Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Lidah Mertua, Salah Satunya Pemasok Oksigen Terbaik

Manfaat Lidah Mertua, Salah Satunya Pemasok Oksigen Terbaik

Manfaat lidah mertua ternyata cukup beragam. Selain sebagai tanaman hias, lidah mertua juga punya manfaat untuk kesehatan. Lidah mertua atau Dracaena Trifasciata ini kerap dijumpai sebagai tanaman hias di rumah.

Lidah mertua atau di dalam bahasa latin Sansevieria adalah salah satu tanaman hias yang sangat populer. Pasalnya, perawatan tanaman ini cukup mudah.

Lidah mertua dapat tumbuh dalam keadaan minim cahaya matahari dan sedikit air. Tanaman hias atu ini punya daun keras, tegak, sukulen (tebal dan mendaging), dengan bagian ujung yang meruncing.

Baca Juga: Manfaat Lidah Buaya untuk Berbagai Jenis Penyakit, Simak di Sini!

Ragam Manfaat  Lidah Mertua yang Jarang Diketahui

Tanaman lidah mertua banyak dijumpai di benua Afrika dan Asia. Itulah mengapa, di Indonesia sangat mudah untuk menemukan tanaman hias satu ini.

Lidah mertua memiliki bentuk yang estetik. Sehingga, menjadikan cocok ditempatkan di berbagai sudut hunian Anda.

Selain mampu mempercantik ruangan, keberadaan tanaman hias ini ternyata punya berbagai manfaat lain untuk penghuni rumah.

Tanaman lidah mertua bisa membantu meringankan SBS (Sick Building Syndrome). Caranya yakni dengan memperbaiki ventilasi, sistem pemanasan, serta pendingin suatu ruangan yang buruk.

Bukan hanya itu, masih terdapat segudang manfaat lain dengan menanam atau meletakkan tanaman hias ini di hunian Anda.

Dengan harga yang cukup terjangkau (kecuali untuk jenis langka), Anda dapat merasakan berbagai manfaatnya dengan menempatkan tanaman lidah mertua di dalam rumah.

Cegah Kanker

Tanaman lidah mertua mempunyai kemampuan untuk menyerap serta menyingkirkan lingkungan dari adanya polutan udara yang mengandung racun. Oleh sebab itu, jenis tanaman hias ini bisa menangkal agen yang bisa menyebabkan kanker.

Seperti xilena, benzena, toluena, dan formaldehida. Sehingga, tanaman lidah mertua merupakan pilihan yang efektif untuk meminimalisir risiko penyakit kanker.

Penghasil Oksigen

Manfaat lidah mertua selanjutnya adalah sebagai penghasil oksigen. Tanaman lidah mertua adalah salah satu tanaman hias penghasil oksigen terbanyak.

Sehingga manfaat kesehatan untuk manusia tidak bisa dipungkiri. Tanaman lidah mertua secara efisien mampu menyerap racun lalu melepaskan oksigen ke lingkungan. 

Lidah mertua bisa melepaskan kelembaban di udara. Selain itu, tanaman hias ini juga mampu meminimalisir resiko alergi di udara secara efektif.

Baca Juga: Manfaat Daun Sembung Nyawa, Ternyata Bisa Obati Kanker

Pembersih Udara Alami

Lidah mertua punya kemampuan untuk memurnikan udara lebih baik ketimbang kebanyakan tanaman di dalam ruangan yang lain. Dengan begitu, lidah mertua jadi alternatif yang cukup bagus bagi pecinta tanaman hias dan orang yang sadar akan kesehatan.

Lidah mertua bisa menyerap karbon monoksida yang jumlahnya berlebihan lalu mengeluarkan oksigen. Seperti pembahasan sebelumnya, tanaman ini mampu menyaring racun lain di udara seperti xylene, formaldehyde, trikloroetilen, serta benzena.

Aromaterapi

Aroma lidah mertua yang terasa sehat dan menyegarkan menjadikannya bagus untuk aromaterapi. Manfaat lidah mertua satu ini bukan hanya berdampak pada lingkungan, maun berefek pula untuk psikologi penanamnya.

Lidah mertua populer sebagai tanaman berbunga yang dapat mekar tiap sore hari. Wangi bunga dari tanaman hias ini yang membuatnya begitu menenangkan. Ampuh meredakan atau mengurangi stres.

Serap Radiasi

Tanaman lidah mertua dipercaya mampu menyerap radiasi yang dipancarkan oleh barang-barang elektronik di rumah. Seperti TV, telepon genggam, laptop, PC, dan sebagainya.

Untuk dapat memperoleh manfaat tanaman ini, lakukan perawatannya dengan baik dan benar. Kemudian posisikan lidah mertua di berbagai sudut ruang yang saling berdekatan dengan barang-barang elektronik.

Apabila perlu, melakukan perencanaan secara khusus guna mendekorasi ruangan dengan memadukan tanaman lidah mertua. Seimbangkan letak lidah mertua dengan posisi barang elektronik serta cahaya matahari yang mencukupi.

Sebagai Penyerap Karbon Dioksida Saat Malam Hari

Lidah mertua juga bisa mengurangi kadar CO2 atau karbon dioksida, bahkan pada malam hari. Hal tersebut karena CAM (Crassulacean Acid Metabolism).

CAM punya kemampuan melakukan jenis fotosintesis yang biasanya dilakukan pada tumbuhan yang toleran terhadap kekeringan, iklim kering, maupun tanaman sukulen.

Bahkan mereka membuka stomata saat malam hari guna mengurangi kehilangan air saat kondisi iklim panas.

Baca Juga: Manfaat Daun Sembung Nyawa, Ternyata Bisa Obati Kanker

Sebagai Antiseptik

Lidah mertua adalah tanaman yang mengandung bahan antiseptik alami. Sehingga, tanaman ini punya sifat anti racun yang baik. Lidah mertua sangat bagus Anda pergunakan sebagai antiseptik untuk membunuh kuman.

Nah, itulah berbagai manfaat lidah mertua. Untuk dapat merasakan manfaatnya secara optimal, pastikan teknik penanaman maupun perawatan lidah mertua Anda lakukan dengan benar. (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar