Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Jus Jambu Biji Merah untuk Kesehatan, Perkuat Imun Tubuh

Manfaat Jus Jambu Biji Merah untuk Kesehatan, Perkuat Imun Tubuh

Manfaat jus jambu biji merah untuk kesehatan beragam. Berbagai nutrisi di dalam jus jambu biji merah sangat bermanfaat untuk kesehatan. Jambu biji memiliki kandungan antioksidan dan vitamin yang melimpah.

Kandungan tersebut menjadikan manfaat jambu biji merah sebanding dengan rasanya yang segar dan nikmat. Jambu biji ini terkenal sebagai buah tropis yang banyak tumbuh di Amerika Selatan, Amerika Tengah, Meksiko, dan Karibia.

Buah yang juga disebut guava ini sudah banyak dikembangbiakkan. Selain itu juga bisa tumbuh di berbagai negara dengan iklim subtropis maupun tropis, termasuk Indonesia.

Baca Juga: Khasiat Buah Zuriat untuk Kesehatan, Bisa Buat Promil!

Ragam Manfaat Jus Jambu Biji Merah untuk kesehatan

Jambu biji merah bisa Anda konsumsi secara langsung. Anda juga dapat menjadikannya berbagai olahan. Mulai jus buah hingga selai.

Bukan hanya buahnya, daun jambu biji merah juga kerap kali dimanfaatkan untuk berbagai pengobatan. Seperti pengobatan untuk gangguan pada saluran cerna sampai diabetes.

Jambu biji merah memiliki kandungan beberapa nutrisi seperti protein, serat, magnesium, kalsium, kalium, dan vitamin C.

Selain itu, jambu biji merah mempunyai kandungan berbagai vitamin yang lain, seperti vitamin A, B, K, dan E. Di dalam jambu biji merah juga mengandung mineral seperti mangan, selenium, dan zinc.

Berkat kandungan nutrisinya yang melimpah, berikut beberapa manfaat mengonsumsi jus jambu biji merah secara rutin bagi kesehatan tubuh.

Memperlancar Sistem Pencernaan

Manfaat jus jambu biji merah untuk kesehatan yang pertama adalah untuk melancarkan sistem pencernaan. Sebab, di dalam jambu biji mengandung serat.

Konsumsi jus jambu biji merah bisa membantu Anda mencegah sembelit, memelihara kesehatan usus secara menyeluruh, dan mengurangi durasi diare.

Mengobati Demam Berdarah

Tentunya Anda sudah sering mendengar khasiat jambu biji untuk mengobati demam berdarah ini, bukan? Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa ekstrak jambu biji bisa membantu menghambat pertumbuhan virus dengue.

Selain itu, jambu biji juga bermanfaat untuk mencegah perdarahan pada penderita demam berdarah dan juga meningkatkan kadar trombosit.

Meningkatkan Daya Ingat

Jambu biji merah juga kaya akan vitamin maupun mineral yang bagus bagi kesehatan otak. Seperti kandungan vitamin B dan kalium di dalam jambu biji merah ini mampu membantu meningkatkan sirkulasi ke otak.

Kedua zat gizi tersebut dapat meningkatkan fungsi kognitif, termasuk daya ingat serta konsentrasi. Sedangkan kandungan antioksidannya juga dapat membantu menjaga kesehatan otak.

Baca Juga: Manfaat Buah Black Sapote Cukup Beragam, Miliki Rasa Unik!

Memperlambat Penuaan Kulit

Kandungan antioksidan pada buah ini seperti likopen dan betakaroten bisa membantu untuk memproteksi sel-sel kulit Anda dari kerusakan. Kandungan itu juga bisa memperlambat proses penuaan.

Selain itu juga bisa mencegah keriput dan mengencangkan kulit. Anda dapat mengonsumsi buah ini secara langsung, dibuat jus, atau menjadikannya sebagai masker wajah.

Membantu Cegah Kanker

Jambu biji merupakan tumbuhan yang bisa Anda manfaatkan untuk membantu mengobati penyakit kanker. Berbagai riset mengungkapkan bahwa jambu biji merah punya manfaat untuk melawan sel kanker.

Ya, jambu biji bisa melawan beberapa jenis kanker, termasuk kanker usus besar, melanoma, kanker prostat, dan leukimia. Hal tersebut karena jambu biji merah mengandung likopen, vitamin C, dan quercetin yang sifatnya antioksidan serta antikanker.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat jus jambu biji merah lainnya adalah membantu memperkuat imun tubuh. Jambu biji merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin C tinggi.

Bahkan kadar vitamin C pada jambu biji 4x lipat lebih banyak dari buah jeruk. Vitamin C merupakan salah satu antioksidan yang bisa membantu untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu juga membantu memperbaiki kerusakan jaringan.

Memelihara Kesehatan Jantung

Konsumsi jus jambu biji secara rutin bisa membantu untuk meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, jambu biji merah juga mengandung kalium yang bisa membantu mengontrol tekanan darah.

Kandungan serat di dalamnya mampu membantu menurunkan kadar kolesterol yang bisa membahayakan kesehatan jantung.

Menurunkan Kadar Gula dalam Darah

Journal of clinical and diagnostic research (2016) menganjurkan supaya mengonsumsi jambu biji utuh dengan kulitnya. Hal tersebut berkhasiat untuk membantu menurunkan kadar gula darah.

Sebab, jambu biji merah punya indeks glikemik yang rendah namun tinggi serat. Sehingga bisa membantu mencegah lonjakan kadar glukosa dalam darah.

Baca Juga: Manfaat Jambu Kristal bagi Kesehatan Jantung, Mata, dan Tulang

Mencegah Penyakit Tiroid

Penyakit tiroid merupakan gangguan pada kelenjar tiroid yang terkadang mengakibatkan pembengkakan pada area leher (penyakit gondok).

Jambu biji merah punya kandungan mineral tembaga dan serat buatan yang bisa membantu melindungi, mengatur, dan juga meningkatkan fungsi kelenjar tiroid.

Nah, itulah beberapa manfaat jus jambu biji merah untuk kesehatan tubuh. Walaupun punya banyak manfaat, namun hindari mengonsumsinya secara berlebihan. (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar