Rabu, Februari 1, 2023
BerandaBerita TerbaruManfaat Buah Plum untuk Diet yang Sehat, Alami, dan Aman

Manfaat Buah Plum untuk Diet yang Sehat, Alami, dan Aman

Manfaat buah plum untuk diet memang diklaim efektif. Belakangan ini, buah plum memang kian populer lantaran manfaatnya untuk diet. Ya, buah plum ini diklaim manjur untuk membantu melangsingkan badan.

Bahkan, kini terdapat begitu banyak produk buah plum yang berseliweran. Mulai dari jus buah plum, obat pil buah plum, serta masih banyak yang lainnya. Buah plum sendiri tergolong buah impor serta cukup langka di Indonesia.

Buah plum punya kemiripan bentuk dengan buah apel. Plum sendiri adalah jenis tanaman yang asalnya dari famili Rosaceae bersama dengan persik, nectarine, dan aprikot.

Baca Juga: Manfaat Buah Jambu Monyet untuk Kesehatan, Bisa Cegah Kanker

Manfaat Buah Plum untuk Diet dan Kandungan Nutrisinya

Kemungkinan, banyak yang belum pernah mencicipi buah plum ini. Pasalnya, memang buah plum biasanya tumbuh di negara-negara seperti Eropa dan Amerika Serikat.

Tetapi tak perlu khawatir, buah plum ini juga ada di Indonesia. Walaupun kebanyakan warnanya bukan merah, melainkan berwarna hijau kekuningan.

Buah plum yang berbentuk mirip apel ini tentunya punya banyak nutrisi serta aman dikonsumsi. Berikut nutrisi buah plum yang dapat Anda peroleh apabila mengonsumsinya secara teratur:

  • Per 100 gram buah plum mengandung 170 mcg zat besi yang dapat membantu mencegah anemia
  • Per 100 gr plum mengandung 9,5 mg vitamin C yang dapat memenuhi 10% kebutuhan harian
  • 1 gr serat yang mampu melancarkan pencernaan
  • 157 mg kalium yang dapat memelihara kestabilan tekanan darah

Untuk para ibu hamil yang juga hendak melakukan diet, buah plum ini sangat cocok bagi Anda. Sebab, ada banyak manfaat buah plum untuk diet serta menjaga kesehatan ibu hamil.

Hal itu karena buah plum mempunyai banyak kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh. Terdapat 15 jenis vitamin dalam buah plum. Mulai vitamin A , C (asam askorbat), B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), vitamin B6, E (alfa-tokoferol), folat, serta vitamin K (phylloquinone).

Buah satu ini juga kaya mineral yang penting bagi tubuh. Seperti kalsium, magnesium, fosfor, zat besi, kalium , fluor,  dan seng.

Selain bermanfaat untuk diet, buah plum juga ampuh melindungi tubuh dari radikal bebas. Pasalnya buah plum bersifat antioksidan.

Khasiat buah plum yang tinggi rupanya kerap kali dipergunakan untuk kesehatan tubuh. Bukan hanya itu, banyak juga yang menggunakan buah ini untuk kecantikan, khususnya wajah.

Anggapan buah plum bagus sebagai makanan diet turut datang dari kandungan gula sorbitol di dalamnya. Ya, sorbitol ini sifatnya laksatif alias pencahar.

Sehingga, bisa membantu tubuh lebih cepat untuk menguras kelebihan berat air melalui rutinitas BAB yang lebih lancar.

Baca Juga: Khasiat Buah Zuriat untuk Kesehatan, Bisa Buat Promil!

Hindari Mengutamakan Plum sebagai Solusi Diet

Melihat sepintas, buah plum tampaknya punya potensi yang cukup menjanjikan sebagai makanan untuk menurunkan berat badan.

Kendati manfaat buah plum untuk diet dinilai cukup ampuh, bukan berarti Anda boleh mengonsumsi buah plum secara berlebihan sebagai camilan sembari tetap makan banyak. Hanya karena Anda menganggap buah tersebut minim kalori.

Pasalnya, terlalu banyak konsumsi buah plum tetap bakal menambah asupan gula maupun karbohidrat yang tidak perlu. Dengan begitu tidak akan efektif dalam membantu diet Anda.

Terlebih lagi apabila Anda memilih versi jusnya. Jus buah plum mengandung kadar kalori lebih tinggi ketimbang jus buah-buahan lainnya.

Segelas jus plum tanpa tambahan gula punya kandungan kira-kira 180 kkal. Bandingkan dengan satu gelas jus buah jeruk yang hanya punya kandungan kira-kira 45 kalori.

Di samping itu, kalori yang bentuknya cair (jus buah) juga bakal terasa kurang mengenyangkan ketimbang jika Anda makan buah-buahan segar. Hal tersebut yang kerap kali mengakibatkan konsumsi jus buah berlebihan.

Efek Samping Konsumsi Buah Plum Berlebihan

Selain peningkatan kalori yang tak perlu, berlebihan dalam mengonsumsi buah plum justru akan berisiko munculnya efek samping yang merepotkan pada pencernaan.

Pasalnya, sorbitol serta serat di dalam buah plum bisa memicu produksi gas lambung berlebihan. Sehingga menjadikan perut terasa begah.

Sifat laksatif plum juga bisa mengakibatkan diare atau justru memicu sembelit jika Anda tidak menyeimbangkannya dengan minum air yang banyak.

Sehingga, agar Anda mendapatkan manfaat buah plum untuk diet secara optimal, konsumsilah secara rutin namun tetap sesuai porsi yang tepat.

Baca Juga: Manfaat Jambu Biji yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Tetap Makan Sehat serta Rajin Berolahraga

Bukan berarti Anda tidak boleh sama sekali mengonsumsi buah plum. Plum tetaplah buah yang sehat serta bagus Anda konsumsi guna memenuhi kebutuhan gizi harian Anda.

Tetapi, jangan menjadikan plum sebagai satu-satunya cara Anda berdiet. Sehingga Anda tidak memperdulikan faktor yang lainnya.

Sesungguhnya diet yang baik terdiri dari kebiasaan makan sehat dengan gizi seimbang lalu mengimbanginya dengan rutinitas olahraga yang konsisten. 

Walaupun manfaat buah plum untuk diet memang terbukti adanya, namun Anda tetap mesti mengontrol konsumsinya di dalam batas wajar agar tidak berlebihan. Konsumsi berlebih justru berpotensi tingkatkan asupan kalori. (R10/HR-Online)