C yang perannya cukup penting dalam pembentukan asam amino L-carnitine tersebut. Sehingga, konsumsi jus jambu mete secara rutin bisa membantu mengoptimalkan program diet Anda. Pastinya dengan diimbangi pola makan sehat dan berolahraga, ya!

Tingkatkan Imunitas Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi, asam amino, fenol, dan beberapa mineral penting pada jambu monyet mampu membantu meningkatkan daya tubuh.

Konsumsi jambu monyet secara rutin juga bisa membantu meminimalisir potensi risiko terkena berbagai penyakit. Kandungan vitamin C dalam jambu mete bahkan berkhasiat untuk mencegah tubuh terserang flu.

Cegah Radikal Bebas

Melawan radikal bebas juga merupakan manfaat kesehatan jambu mete. Pasalnya, jambu mete mengandung vitamin C yang banyak serta senyawa fenolik yang sering disebut flavonoid. 

Kandungan senyawa dalam jambu monyet ini mampu mencegah terjadinya kerusakan sel karena radikal bebas. Radikal bebas sendiri bisa mengakibatkan kanker, penyakit jantung, radang sendi, dan sebagainya.

Baca Juga: Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan dan Kandungannya

Mencegah Kanker

Buah jambu monyet memiliki kandungan senyawa proanthocyanidin, yakni golongan flavonoid yang mampu menekan replikasi sel kanker. 

Di dalam jambu monyet juga terkandung sejumlah mineral yang mampu menghambat kecenderungan sel untuk bermutasi. Rutin konsumsi jambu monyet bisa mencegah sel kanker.

Kurangi Risiko Stroke

Rutin mengonsumsi buah jambu mete juga bermanfaat untuk meminimalisir risiko stroke. Buah ini juga bisa membantu untuk menurunkan risiko berbagai penyakit yang berbahaya lainnya.

Seperti kerusakan oksidasi, penyakit jantung, peradangan, kesehatan endotel, tekanan darah, dan aterosklerosis,

Tingkatkan Kolesterol Baik

Manfaat buah jambu monyet untuk kesehatan selanjutnya yaitu membantu meningkatkan kolesterol baik. Buah jambu mete adalah sumber niasin yang dapat mengatur sintesis kolesterol.

Senyawa itu mampu meningkatkan jumlah kolesterol HDL baik. Selain itu juga bisa mengurangi kadar trigliserida berbahaya serta kolesterol HDL jahat di dalam darah.

Tingkatkan Metabolisme

Mengonsumsi buah jambu mete secara teratur dengan jumlah tidak berlebihan dinilai bisa membantu mempercepat asimilasi lemak, karbohidrat, serta protein di dalam makanan.

Hal tersebut mampu meningkatkan nafsu makan, metabolisme yang tepat, serta membantu untuk memelihara berat badan agar tetap ideal.

Baca Juga: Manfaat Kismis untuk Kesehatan, Mampu Mencegah Risiko Kanker!

Sebagai Antioksidan

Kandungan antioksidan alami dalam jambu monyet bisa memproteksi tubuh dari kerusakan akibat molekul-molekul berbahaya. Sumber antioksidan tersebut berasal dari vitamin E dan K pada jambu mete.

Konsumsi jambu monyet bisa membantu atasi kerusakan oksidatif akibat radikal bebas. Sumber radikal bebas yang terdapat di lingkungan keseharian seperti asap rokok, sinar UV, polusi udara, dan masih banyak lagi. Nah, itulah segudang manfaat buah jambu monyet untuk kesehatan, namun hindari konsumsi buah ini secara berlebihan. (R10/HR-Online)