Rabu, Februari 1, 2023
BerandaBerita TerbaruManfaat Rebusan Daun Salam untuk Kesehatan, Bantu Atasi Asam Urat

Manfaat Rebusan Daun Salam untuk Kesehatan, Bantu Atasi Asam Urat

Manfaat rebusan daun salam ternyata sangat beragam. Siapa sangka rebusan daun salam mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan. Daun salam sendiri adalah salah satu rempah yang digunakan di dalam masakan.

Cukup menambahkan daun salam saat membuat sup, olahan daging, sayur maupun masakan yang lainnya. Aroma masakan bakal lebih harum, kaya rasa, serta gurih ketika Anda santap.

Tetapi, ternyata bukan hanya sebagai penyedap saja kegunaan daun salam. Ya, daun rempah satu ini dipercaya dapat dipakai sebagai obat herbal semenjak  zaman dahulu.

Baca Juga: Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan, Jangan Disia-siakan!

Manfaat Rebusan Daun Salam bagi Kesehatan

Khasiatnya yang menakjubkan bagi kesehatan karena adanya kandungan nutrisi di dalam daun salam yang melimpah. Daun salam mengandung gizi, vitamin, serta mineral.

Sebagaimana kebanyakan tumbuhan, daun salam sudah lama banyak yang menggunakan dengan cara menyeduhnya. Kemudian menikmatinya sebagai teh maupun meminum air rebusan daun salam tersebut.

Anda dapat dengan gampang memanfaatkan air rebusan daun salam yang punya rasa ringan. Selain itu, rasanya juga cukup menarik untuk orang-orang dengan berbagai selera. 

Berikut berbagai manfaat rebusan daun salam untuk kesehatan yang bisa Anda coba.

Mengurangi Kecemasan dan Stress

Mampu mengurangi kecemasan dan stres merupakan khasiat dari rebusan daun salam. Di dalam daun salam terkandung linalool.

Nah, zat bernama linalool tersebut bisa membantu untuk menurunkan hormon stres di dalam tubuh. Biasanya, zat tersebut banyak terkandung di dalam aromaterapi.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Di dalam daun salam ditemukan senyawa organik penting yang bernama asam caffeic. Senyawa tersebut berperan penting di dalam meningkatkan kesehatan jantung.

Asam caffeic ini mampu membantu untuk menghilangkan LDL atau kolesterol jahat di dalam tubuh dari sistem kardiovaskuler.

Baca Juga: Manfaat Daun Pepaya dan Daun Singkong, Bagus untuk Kesehatan

Mencegah Hipertensi

Manfaat rebusan daun salam untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu mencegah hipertensi. Konsumsi air rebusan daun salam secara teratur dapat menjadi obat untuk menurunkan tekanan darah yang terdapat di dalam tubuh.

Dengan demikian, Anda akan terhindar dari risiko hipertensi. Di dalam daun salam juga terdapat kandungan flavonoid yang cukup tinggi serta dinilai mampu menurunkan tekanan darah. 

Penghilang Rasa Sakit

Minyak atsiri di dalam daun salam yang bernama eugenol serta methyl chavicol terbilang efektif untuk membunuh jamur maupun bakteri. Sehingga, air rebusan daun salam sangat bagus untuk mengobati peradangan serta nyeri umum.

Seperti artritis, kesleo, serta rematik. Memijat tubuh dengan menggunakan minyak daun salam juga bisa membantu untuk meredakan sakit kepala dan migrain.

Hal tersebut karena sirkulasi darah meningkat sehingga memberikan rasa nyaman.

Turunkan Kadar Asam Urat

Manfaat rebusan daun salam selanjutnya adalh menurunkan kadar asam urat. Sudah bukan rahasia jika daun salam adalah obat herbal asam urat.

Daun salam mempunyai kandungan senyawa aktif miristin, kuersetin, serta mirisetin yang berkhasiat untuk membantu menurunkan kadar asam urat. 

Guna mengatasi asam urat, cukup Anda rebus daun salam menggunakan 10 gelas air. Tunggulah sampai mendidih dan hanya tersisa setengahnya. Minumlah air rebusan tersebut 2x sehari.

Bantu Turunkan Gula Darah, Kolesterol, serta Trigliserida

Daun salam juga berjasa dalam menurunkan kadar gula dalam darah, kolesterol, serta trigliserida. Dengan begitu, daun salam berkhasiat untuk menyembuhkan diabetes tipe 2.

Antioksidan pada daun salam mendukung tubuh untuk memproses insulin secara lebih efisien. Sehingga membuat daun salam sebagai alternatif yang bagus untuk penderita diabetes maupun penderita resistensi insulin.

Guna memperoleh khasiat tersebut, Anda dapat mengeringkan daun salam lalu menjadikannya bubuk. Selanjutnya, konsumsi secara rutin dengan cara menambah 1 sendok teh ke dalam 200 ml air.

Baca Juga: Manfaat Daun Sendok dan Cara Mengonsumsinya untuk Obat!

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Air rebusan daun salam juga dipercaya memiliki kandungan berbagai vitamin. Mulai dari vitamin B6, B12, C, serta D yang mampu meningkatkan sistem imun tubuh. 

Adanya vitamin C di dalam air rebusan daun salam ini ampuh untuk melawan radikal bebas. Sehingga, sistem imun tubuh pun bakal naik serta menjadikan orang tidak gampang terserang penyakit. 

Guna mendapatkan manfaatkan, cukup ambil 10-15 daun salam segar. Lalu rebus menggunakan 3 gelas air sampai tersisa segelas saja. Minumlah secara teratur.

Nah, itulah segudang manfaat rebusan daun salam untuk kesehatan tubuh. Khasiat daun salam bagi kesehatan ini memang belum banyak di publish ke umum. Sehingga, pemanfaatan daun rempah ini untuk obat mesti dikonsultasikan dengan ahlinya. (R10/HR-Online)