Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita TerbaruPasang Relay Klakson yang Benar, Berikut Langkah-langkahnya!

Pasang Relay Klakson yang Benar, Berikut Langkah-langkahnya!

Pasang relay klakson sebenarnya bisa kita lakukan sendiri. Namun mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana relay klakson ini dipasang. Akibatnya, dalam memasang komponen kendaraan yang satu ini, sebagian besar orang mungkin memilih untuk mendatangi bengkel.

Padahal sebenarnya cara untuk memasangnya tidak terlalu rumit dan tidak memakan banyak waktu, sehingga bisa Anda coba sambil belajar.

Dengan memasangnya sendiri tentu Anda bisa mendapatkan berbagai keuntungan, misalnya Anda tidak perlu mengeluarkan uang. Kemudian Anda tidak perlu pergi jauh-jauh ke bengkel yang pastinya akan memakan uang bensin, apalagi jika jaraknya jauh.

Selain itu, Anda bisa mengasah kemampuan dan juga mendapatkan keterampilan baru yaitu memasang relay klakson sendiri.

Baca Juga: Penyebab Klakson Mobil Bunyi Terus, Segera Cabut Sekringnya

Cara Pasang Relay Klakson yang Benar

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara memasang relay klakson, terlebih dahulu kita akan membahas klakson dan relay-nya. Klakson merupakan salah satu komponen yang bisa mengeluarkan suara dengan picuan energi listrik atau angin.

Terdapat 2 jenis klakson, pertama yaitu electric horn yang bisa mengeluarkan suara jika mendapat aliran listrik.

Lalu yang kedua yaitu air horn yang bisa mengeluarkan suara ketika mendapatkan tekanan dari angin, sama seperti namanya. Prinsip kerja klakson jenis electric horn yaitu gaya elektromagnetik yang membuat baja spiral bergerak dan menghasilkan suara yang khas.

Sementara itu cara kerja air horn mirip dengan terompet yang mana udara akan mengalir melalui pita suara sehingga menghasilkan bunyi.

Klakson juga membutuhkan daya listrik yang tidak terlalu besar namun bisa mempengaruhi suara yang nantinya akan muncul. Ketika saklar ditekan maka daya listrik akan mengalir ke klakson lalu memercikkan api di metal contact.

Jika daya listriknya kurang maka bisa mempengaruhi komponen kelistrikan lainnya. Nah, relay pun berperan untuk menambah daya tersebut.

Sementara itu, relay klakson sendiri akan bekerja dengan mengontrol serta mengalirkan arus listrik. Arus listrik akan melewati kaki relay 86, lalu ke kumparan serta menghasilkan daya magnet yang bisa menarik kontraktor.

Kemudian arus listrik itu akan mengalir dari kaki relay 30 ke 87 secara berulang sehingga arus listrik bisa mengalir lancar.

Baca Juga: Penyebab Klakson Mobil Tidak Bunyi, Bisa Jadi Karena 4 Masalah Ini

Relay Klakson Buat Apa?

Mungkin Anda masih penasaran apa manfaat pasang relay klakson yang mengontrol dan mengalirkan arus listrik tersebut.

Manfaatnya yaitu untuk menghasilkan suara yang lebih lantang dan membuat saklar klakson kendaraan menjadi lebih awet.

Sebab, relay melindungi saklar kombinasi ketika ada aliran listrik yang besar. Sehingga masalah lainnya pun juga bisa lebih minim.

Saat menggunakan relay pun tidak menggunakan kabel saklar yang berukuran besar, sebab kabel kecil pun sudah cukup.

Langkah Memasang Relay Klakson

Jika Anda ingin memasang komponen ini sendiri, namun belum mengetahui bagaimana caranya, berikut ini adalah langkahnya yang bisa Anda terapkan:

1. Sistem Negatif

Pada sistem negatif, pertama pasang kaki relay nomor 30 ke terminal positif aki, pastikan kabel yang Anda gunakan harus tebal. Kemudian pasang kaki relay no 87 ke terminal positif klakson, bisa menggunakan kabel tebal maupun sedang.

Selanjutnya pasang kaki relay no 85 ke salah satu kabel klakson “A” dan kaki 86 pasang ke klakson “B”.

2. Sistem Positif

Cara pasang pada sistem positif juga sama dengan sistem negatif, namun ada perbedaan di bagian akhirnya. Pertama pasang kaki relay nomor 30 ke terminal positif aki, gunakan kabel yang tebal karena langsung dari aki.

Kemudian pasang kaki relay no 87 pada sisi positif klakson, Anda bisa menggunakan kabel yang sedang maupun tebal.

Lalu langkah terakhir yaitu pasang kaki relay no 85 ke salah satu klakson dan pasang no 86 ke bodi mobil atau ground. Langkah-langkah pemasangan relay klakson pada sistem positif pun sudah selesai, mirip dengan pemasangan sistem negatif bukan?

Baca Juga: Klakson Keong Terbaik, Suara Khas dengan Volume yang Keras

Teknik pemasangannya baik dalam sistem positif maupun negatif juga harus benar dan tidak boleh sampai terbalik.

Demikianlah pembahasan mengenai cara pasang relay klakson pada sistem positif dan juga sistem negatif. Anda bisa mencoba menerapkan langkah-langkahnya sendiri di rumah, namun pastikan untuk tetap berhati-hati dan jangan sampai terbalik. Jika Anda masih ragu dan takut untuk mencoba, maka sebaiknya Anda memanfaatkan jasa bengkel saja agar tidak terjadi kerusakan. (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar