Rabu, Februari 1, 2023
BerandaBerita CiamisMata Air di Situs Jambansari Ciamis Konon Bisa Sembuhkan Penyakit

Mata Air di Situs Jambansari Ciamis Konon Bisa Sembuhkan Penyakit

harapanrakyat.com,- Tidak sedikit peziarah baik lokal maupun daerah lain yang mengunjungi Situs Jambansari yang ada di Kelurahan / Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Banyaknya yang datang, karena konon di situs tersebut terdapat sumber mata air yang mempunyai khasiatnya bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Bahkan, sumber mata air yang berada di Situs Jambansari ini, juga sejak dulu sering dipakai untuk turun mandi bagi anak yang disunat atau dikhitan.

Nandang Sembada yang merupakan juru kunci Jambansari membenarkan, bahwa memang banyak peziarah baik dari Ciamis maupun luar daerah datang dan mengambil air.

Baca Juga: Bangunan Situs Jambansari Ciamis Kondisinya Memprihatinkan, Perlu Perbaikan

Tidak hanya itu, tidak jarang juga ada peziarah yang ikut mandi, dengan harapan agar penyakitnya bisa sembuh.

“Iya percaya atau tidak, banyak peziarah datang ke Situs Jambansari Ciamis ini,” katanya, Senin (28/11/2022).

Sejarah Mata Air Situs Jambansari Ciamis Bisa Sembuhkan Penyakit

Menurutnya, khasiat air di situs ini tidak terlepas dari doa Bupati Galuh, yakni Raden Adipati Aria Kusumadiningrat pada masa hidupnya.

“Jadi, intinya Kanjeng Prebu atau RAA Kusumadiningrat mendoakan, serta menyatakan bahwa air Jambansari itu obat penyakit,” tuturnya.

Tidak hanya itu, kata Nandang, RAA Kusumadiningrat juga mengajak rakyatnya saat itu agar datang ke Jambansari, dan gunakan air tersebut.

“Jadi mandilah dengan air Jambansari serta minumlah dengan air Jambansari. Air ini adalah obat berbagai penyakit. Yakin kepada diri dan juga yang mempunyai dirimu,” katanya.

Baca Juga: Geger Penampakan Makhluk Halus Mirip Kuntilanak di Desa Pawindan Ciamis

Lanjutnya menambahkan, bahwa pada saat itu, sejumlah warga banyak yang datang ke situs Jambansari yang ada di Ciamis tersebut. Kedatangan warga tak lain adalah untuk mengambil air yang punya khasiat itu.

Tidak hanya itu, pada dulu saat pemerintahan Kanjeng Prebu, kantor-kantor pada saat itu menggunakan Situs Jambansari menjadi sumber mata air.

Akan tetapi, seiring zaman, sumber mata air yang berada di Situs Jambansari yang ada di Ciamis itu saat ini sedikit berkurang. Tetapi, sampai saat ini juga sumber mata air itu masih banyak yang memanfaatkannya.

“Memang sumber mata air itu banyak. Tapi yang paling banyak airnya, itu tempat sumber airnya saat ini sudah jadi hak dari orang lain,” pungkasnya. (Ferry/R5/HR-Online/Editor-Adi)