Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita TerbaruModel Balkon Minimalis Paling Menarik yang Bisa Menjadi Inspirasi!

Model Balkon Minimalis Paling Menarik yang Bisa Menjadi Inspirasi!

Model balkon minimalis menjadi pilihan sempurna. Dengan model minimalis, maka balkon bisa terlihat lebih menarik. Apalagi keberadaan balkon rumah memang cukup penting untuk yang memiliki lebih dari satu tingkat.

Biasanya balkon akan berada di bagian depan rumah. Sehingga, penampakan dari desain balkon dapat terlihat oleh orang luar yang melewati bagian depan rumah.

Oleh karena itu, Anda tentunya tidak bisa asal dalam mengatur model balkon rumah. Sebisa mungkin Anda harus menciptakan balkon yang menarik agar membuat rumah semakin tampak indah.

Baca Juga: Desain Kamar Tidur dengan Balkon Ciptakan Ruang Santai yang Nyaman

Pilihan Model Balkon Minimalis Terbaik

Apakah Anda memiliki rumah lebih dari satu tingkat? Jika begitu, maka artinya Anda memiliki bagian atas di rumah.

Nah, di lantai atas tersebut biasanya akan hadir bagian yang bernama balkon. Balkon rumah sendiri memiliki lebar rata-rata 1 hingga 1,5 meter.

Sementara itu, beberapa rumah independen juga ada yang bisa memiliki balkon dengan lebih 1,5 meter. Hal ini memang tergantung dengan besar rumah dan keinginan sang pemilik.

Balkon untuk Apa?

Secara mudahnya, balkon adalah serambi atau teras rumah yang ada di lantai atas pada bangunan bertingkat. Balkon ini bisa berada di bagian sisi depan maupun belakang sebuah bangunan.

Kehadiran dari balkon ini sebenarnya adalah untuk memberikan ruangan ekstra dan juga multifungsi. Biasanya balkon menjadi tempat yang sangat cocok untuk menjadi ruang bersantai tambahan.

Balkon juga bisa menjadi penegas dari level lantai. Jadi, dengan balkon maka letak lantai atas dan bawah akan terlihat. Balkon juga bisa menjadi elemen untuk mempercantik bagian rumah.

Itulah kenapa, Anda tidak boleh sembarangan memilih model balkon minimalis agar tidak merusak tampilan rumah secara keseluruhan.

Inspirasi Balkon Minimalis

Bila Anda tidak memiliki ruang yang banyak, maka balkon bisa menjadi solusi ruang tambahan. Meski kecil tapi balkon bisa Anda desain dengan benar agar tidak tampak sempit. Berikut ini inspirasinya:

1. Memilih Model Pagar yang Sesuai

Pagar adalah elemen penting pada balkon karena untuk alasan keamanan. Anda bisa mempercantik balkon mulai dari pagarnya.

Ada berbagai macam pagar yang bisa Anda pilih, mulai dari besi tempa, white post wailing, tangga spiral, dan juga pagar kaca.

Baca Juga: Balkon Kanopi Minimalis dengan Tampilan Gaya Modern

2. Menyesuaikan Model Balkon

Anda bisa menciptakan balkon minimalis yang sesuai dengan cara menggunakan tangga spiral. Hubungkan balkon dengan sisa ruang luar dengan tangga tersebut untuk menghemat ruang.

3. Pemilihan Lantai Balkon

Meski berada di luar ruangan, tetapi Anda juga harus memikirkan tampilan lantainya. Sama seperti pagar balkon, ada banyak sekali jenis lantai yang bisa Anda gunakan.

Tentukan saja jenis lantai dengan model balkon minimalis impian. Jangan lupa untuk memperhatikan dekorasi ekstra yang ada di dalamnya.

4. Lebih Menawan dengan Nuansa Kayu

Desain menggunakan kayu memang tidak pernah membosankan. Bila tidak memiliki ruang untuk membuat dek penuh dan ingin memasang balkon kecil, maka wujudkan tampilan balkon dengan nuansa kayu. Kayu akan memberikan nuansa klasik namun tetap modern pada balkon.

5. Penggunaan Lantai Tegel

Lantai tegel pada rumah minimalis membantu menciptakan kesan estetik, begitu juga dengan balkon. Anda bisa menggunakan jenis lantai ini dengan warna monokrom.

Tampilannya juga akan semakin serasi dengan berbagai jenis perabotan yang memiliki warna senada.

6. Menambahkan Kursi Gantung

Kursi gantung bisa menjadi sebuah elemen cantik yang tidak akan membosankan. Kehadiran dari kursi gantung ini akan memberikan kesan menyenangkan pada model balkon minimalis

7. Menciptakan Desain Elektrik

Tema maroko untuk desain elektrik juga bisa menjadi pilihan. Anda bisa membuat balkon dan mengisinya dengan berbagai warna cerah akan memberikan kesan ceria khas desain elektrik.

Baca Juga: Desain Balkon Terbuka Menghadirkan Kesan Minimalis Modern

Apa Bedanya Rooftop dengan Balkon?

Anda harus berhati-hati karena rooftop dan balkon adalah dua hal berbeda. Sejatinya perbedaan keduanya juga cukup mendasar.

Dari ukurannya, balkon biasanya lebih kecil dan rooftop akan lebih besar, bahkan hampir seukuran dengan bangunan tersebut.

Selain itu, rooftop dalam artiannya adalah atap. Jadi, rooftop berada di bagian paling atas bangunan yang berbentuk datar sehingga dapat digunakan sebagai ruang.

Sedangkan balkon sendiri merupakan ruang tampangan di lantai bangunan. Kebanyakan rumah memiliki model balkon minimalis agar tetap indah dan menghindari kesan sempit. (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar