Selasa, November 29, 2022
BerandaBerita TerbaruPenemuan Planet Ekstrem Berlapis Magma Cair, Sangat Panas!

Penemuan Planet Ekstrem Berlapis Magma Cair, Sangat Panas!

Penemuan planet ekstrem berlapis magma cair yang panas. Tentu saja eksoplanet yang ekstrem dengan magma cair ini sangat aneh. Bagaimana bisa sebuah planet terdiri dari magma yang sangat panas ini.

Para ilmuwan baru saja menemukan sebuah planet di luar Tata Surya yang sangat tidak biasa. Bagaimana tidak, planet tersebut memiliki lapisan magma cair yang tentunya sangat panas.

Dengan suhu tinggi tersebut, maka tentu saja eksoplanet satu ini tidak memiliki kehidupan di dalamnya. Bahkan lokasi planet ini sangat dekat dengan bintang utamanya.

Baca Juga: Planet Tiruan Bumi Berhasil Ditemukan, Berpotensi Layak Huni

Penemuan Planet Ekstrem Berlapis Magma Cair dengan TESS

Ada begitu banyak planet di luar Tata Surya kita. Beberapa mungkin sudah berhasil terdeteksi dengan bantuan alat canggih yang luar biasa.

Akan tetapi, nyatanya selalu ada planet yang baru terdeteksi dan menjadi sebuah bahan penelitian baru. Seakan tidak ada habisnya, kini ilmuwan kembali menemukan sebuah planet yang sangat aneh.

Planet yang mempunyai nama TOI-1075b ini terlihat dari pengamatan Pesawat Luar Angkasa Transiting TESS (Exoplanet Survey Satellite). Ini memang merupakan instrumen khusus untuk mendeteksi planet luar.

Dari hasil pengamatan, planet satu ini terlihat memiliki lapisan magma cair seperti yang dapat ditemukan di gunung berapi.

Baca Juga: Penemuan Planet Marshmallow oleh Ilmuwan, Mirip Jupiter!

Bersuhu Sangat Panas

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menjelaskan bahwa data dari empat tahunnya mengungkap bahwa TOI-1075b memiliki permukaan super panas.

Suhu rata-rata planet ini ilmuwan perkirakan mencapai sekitar 1.050 derajat Celcius. Adapun kondisi ekstrem terjadi karena jarak planet tersebut dengan bintang induknya begitu dekat.

Bintang induknya merupakan sebuah bintang kecil yang berwarna jingga merah, berjarak kurang lebih 200 tahun cahaya dari Bumi. Kemudian penemuan planet ekstrem berlapis magma cair ini memiliki iklim panas dan orbit ultra-pendek, TOI-1075b ini juga cukup masif.

Termasuk Super-Earth Paling Masif

Dari hasil pengamatan yang ada, planet ekstrem satu ini ternyata memiliki ukuran yang masif juga. NASA menjelaskan bahwa data terbaru menunjukkan TOI-1075b menjadi salah satu dari super-Earth yang sejauh ini paling masif.

Bumi-Super atau Super-Earth ini membuat penasaran para astronom karena memang mereka dianggap umum di dalam Galaksi Bima Sakti, meski memang tidak ada di Tata Surya. Akan tetapi, eksoplanet TOI-1075b 10 kali lebih masif dari Bumi.

Planet ini berhasil terdeteksi dengan metode transit TESS yang memindai langit malam dengan mencari tanda perubahan kecerahan. Apabila cahaya bintang secara berkala meredup, ini mungkin mengindikasikan keberadaan eksoplanet.

Baca Juga: NASA Temukan Planet Surga yang Tertutup Lapisan Air Jernih

Teknik ini memungkinkan misi mengamati kandidat eksoplanet yang ke-5.000 dan menjadi sejarah khusus yang TESS rayakan pada awal tahun ini.

Semua temuan sangatlah berharga nilainya, termasuk penemuan planet ekstrem berlapis magma cair TOI-107b ini karena membantu para ilmuwan menyempurnakan model pembentukan planet. (R10/HR-Online)