Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab eMMC Rusak, Cermati Baik-Baik!

Penyebab eMMC Rusak, Cermati Baik-Baik!

Penyebab eMMC rusak wajib Anda waspadai. Jangan sampai penggunaan eMMC terganggu karena rusak dan tak tahu apa yang jadi penyebab masalah tersebut. Bagi Anda yang penasaran tentang penyebab kerusakan komponen tersebut, maka bisa simak tutorial HP di bawah ini.

Baca Juga: Memori RAM HP Penuh, Gunakan Micro SD atau Hapus Aplikasi

Ketahui Penyebab eMMC Rusak

eMMC adalah komponen penting pada HP yang berperan sebagai sarana media penyimpanan. Karena berbagai faktor, eMMC bisa mengalami kerusakan, seperti halnya muncul notifikasi berhenti, bootloop, aplikasi force close, dan masih banyak lagi.

Pada dasarnya, ada banyak hal yang bisa menyebabkan eMMC rusak. Berikut beberapa di antaranya.

Terlalu Lama Dicas

Salah satu penyebabnya yaitu ponsel terlalu lama dicas. Tak bisa kita pungkiri bahwa ada sebagian pengguna yang lebih memilih untuk mengisi daya sembari tidur.

Dalam artian, pengguna tersebut membiarkan ponsel mengisi daya sepanjang malam selama ia tidur.

Di sisi lain, kita memang akan merasa untung karena ketika bangun pagi, ponsel sudah terisi penuh dayanya. Namun janganlah mengabaikan dampak negatifnya. Kebiasaan ini justru akan membuat eMMC mudah rusak.

Modifikasi OS

Selain terlalu lama dalam mengecas ponsel, kebiasaan memodifikasi OS juga jadi penyebab eMMC rusak. Hal ini karena modifikasi sistem operasi membuatnya tidak kompatibel dengan komponen yang asli. Tak heran bila eMMC akan langsung bermasalah.

Lepas Pasang Baterai

Apabila menggunakan ponsel dengan baterai berjenis removable yang bisa Anda lepas pasang, maka perlu berhati-hati dalam mencopot baterainya. Saat ingin melepas baterai, pastikan Anda sudah mematikan ponselnya terlebih dahulu.

Kebiasaan langsung melepas baterai tanpa menonaktifkan ponsel bisa membuat eMMC bermasalah.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Memory Card Smartphone Error Tidak Terbaca

Bermain Game Berat Berlebihan

Jika Anda penyuka game atau gamers, lebih baik menyesuaikan dengan tipe ponselnya. Sebagaimana yang kita tahu bahwa saat ini sudah banyak ponsel yang khusus untuk gaming.

Pastikan Anda tidak memaksakan ponsel untuk bermain game berat secara berlebihan karena bisa mengganggu fungsi eMMC.

Penyimpanan Sering Penuh

Dari ulasan di atas sudah kita singgung bahwa eMMC berperan sebagai sarana media penyimpanan. Oleh karena itu, pastikan Anda memperhatikan sektor penyimpanannya untuk memastikan kinerja eMMC.

Apabila sektor penyimpanannya sering penuh karena penyebab apapun itu, maka akan membuat fungsi eMMC tidak optimal, bahkan mudah rusak.

Usia Pakai HP Sudah Terlalu Lama

Penyebab eMMC rusak selanjutnya yaitu usia pakai HP yang memang sudah terlalu lama. Perlu Anda ketahui bahwa eMMC merupakan salah satu komponen ponsel yang awet.

Meski begitu, hal tersebut tidak menjamin bahwa eMMC tak akan rusak meski pemakaiannya dalam jangka waktu lama. Sebagai barang elektronik, sudah pastinya eMMC akan aus jika usia pakai HP sudah terlampau lama.

Terlalu Sering Flashing

Flashing merupakan salah satu strategi yang sering pengguna lakukan dalam memperbaiki ponsel yang bermasalah. Misalnya saja ketika ponsel mengalami blank, stuck logo, dan lain sebagainya. Hanya saja, seringkali masalah yang sepele diatasi dengan flashing.

Padahal flashing hanya boleh Anda lakukan untuk mengatasi masalah HP yang memang benar-benar error atau berat. Kebiasaan ini akan membuat eMMC mudah error. Pastikan hindari penyebab eMMC rusak ini.

Baca Juga: Cara Memperbaiki eMMC Android yang Rusak Tanpa Ribet

Gonta-ganti ROM

eMMC juga bisa mengalami kerusakan apabila kerap mengganti ROM bawaan ponsel. Efeknya memang tak akan terlihat dalam waktu dekat, melainkan 2 sampai 3 bulan dari pemakaian sehari-hari. ROM memang tersedia di pasaran sehingga mudah ditemukan.

Hanya saja, tak setiap ROM sesuai atau kompatibel dengan ponsel yang Anda gunakan. Saat tidak sesuai, maka bisa merusak komponen yang ada di dalam ponsel. Tak terkecuali dengan komponen eMMC.

Saat eMMC mengalami kerusakan atau bermasalah, maka Anda tidak bisa leluasa dalam menyimpan file penting. Baik itu foto, video, pemasangan aplikasi, maupun data lainnya.

Apabila tak segera mendapatkan penanganan, tentu akan mengganggu pengguna ketika mengoperasikan ponsel. Anda tak ingin mengalami hal tersebut bukan?

Anda bisa terhindar dari eMMC bermasalah apabila mencermati review di atas. Dengan Anda tahu apa saja penyebabnya, maka bisa menghindarinya supaya tidak mengalami eMMC bermasalah. Tak hanya itu, saat Anda memahami apa saja penyebab eMMC rusak, tentu saja juga akan memudahkan ketika memperbaikinya. (R10/HR-Online)