Kamis, Desember 8, 2022
BerandaBerita TerbaruManusia Bisa Hidup di Bulan Akan Terwujud Sebentar lagi?

Manusia Bisa Hidup di Bulan Akan Terwujud Sebentar lagi?

Manusia bisa hidup di bulan sudah menjadi ambisi sejak lama. NASA mengkonfirmasi bahwa manusia bisa mulai hidup di bulan dalam waktu dekat. Pastinya kabar yang NASA sampaikan ini sangatlah mengejutkan.

Sejak dulu memang bulan sudah menjadi objek penelitian para ilmuwan. Hingga saat ini sebenarnya hanya ada satu manusia yang berhasil ke bulan.

Siapa sangka, saat ini Badan Antariksa Amerika Serikat NASA memperkirakan bahwa manusia bisa segera hidup di bulan dalam waktu dekat.

Baca Juga: China Temukan Kristal Misterius di Bulan, Saingi AS dan Rusia!

NASA Ungkap Manusia Bisa Hidup di Bulan

Pencarian Bumi baru memang tidak pernah berakhir. Selama ini para ilmuwan masih mencari tempat-tempat di luar angkasa yang dapat manusia tinggali.

Memang untuk menemukan tempat seperti Bumi yang memiliki unsur kehidupan itu tidaklah mudah. Planet atau objek luar angkasa harus benar-benar memiliki kondisi seperti Bumi agar bisa ditempati manusia.

Namun, kabar mengejutkan datang dari NASA. Badan antariksa terbesar milik Amerika Serikat tersebut memperkirakan bahwa dalam dekade ini manusia bisa segera hidup di bulan.

Kemungkinan tersebut Howard Hu, pemimpin program Orion NASA sampaikan. Ia bertugas untuk mengawasi penggunaan pesawat luar angkasa Orion dalam misi Artemis.

Baca Juga: Rencana Peluncuran Misi Bulan Artemis 1, NASA Rilis Tanggal Pastinya!

Misi Membawa Astronot ke Bulan

Untuk dapat mewujudkan manusia bisa hidup di bulan, NASA memiliki misi bernama Artemis. Misi tersebut akan membawa pesawat Orion dengan membawa astronot ke bulan.

Pada 16 November 2022 lalu, Orion telah meluncur dan berada di sekitar 134.000 km dari bulan. Namun, ini masih menjadi tahap pertama.

Peluncuran pesawat ruang angkasa Orion kemarin tidak berawak dan hanya membawa manekin untuk mencatat semua dampak penerbangan terhadap tubuh manusia.

Tentu saja ini merupakan langkah utama yang NASA ambil untuk eksplorasi luar angkasa jangka panjang, tidak hanya untuk Amerika Serikat tetapi seluruh dunia.

Jika semua berjalan lancar tanpa hambatan, maka pesawat Artemis 2 dengan awak manusia akan menuju ke orbit bulan pada tahun 2024 mendatang. Setelah itu, pada tahun 2025 akan ada manusia yang menginjakkan kaki di bulan setelah beberapa dekade.

Baca Juga: Baju Antariksa Misi Bulan Artemis III, NASA Pilih Axiom Space!

Cara Manusia Hidup di Bulan

Saat ini NASA sendiri masih belum mengetahui bagaimana dan berapa lama manusia dapat hidup di bulan. Itulah kenapa, sangat penting membawa manusia ke bulan dalam misi Artemis.

Dengan hal tersebut, maka NASA dapat mengetahui apa saja yang dapat manusia lakukan di bulan, termasuk berapa lama di permukiman dan memiliki habitat bahkan menjelajahi permukaan.

Misi Artemis ini diharap mampu menjadi batu loncatan sebelum proyek ambisius untuk memboyong manusia ke Mars. Artemis merupakan langkah awal dan jalan pembuka untuk hal tersebut nantinya.

Jika semua berjalan dengan baik, maka prediksi NASA terkait manusia bisa hidup di bulan akan terjadi pada dekade ini. Kemudian setelahnya adalah misi mengirim manusia ke planet Mars. (R10/HR-Online)