Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Daun Pepaya dan Daun Singkong, Bagus untuk Kesehatan

Manfaat Daun Pepaya dan Daun Singkong, Bagus untuk Kesehatan

Manfaat daun pepaya dan daun singkong cukup beragam. Bermanfaat untuk kesehatan menjadi khasiat dari daun pepaya dan daun singkong. Sudah banyak yang tahu khasiat kedua tanaman herbal tersebut bagi kesehatan.

Terlebih jika Anda jadikan sebagai lalapan, kedua jenis daun tersebut sama-sama memiliki rasa nikmat. Apalagi dengan tambahan cocolan sambal terasi. Semakin enak, bukan?

Baik daun pepaya maupun singkong, kedua jenis lalapan tersebut asalnya dari tumbuhan yang besar manfaatnya. Buah pepaya terkenal dengan rasa yang manis serta kaya akan nutrisi dan vitamin. Begitu pula umbi singkong sebagai bahan pangan pokok.

Baca Juga: Manfaat Getah Pepaya Muda yang Belum Banyak Diketahui

Ini Ragam Manfaat Daun Pepaya dan Daun Singkong untuk Kesehatan Tubuh

Pepaya maupun singkong adalah dua tumbuhan yang dapat Anda manfaatkan. Mulai dari buah bahkan daunnya. 

Biasanya, orang-orang banyak mengolah kedua jenis daun ini menjadi tumis atau disantap bersama sambal sebagai kudapan. 

Sayangnya, rasanya yang agak pahit kerap kali menjadikan kedua jenis daun tersebut banyak yang kurang menyukainya. Padahal, daun-daun tersebut punya berbagai kandungan yang berkhasiat untuk kesehatan.

Nah, di bawah ini merupakan beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari daun pepaya maupun daun singkong.

1. Manfaat daun pepaya

Adapun manfaat dari daun pepaya ini antara lain:

Berikan Energi Tambahan

Manfaat daun pepaya yang pertama adalah memberikan energi tambahan. Apabila sedang menjalani diet serta mengurangi porsi nasi, konsumsi daun pepaya bisa menjadi sumber energi tambahan.

Sebab, daun tersebut mempunyai kandungan karbohidrat yang bisa menambah semangat untuk menjalani aktivitas keseharian. Di dalam daun pepaya juga mengandung serat yang bisa memberi efek kenyang lebih cepat.

Dengan begitu, Anda tidak akan merasa kelaparan meskipun tanpa makan banyak nasi. Sehingga, proses diet atau penurunan berat badan tidak membutuhkan waktu terlalu lama.

Bisa Atasi Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit mematikan di dunia. Penyebab kanker biasanya yaitu sel-sel tubuh yang tumbuh serta berkembang tanpa kendali.

Kemudian, sel tersebut menyebar ke seluruh jaringan tubuh dan merusaknya. Berdasarkan sebuah riset, daun pepaya punya sifat sitotoksik.

Sitotoksik merupakan senyawa yang bisa membunuh sel kanker, caranya adalah dengan menghancurkannya. Beberapa jenis yang dapat diatasi yaitu pada payudara, prostat, maupun kulit.

Baca Juga: Manfaat Daun Sendok dan Cara Mengonsumsinya untuk Obat!

Membasmi Infeksi Jamur

Manfaat daun pepaya berikutnya adalah untuk membasmi infeksi jamur. Jamur adalah salah satu gangguan kulit. Banyak orang masih kerap mengalaminya.

Faktor penyebabnya pun beraneka ragam. Seperti kurangnya menjaga kebersihan, memakai pakaian yang terlalu ketat, atau kondisi tubuh yang selalu basah. 

Apabila pertumbuhan jamur tak terkendali, maka bisa mengakibatkan permasalahan lain, misalnya infeksi. Sehingga, Anda membutuhkan obat antijamur guna mengatasinya. Nah, daun pepaya ini bisa Anda jadikan sebagai alternatif.

Di dalam daun pepaya memiliki kandungan etanol, flavonoid, terpenoid, serta alkaloid. Perannya adalah menghambat pertumbuhan jamur jenis C. gloeosporioides dan Fusarium spp.

Sifat antijamur pada daun pepaya tersebut menjadikannya punya potensi besar sebagai pembunuh jamur.

2. Manfaat daun singkong

Daun singkong mempunyai manfaat diantaranya sebagai berikut:

Mencegah Anemia

Sesudah mengetahui beberapa manfaat daun pepaya, sekarang kita ketahui apa saja khasiat daun singkong bagi kesehatan. Manfaat pertama adalah untuk mencegah anemia.

Anemia merupakan penyakit kekurangan sel darah merah. Sehingga penderitanya cepat merasa lelah, kepala sering pusing berputar-putar. Hingga mereka tidak fokus terhadap aktivitas yang sedang dijalaninya.

Menurut sebuah studi, daun singkong punya beberapa nutrisi yang memiliki kemampuan untuk memproduksi sel darah merah. Selain itu juga bisa melancarkan peredaran darah. Sehingga tubuh dapat terhindar dari penyakit anemia.

Tingkatkan Sistem Metabolisme

Metabolisme adalah proses kimia di dalam tubuh, yakni mengubah makanan maupun minuman menjadi energi. Nah, khasiat daun singkong dalam hal ini yaitu berperan di dalam meningkatkan proses metabolisme.

Sehingga tetap optimal. Hal ini karena daun pepaya punya kandungan vitamin B.

Baca Juga: Manfaat Daun Salam, Sembuhkan Penyakit Ringan hingga Kronis

Memperlancar Pencernaan

Bukan hanya pepaya, daun singkong ini juga kaya akan serat. Dengan begitu, konsumsi daun pepaya bisa membantu melancarkan sistem pencernaan Anda.

Oleh sebab itu, Anda akan terhindar dari berbagai macam gangguan di area pencernaan. Misalnya saja sembelit atau susah buang air besar.

Nah, itu tadi merupakan masing-masing manfaat daun pepaya maupun daun singkong yang dikenal pahit. Namun keduanya sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Apakah Anda pernah mengonsumsi kedua jenis daun tersebut? (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar