Selasa, November 29, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Ghost Touch pada Layar Ponsel dan Cara Mengatasinya

Penyebab Ghost Touch pada Layar Ponsel dan Cara Mengatasinya

Penyebab ghost touch di layar ponsel perlu diketahui. Jika Anda tahu penyebabnya, akan lebih mudah untuk mengatasi ghost touch tersebut. Ghost touch sendiri merupakan permasalahan yang umum terjadi di ponsel pintar, terlebih HP Android.

Ya, ponsel Android rawan mengalami ghost touch. Sebab, begitu banyak produsen ponsel pintar Android yang meluncurkan berbagai tipe HP. Sehingga menjadikan kurang maksimalnya spesifikasi sparepart pada smartphone rilisannya.

Layar ponsel yang bergerak atau tertekan sendiri tanpa Anda sentuh merupakan ciri-ciri ghost touch. Kendala tersebut memang tidak berbahaya, namun sangat mengganggu pemakaian keseharian.

Baca Juga: Solusi Layar HP Tergores, Salah Satunya dengan Pasta Gigi

Penyebab Ghost Touch pada Ponsel Android

Layar pada handphone sekarang ini yang kebanyakan jenisnya touchscreen (layar sentuh), punya peran yang sangat penting. Ketika terjadi suatu masalah di layar ponsel tersebut, maka navigasi maupun pengoperasian handphone akan terganggu.

Nah, di antara beberapa kasus, permasalahan yang kerap kali terjadi di layar ponsel yakni mengeluarkan gerakan sendiri tanpa disentuh. “Ghost Touch” merupakan sebutan untuk hal tersebut.

Sebagian dari Anda mungkin pernah mengalami masalah ghost touch pada layar ponsel ini. Lalu, mengapa layar ponsel bergerak sendiri?

Perlu Anda ketahui, penyebab layar HP gerak sendiri sumbernya tidak selalu dari kerusakan internal hardware. Permasalahan tersebut dapat pula diakibatkan oleh sejumlah faktor eksternal. Berikut pembahasan lengkapnya.

Terdapat Debu atau Cairan pada Layar HP

Penyebab ghost touch yang paling umum yakni adanya debu atau cairan pada layar ponsel. Cairan atau debu tersebut terkadang memang tidak tampak. 

Oleh sebab itu, wajar saja apabila Anda merasa tidak terdapat apapun pada layar HP Anda. Debu maupun cairan yang menempel di permukaan layar ponsel dapat menjadikan sensitivitas sentuhannya akan terganggu. 

Sehingga, gerakan layar tak dapat sesuai dengan arah yang semestinya. Bahkan, layar ponsel bisa bergerak sendiri tanpa Anda sentuh.

Tidak Memakai Charger Ori atau Bawaan

Tidak memakai charger bawaan dari handphone juga dapat menjadi penyebab layar ponsel bergerak sendiri. Hal ini akibat output dari charger yang Anda pergunakan tersebut cenderung tidak stabil.

Nah, ketidakstabilan dari output daya ini dapat mengganggu sensitifitas sentuhan layar ponsel.

Kerusakan pada Charger HP

Ketika Anda sedang mencharger HP dan layarnya bergerak sendiri, bisa saja terjadi kerusakan pada charger yang Anda pergunakan. Segeralah untuk mengecek kondisi charger Anda.

Sehingga tidak merusak HP apabila terus-menerus Anda pergunakan. Jika membeli charger yang baru, belilah charger original agar sesuai dengan kebutuhan HP Anda.

Kerusakan pada LCD atau Layar

Penyebab ghost touch atau layar ponsel yang bergerak sendiri bisa juga karena adanya kerusakan di LCD atau layar handphone tersebut. Hal tersebut dapat terjadi karena HP Anda terkena percikan air.

Lalu air tersebut merembes ke dalam ponsel yang menyebabkan layar ponsel bergerak dengan sendirinya. Nah, apabila sudah begitu, lebih baik Anda mengganti layar LCD Anda. Sehingga kerusakan tidak meluas ke komponen yang lain.

Baca Juga: Cara Mengatasi Layar HP Hitam atau Blank Screen Tapi Nyala

Screen Guard

Plastik tipis atau screen guard yang melapisi layar ponsel ternyata juga dapat menyebabkan terjadinya ghost touch. Padahal tujuan dari pemakaian screen guard ini yakni untuk memproteksi layar HP.

Bisa jadi pemasangan screen guard Anda kurang tepat. Dengan begitu menjadikan sensitivitas layar terganggu dan akhirnya menyebabkan ghost touch.

Tetapi, bisa juga karena saat Anda memasang screen guard terdapat debu yang terperangkap dan Anda tak menyadarinya. Sehingga, hal itu menyebabkan ghost touch pada layar ponsel.

Bug Aplikasi

Aplikasi yang terdapat di ponsel juga dapat menjadi penyebab ghost touch. Ya, mungkin saja aplikasi yang Anda instal tersebut di dalamnya mengandung bug.

Bug pada aplikasi itulah yang kemudian bisa menjadikan layar ponsel Anda bergerak sendiri. Selain itu, bug pada aplikasi juga dapat mengakibatkan terganggunya fungsi sistem di ponsel Anda. Apabila sudah begitu, wajar apabila kemudian ghost touch terjadi.

Cara Memperbaiki Ghost Touch pada Smartphone

Setelah mengetahui penyebabnya, berikut caa memperbaiki ghost touch yang perlu Anda ketahui.

1. Membersihkan Layar

Anda bisa membersihkan layar HP memakai cairan pembersih guna menghilang debu yang menempel di layar.

Debu maupun partikel apa saja yang ada di layar bisa mengakibatkan layar HP tertekan sendiri.

2. Nonaktifkan HP

Mematikan HP untuk beberapa saat bisa memperbaiki permasalahan ghost touch. Tingginya suhu smartphone juga bisa mengakibatkan ghost touch di HP Android. Sehingga, coba nonaktifkan ponsel lalu diamkan sebentar guna mendinginkan suhu HP.

3. Charger Ponsel

Ghost touch juga bisa terjadi karena kondisi baterai yang low. Anda disarankan untuk mengisi daya ponsel guna memperbaiki ghost touch.

Baca Juga: Cara Membersihkan Layar HP yang Tepat dan Aman, Biar Terawat

4. Ganti Layar HP

Apabila HP masih tetap mengalami ghost touch, Anda dianjurkan untuk mengganti layar ponsel. Mengingat umumnya masalah ghost touch terjadi pada bagian layar, besar kemungkinan layar HP sudah tidak dalam keadaan baik. Sehingga menyebabkan error.

Nah, itu tadi beberapa penyebab ghost touch dan solusi untuk memperbaikinya. Apabila masih bermasalah, Anda bisa membawa perangkat tersebut ke service center. (R10/HR-Online)