Sabtu, Januari 28, 2023
BerandaBerita TerbaruNASA Tangkap Gambar Matahari Tersenyum, Apa yang Terjadi?

NASA Tangkap Gambar Matahari Tersenyum, Apa yang Terjadi?

NASA tangkap gambar Matahari tersenyum yang unik. Gambar Matahari tersenyum ini baru saja NASA bagikan. Di dalam foto tersebut, terdapat garis hitam di permukaan Matahari yang tampak seperti wajah sedang tersenyum.

Hal seperti ini memang belum pernah terjadi sebelumnya. Ini kali pertama NASA membagikan gambar Matahari yang seperti tersenyum bahagia.

Muncul berbagai pertanyaan, apa yang menyebabkan permukaan Matahari dapat memiliki bentuk seperti itu?

Baca Juga: Rotasi Diferensial Matahari yang Rumit, Ini Dia Bukti-buktinya!

NASA Tangkap Gambar Matahari Tersenyum, Ini Penjelasannya!

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau NASA beberapa waktu lalu membagikan sebuah potret luar angkasa yang mereka dapatkan.

Kali ini mereka memperlihatkan foto dari pusat Tata Surya, Matahari. Menariknya, dalam foto tersebut terdapat penampakan yang tidak biasa.

Dalam gambar terlihat bahwa Matahari seolah ‘tersenyum’ dengan bahagia. Hal ini tentunya sangatlah unik.

Gambar Matahari tersenyum itu berhasil NASA dapatkan dengan bantuan Solar Dynamic Observatory. Matahari tersenyum terlihat di dalam sinar ultraviolet.

Kemunculan gambar ini juga menimbulkan pertanyaan dari masyarakat. Bagaimana bisa Matahari memiliki pola bak wajah yang tersenyum.

Baca Juga: Proses Reproduksi Energi Matahari Dijelaskan, Mirip di Al-Qur’an?

Bagian Lubang Korona Matahari

Melalui Twitternya, NASA memberikan keterangan mengenai gambar yang baru saja mereka bagikan. Mereka mengatakan bahwa di dalam sinar ultraviolet, bagian gelap pada Matahari terkenal sebagai lubang korona.

Ini merupakan wilayah di mana angin surya bertiup menuju ke antariksa. Lubang korona inilah yang menciptakan pola tersenyum pada Matahari.

Suhu di dalam bagian korona cenderung lebih rendah daripada lapisan luar Matahari. Lapisan ini biasanya memiliki suhu sekitar 18.032 derajat Celcius.

Jadi, objek yang ada dari hasil tangkapan NASA berupa gambar Matahari tersenyum itu merupakan lubang korona yang kaya akan magnet.

Baca Juga: Lapisan Terluar Matahari Justru Miliki Suhu Paling Tinggi, Ini Faktanya!

Memiliki Aktivitas Magnet yang Tinggi

Bagian korona Matahari, selain memiliki suhu yang lebih rendah juga memiliki aktivitas magnet yang sangat tinggi. Aktivitas ini yang menjadi penyebab letupan angin surya.

Angin surya akan membawa beragam partikel, termasuk juga proton dan elektron untuk melesat menuju antariksa.

Meski terlihat unik, tetapi aktivitas di bagian gelap Matahari ini bisa menimbulkan petaka di Bumi. Badai surya berpotensi untuk menyemburkan partikel menuju ke atmosfer Bumi yang akan sangat berpengaruh ke antena radio dan televisi.

Badai surya besar bahkan juga bisa mengganggu jaringan listrik sehingga mengakibatkan mati listrik skala besar. Pada tahun 1859, badai surya terbesar pernah terekam dan menyebabkan kebakaran di stasiun telegraf.

Badai Matahari sendiri merupakan aktivitas letusan massa dan energi yang muncul dari permukaan Matahari. Adanya badai Matahari dapat merusak medan magnet Bumi dan meningkatkan visibilitas aurora.

Adapun postingan NASA tangkap gambar Matahari tersenyum memicu banyak tanggapan secara online. Bahkan ada yang menyebut gambar tersebut mirip ukiran labu Halloween, singa, dan bahkan hingga Matahari di kartun legendaris Teletubbies. (R10/HR-Online)