Kamis, Desember 1, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Ban Motor Habis Sebelah, Jangan Abaikan!

Penyebab Ban Motor Habis Sebelah, Jangan Abaikan!

Penyebab ban motor habis sebelah perlu setiap pemilik kendaraan ketahui. Apabila penyebab atau faktornya tidak Anda ketahui, maka akan kerap mengalami masalah ban motor yang habis sebelah. Pada dasarnya, perawatan motor memang penting supaya meminimalisir pengeluaran biaya sekaligus menghindari bahaya yang timbul.

Baca Juga: Ban Motor untuk Cornering, Perhatikan Teknik Ini Agar Aman!

Ketahui Penyebab Ban Motor Habis Sebelah

Pada dasarnya, ada banyak hal yang bisa menyebabkan ban motor habis sebelah, baik itu ban motor matic, motor bebek, maupun tipe motor lainnya. Untuk mengetahui apa saja penyebabnya, Anda bisa temukan jawabannya pada pembahasan berikut.

Shockbreaker Aus

Salah satu penyebab ban motor habis sebelah kanan maupun kiri yaitu kondisi shockbreaker. Biasanya hal tersebut karena shockbreaker sudah tak bisa berfungsi secara optimal sebagaimana mestinya.

Setelah mengetahui penyebabnya, pastikan Anda segera mencari solusi sekaligus perawatan supaya tidak mengulangi masalah yang sama dalam waktu dekat.

Adapun caranya ialah dengan memperhatikan kondisi oli pada shockbreaker belakang. Pastikan takaran olinya pas, tidak terlalu banyak ataupun kekurangan.

Biasanya takaran oli yang sesuai sekitar 50 cc. Dengan memperhatikan kondisi oli, maka shockbreaker tidak akan mudah aus ataupun keras ketika berkendara.

Suspensi Tidak Seimbang

Selain shockbreaker aus, penyebab ban motor depan maupun belakang habis sebelah juga karena kondisi suspensi atau terkenal juga dengan sistem peredam kejut.

Anda harus memastikan bahwa suspensi atau shockbreakernya seimbang sehingga tidak mempengaruhi performa ban. Biasanya suspensi yang tidak seimbang terjadi karena terdapat kerusakan.

Permasalahan atau kerusakan yang umum terjadi seperti halnya kebocoran sil yang membuat oli rembes.

Setelah mengetahui penyebabnya, Anda harus segera mengatasi supaya tidak membuat komponen di sekitarnya juga bermasalah. Meski terlihat sepele, namun efek yang timbul sangat berbahaya.

Baca Juga: Memilih Ban Motor yang Tepat Agar Awet, Simak Beberapa Cara Ini!

Pelek Condong Sebelah

Hal lainnya yang menyebabkan ban motor habis sebelah yaitu bagian pelek hanya condong ke salah satu sisi saja. Sebagaimana yang kita tahu bahwa pengaplikasian pelek pada sepeda motor seringkali memalang agak ke sisi kanan.

Apabila tidak Anda cek secara berkala, maka tekanannya hanya dominan pada sisi kanan saja sehingga tak heran apabila ban habis sebelah.

Kebiasaan Pengguna

Cara berkendara Anda juga harus diperhatikan supaya kondisi ban terjaga dengan baik. Terkait penyebab ban motor habis sebelah ini seperti tidak memperhatikan tekanan anginnya. Apabila tekanan angin ban berkurang, pastikan segera mengisinya sampai pas.

Begitu pula jika tekanan angin bannya terlalu banyak, maka ban akan terasa keras ketika digunakan. Perlu untuk Anda ketahui bahwa tekanan angin pada ban yang tidak pas membuatnya tak bisa menapak secara sempurna di permukaan jalan.

Selain itu, kebiasaan pengguna lainnya yang mempengaruhi performa ban sehingga habis sebelah yaitu kerap mengerem secara tiba-tiba. Adanya gesekan yang terlalu besar antara ban dan permukaan jalan secara mendadak bisa membuat ban mudah aus.

Kebiasaan pengguna selanjutnya yaitu terlalu sering menikung secara ekstrem sehingga hanya memberi tekanan pada salah satu sisi ban saja. Hal ini membuat tapak ban menjadi tidak merata. Apabila tidak mendapat perhatian secara serius, maka ban bisa habis.

Kerap Menggunakan Standar Samping

Standar samping memang dinilai lebih praktis apabila memarkirkan sepeda motor. Namun pastikan kebiasaan tersebut tak dilakukan terlalu sering. Hal ini termasuk penyebab ban motor habis sebelah.

Bearing Bermasalah

Laher atau bearing motor bermasalah membuat ban berputar tak stabil. Ban biasanya akan lebih condong ke sisi kanan atau kiri saja, tidak lurus sesuai kemudi. Tak heran apabila ban cepat habis di salah satu sisi saja.

Baca Juga: Ganti Ban Motor, Perhatikan Cara dan Tekniknya!

Jarang Mencuci Ban

Penyebab ban habis sebelah selanjutnya yaitu jarang mencuci ban. Padahal ban seringkali mudah terpapar berbagai jenis bahan kimia.

Mulai dari bensin, cat, air sabun, dan masih banyak lagi. Bahan kimia tersebutlah yang membuat ban cepat habis.

Kini Anda sudah tahu bahwa penyebab ban motor habis sebelah sangat beragam. Pastikan Anda mengetahui apa saja penyebabnya, sehingga lebih mudah dalam mengatasi sekaligus mencegah agar tidak terulang kembali. Sebagai salah satu komponen penting, sudah seharusnya ban sepeda motor dirawat secara rutin. (R10/HR-Online)