Sabtu, Januari 28, 2023
BerandaBerita TerbaruManfaat Kayu Manis untuk Kesuburan Wanita, Percepat Promil

Manfaat Kayu Manis untuk Kesuburan Wanita, Percepat Promil

Manfaat kayu manis untuk kesuburan wanita masing jarang diketahui. Konon, kayu manis punya manfaat untuk meningkatkan kesuburan wanita. Masih belum banyak yang mengetahui jika tanaman herbal ini bisa bermanfaat untuk memperbaiki kesuburan wanita.

Penggunaan kayu manis selama ini yaitu untuk menambah rasa pada makanan. Sehingga dengan aroma khasnya, bisa memberikan sensasi gurih dan manis.

Kini, beberapa riset awal memperlihatkan bahwa kayu manis ini juga dapat membantu mengatasi kesuburan. Baik pada laki-laki maupun perempuan. Dalam konteks ini dapat membantu percepat program kehamilan.

Baca Juga: Khasiat Buah Zuriat untuk Kesehatan, Bisa Buat Promil!

Kandungan dan Manfaat Kayu Manis untuk Kesuburan Wanita

Di dalam kayu manis mengandung banyak kimia. Mulai dari oksalat, kalsium, damar, tannin, safrol, eugenol, sinamaldehid, minyak atsiri, dan zat penyamak. Ada pula kandungan senyawa seperti benzoat, kumarin, felandren, cinnzelanol, dan benzil.

Herbal ini juga memiliki efek farmakologis yang penting, seperti peluruh keringat (diaphoretic), antirematik, penghilang rasa sakit (analgesic), peluruh kentut, serta penambah nafsu makan.

Minyak atsiri di dalam kayu manis mengandung beberapa senyawa yang bermanfaat untuk obat. Misalnya linalool, etil sinamat, beta karoten, serta metil kavikol. Sehingga, kayu manis banyak yang menggunakan untuk pengobatan tradisional.

Seperti melansir “Bens Natural Health”, rempah-rempah satu ini punya begitu banyak manfaat seksual. Hanya dengan 1 sendok teh kayu manis bubuk, di dalamnya sudah terkandung 26,1 miligram kalsium, 11,2 miligram kalium, serta 1,56 migra magnesium.

Kandungan itu sudah memasok sistem dengan 6,42 kalori, 2,1 gram karbohidrat, serta 0,39 mikrogram vitamin A. Nah, ketika pasangan suami istri berencana mempunyai momongan, kesuburan adalah salah satu faktor yang harus mendapat perhatian.

Dalam hal ini, banyak yang mengandalkan berbagai cara alami guna meningkatkan kesuburan. Salah satunya yakni dengan memanfaatkan kayu manis.

Pasalnya rempah-rempah ini punya serangkaian kandungan nutrisi yang dapat bermanfaat dalam meningkatkan kesuburan apabila Anda mengonsumsinya secara rutin.

Lantas, apa kata medis sehubungan dengan manfaat kayu manis untuk kesuburan wanita ini?

Baca Juga: Manfaat Buah Jambu Monyet untuk Kesehatan, Bisa Cegah Kanker

Mengungkap Khasiat Kayu Manis untuk Kesuburan

Kayu manis ini punya kandungan yang mampu meningkatkan sirkulasi darah menuju panggul. Senyawa yang terkandung di dalam herbal tersebut juga dipercaya bisa meningkatkan jumlah sperma.

Dengan begitu, kayu manis ini juga turut membantu kesuburan pria. Tidak berhenti sampai di situ, rempah-rempah satu ini juga diklaim bisa membantu untuk mengatasi siklus haid yang tidak teratur serta PCOS (Polycystic Ovary Syndrome).

Dengan begitu, kemampuan sel telur perempuan untuk menyambut sperma laki-laki supaya terjadi pembuahan pun bisa semakin tinggi. Kayu manis ini juga punya kandungan beberapa zat aktif yang bersifat antioksidan serta antiinflamasi.

Selain itu, di dalam herbal ini juga terkandung komponen lain yang mampu mematikan jamur maupun bakteri. Lantaran bisa menyehatkan tubuh, maka rempah-rempah ini mampu meningkatkan kesuburan walaupun tidak secara langsung.

Senada dengan manfaat kayu manis untuk kesuburan wanita tersebut, sebuah riset yang tercatat pada WebMD mengungkapkan bahwa herbal ini bisa membantu untuk mengatasi siklus haid tidak teratur pada kaum hawa yang punya gangguan kesuburan secara umum.

Sebetulnya, manfaat kayu manis untuk kesuburan wanita masih di dalam proses penelitian. Dengan demikian, masih belum bisa dianggap sahih serta Anda jadikan sebagai acuan.

Baca Juga: Manfaat Jus Jambu Biji Merah untuk Kesehatan, Perkuat Imun Tubuh

Cara Mengonsumsi Kayu Manis untuk Meningkatkan Kesuburan

Walaupun khasiat kayu manis untuk meningkatkan kesuburan masih belum bisa dipastikan, namun tidak ada salahnya apabila Anda hendak memanfaatkan herbal satu ini.

Akan tetapi, sebelum mengonsumsinya, akan lebih baik jika Anda melakukan konsultasi kepada dokter terlebih dulu. Apabila pada akhirnya dokter menganjurkan untuk mengonsumsi rempah-rempah ini, Anda bisa menambahkan kayu manis ke dalam hidangan keseharian.

Anda juga bisa membuat menu sarapan dengan menaburkan sedikit bubuk kayu manis tersebut di atasnya. Namun, pastikan untuk memperhatikan porsinya sebaik mungkin supaya tidak berlebihan.

Sebab, pada dasarnya segala sesuatu yang berlebihan dapat berakibat buruk terhadap kesehatan tubuh. Sekalipun itu merupakan bahan alami yang menyehatkan.

Nah, itulah informasi mengenai manfaat kayu manis untuk kesuburan wanita. Bagi Anda yang sedang menjalankan program kehamilan, silahkan dicoba untuk mengonsumsi kayu manis ini! (R10/HR-Online)