Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Sinar Gamma di Berbagai Bidang Kehidupan, Simak!

Manfaat Sinar Gamma di Berbagai Bidang Kehidupan, Simak!

Manfaat sinar gamma ternyata untuk manusia ada banyak. Sinar gamma memiliki manfaat tersendiri untuk tubuh. Bahkan, sinar gamma ini banyak manusia manfaatkan di dunia medis.

Sebagian besar orang mungkin masih cenderung asing dengan istiah sinar gamma. Sinar gamma merupakan suatu gelombang elektromagnetik.

Meski memiliki manfaat untuk manusia, tetapi sinar gamma ini hanya bisa untuk keperluan medis dan tidak sembarangan. Hal itu karena sedikit kesalahan dapat memberikan efek negatif pada manusia dan lingkungan di sekitarnya.

Baca Juga: Cara Membuat Magnet Sederhana Anti Ribet, Mudah Banget!

Ketahui Berbagai Manfaat Sinar Gamma

Sinar gamma adalah bentuk gelombang elektromagnetik yang memiliki panjang gelombang yakni kurang dari 100 pikometer. Jenis sinar ini bersumber dari unsur radioaktif yang alami seperti gas radon.

Gelombang gamma memiliki energi yang sangat besar. Hal itu membuat sinar gamma seringkali manusia gunakan sebagai sumber tenaga listrik.

Gamma memiliki simbol dengan huruf latin “Y’. Gelombang ini pertama kali teridentifikasi oleh Paul Villard pada tahun 1900 dan kemudian nama “Gamma” muncul atas usulan Ernest Rutherford.

Sinar gamma juga berfungsi di dalam dunia medis, fisika, pertanian untuk pengobatan, dan lain sebagainya. Berikut ini fungsi dari sinar gamma di kehidupan.

Baca Juga: Contoh Interferensi Gelombang, Dasar dan Fenomena Nyatanya

Bidang Kesehatan

Di dalam bidang kesehatan, teknologi dari gelombang gamma seringkali berfungsi untuk terapi. Salah satu terapi dengan sinar gamma adalah penyembuhan kanker.

Panjang gelombang gamma mampu merusak sel kanker sehingga pertumbuhan dan penyebarannya terhambat. Selain itu, sinar gamma juga berfungsi dalam metode bedah otak dan saraf.

Daripada cara konvensional, metode manfaat sinar gamma mampu menurunkan risiko komplikasi, mengurangi nyeri, dan membuat masa pemulihan lebih cepat.

Bidang Pertanian

Di dalam pertanian, sinar gamma seringkali berguna sebagai seed treatment. Tujuannya adalah untuk mendapatkan benih yang lebih unggul dan berkualitas, terutama meningkatkan daya kecambah dan juga vigor benih.

Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa benih yang mendapat paparan gelombang sinar gamma dengan dosis tertentu akan memberikan respon positif.

Benih yang mendapatkan paparan sinar gamma mengalami peningkatan daya kecambah 13,5 persen hingga 50,9 persen.

Baca Juga: Sifat Gelombang Cahaya: Dispersi, Inteferensi, Difraksi, dan Polaris

Bidang Industri

Selain kesehatan dan pertanian, penggunaan sinar gamma juga umum di dalam bidang industri. Gelombang gamma berfungsi untuk melihat struktur logam.

Hal ini terjadi karena gelombang gamma memiliki daya tembus yang tinggi. Selain itu, sinar gamma juga berguna dalam bidang industri lain seperti mendeteksi pipa, mengawetkan makanan, material yang cacat, dan lain sebagainya.

Itulah berbagai kegunaan dari sinar gamma di berbagai bidang dalam kehidupan. Meski memiliki banyak fungsi, Anda juga harus tahu bahwa sinar gamma bisa berefek negatif dalam jangka panjang.

Namun demikian, manfaat sinar gamma akan terus Anda rasakan selama menggunakannya dalam dosis yang cukup. Anda juga perlu memperhatikan penggunaannya dengan didampingi para ahli di bidang tersebut agar tidak terjadi hal tidak terduga. (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar