Kamis, Desember 1, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Kulit Melinjo bagi Kesehatan, Bantu Cegah Asam Urat

Manfaat Kulit Melinjo bagi Kesehatan, Bantu Cegah Asam Urat

Manfaat kulit melinjo untuk kesehatan tidak dapat diremehkan. Salah satu manfaat dari kulit melinjo ini adalah bisa mencegah asam urat. Sayangnya, masih banyak orang yang membuang kulit melinjo saat memakan mengonsumsi biji-bijian satu ini.

Gnetum Gnemon alias melinjo merupakan tanaman yang asalnya dari Asia Pasifik serta Asia Barat. Namun, tanaman satu ini sudah banyak dikembangbiakkan di Indonesia, khususnya di Pulau Sumatera dan Jawa.

Tanaman melinjo juga tergolong cukup produktif. Sebab, tanaman ini mampu menghasilkan biji melinjo sejumlah 80 hingga 100 kilogram tiap panennya. 

Baca Juga: Khasiat Buah Zuriat untuk Kesehatan, Bisa Buat Promil!

Segudang Manfaat Kulit Melinjo Bagi Kesehatan

Bagi pecinta sayur atau emping mungkin sudah akrab dengan melinjo. Sayuran yang bercita rasa agak pahit ini bukan hanya bijinya saja yang dapat Anda konsumsi. Bahkan kulitnya pun sering diolah jadi cemilan atau tambahan lauk.

Walaupun kerap dihubungkan dengan tekanan darah tinggi, namun terdapat begitu banyak khasiat yang ditawarkan kulit melinjo lantaran kandungan gizinya.

Menurut jurnal “Cancer Medicine”, kulit melinjo diketahui juga punya kandungan berbagai senyawa serta vitamin yang bagus bagi tubuh.

Mulai dari vitamin C, beta karoten, flavonoid, fenolik, serta antioksidan. Di dalam kulit melinjo juga terkandung mangan, tembaga, zinc, zat besi, dan potasium. Nah, berbagai kandungan tersebut membawa berbagai manfaat baik bagi tubuh, termasuk asam urat.

Lantas, apa saja khasiat kulit melinjo untuk kesehatan?

Bisa Mengatasi Asam Urat

Apabila mengonsumsi buah melinjo bisa mengakibatkan penyakit asam urat, maka konsumsi kulit melinjo mampu mencegah atau menurunkan kadar asam urat.

Kandungan senyawa di dalam kulit melinjo berperan untuk menghambat enzim yang bernama xantin-oksidase.

Xantin-oksidase sendiri merupakan enzim yang mengakibatkan terjadinya pensintesis asam urat. Walaupun masih banyak yang menganggapnya hanya mitos belaka, tetapi kulit melinjo memang punya kandungan senyawa bioaktif.

Senyawa bioaktif tersebut membantu menstabilkan kadar asam urat di dalam tubuh. Zat antioksidan sebagai senyawa bioaktif berperan layaknya obat asam urat jenis urikostatik, yakni allopurinol.

Bantu Masa Pertumbuhan

Manfaat kulit melinjo selanjutnya adalah untuk membantu masa pertumbuhan. Kulit melinjo bukan hanya punya kandungan yang bermanfaat bagi orang dewasa saja.

Namun, panganan satu ini juga sangat bagus untuk membantu masa pertumbuhan pada anak-anak. Salah satu zat mineral di dalam kulit melinjo adalah copper.

Copper adalah zat mikro mineral yang sangat penting di dalam proses pertumbuhan. Apabila tubuh kekurangan copper, maka jaringan maupun sel yang terdapat di dalam tubuh bakal mengalami hambatan untuk berkembang dan mati.

Memelihara Kesehatan Ginjal

Selain memiliki kandungan seng dan copper, di dalam kulit melinjo juga mengandung fosfor. Fosfor sangat bagus untuk membantu menjaga kesehatan ginjal.

Lewat kandungan fosfornya, kulit melinjo bisa membantu memelihara keseimbangan cairan di dalam tubuh serta mengatur jumlah lemak dan garam. Selain itu, mengonsumsi kulit melinjo secara rutin juga bisa membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Baca Juga: Manfaat Getah Pepaya Muda yang Belum Banyak Diketahui

Sumber Antioksidan

Bukan hanya kulit melinjo yang baik untuk meminimalisir potensi berbagai jenis penyakit berbahaya. Tetapi, berkat kandungan senyawa antioksidan serta sumber vitaminnya, membuat kulit melinjo ini bisa Anda pergunakan sebagai sumber antioksidan yang tinggi.

Memelihara Kesehatan Kulit

Manfaat kulit melinjo yang lainnya adalah bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Di dalam kulit melinjo terkandung mineral zinc yang bisa meningkatkan produksi sel darah putih.

Hal tersebut tentu saja bagus untuk mencegah peradangan serta mempercepat proses penyembuhan luka. Jerawat dapat jadi luka di permukaan wajah. Oleh sebab itu, kulit melinjo ini juga bagus untuk membantu mengatasi masalah jerawat.

Memelihara Kesehatan Mata

Khasiat lain yang terdapat di dalam kulit melinjo yaitu bisa membantu sistem kerja mata dalam penglihatan. Melinjo juga kaya dengan vitamin A yang bagus untuk mata.

Sehingga, konsumsi kulit melinjo secara rutin dan tidak berlebihan akan menjadikan mata lebih jernih, sehat, serta tajam. Manfaat konsumsi vitamin A tiap hari bisa membantu mempertajam penglihatan sekaligus memelihara organ mata.

Bagi penderita rabun dekat, mesti mulai mengonsumsinya tiap hari secara rutin.

Memelihara Kesehatan Otak

Otak adalah pusat pikiran serta mengatur semua organ tubuh. Sehingga, sangatlah penting untuk memelihara kesehatan otak. Nah, kulit melinjo adalah salah satu makanan yang bisa menjaga kesehatan otak.

Mengonsumsi melinjo bisa membantu Anda meningkatkan daya ingat. Dengan begitu bisa mencegah diri dari demensia. Perlu Anda tahu, demensia bukan hanya terjadi pada orang yang sudah tua, namun orang dewasa bahkan remaja.

Kulit melinjo juga bisa mencegah serta mengatasi radikal bebas yang terjadi dalam tubuh. Terjadinya radikal bebas di dalam tubuh akan sangat berpengaruh terhadap fungsi saraf serta otak.

Melinjo dipercaya punya kandungan zat mangan yang bisa mengikat neurotransmitter.  Neurotransmitter adalah zat penghantar sinyal sistem saraf serta menjadikan sinyal antar sel saraf lebih efisien.

Baca Juga: Manfaat Jambu Biji yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Turunkan Risiko Penyakit Berbahaya

Membantu menurunkan risiko terkena penyakit kronis juga merupakan khasiat dari kulit melinjo. Biasanya, penyakit kronis akibat dari paparan radikal bebas.

Seperti penyakit jantung, kanker, meningkatkan kolesterol, penuaan dini, serta penyempitan pembuluh darah. Khasiat kulit melinjo tersebut berasal dari kandungan antioksidan di dalamnya.

Kendati demikian, manfaat kulit melinjo di atas kemungkinan masih memerlukan riset lebih lanjut untuk membuktikan keefektifannya. Sehingga, tak ada salahnya melakukan konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi. Apalagi jikaa Anda punya kondisi kesehatan tertentu. (R10/HR-Online)