Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Piringan Cakram Bunyi dan Cara Mengatasinya

Penyebab Piringan Cakram Bunyi dan Cara Mengatasinya

Penyebab piringan cakram bunyi mungkin masih sering menjadi tanda tanya bagi sebagian orang. Sebagai kendaraan sehari-hari, sepeda motor memang bisa mengalami berbagai masalah yang mengganggu, salah satunya pada piringan cakram yang berbunyi. Apalagi sering Anda gunakan setiap harinya, maka butuh perawatan motor rutin.

Masalah yang sering terjadi lainnya seperti ban kempes atau tiba-tiba meledak, lampu depan atau belakang mati. Motor susah dinyalakan, sering mogok di jalan, dan masih banyak masalah lainnya. Namun masalah yang sering terjadi pada sepeda motor yaitu piringan cakram yang berbunyi, apalagi saat pengereman.

Masalah tersebut tentunya juga sering terjadi pada berbagai jenis sepeda motor. Piringan cakram yang berbunyi pastinya menjadi hal yang sangat menyebalkan bagi para pemilik motor. Sebab, masalah tersebut bisa menciptakan kebisingan serta bisa mengganggu orang lain yang berada di sekitarnya.

Baca Juga: Rem Cakram Motor Seret, Kenali Apa Saja Penyebabnya

Ketahui Penyebab Piringan Cakram Bunyi

Rem merupakan salah satu sistem kendaraan yang berfungsi untuk mengurangi atau menghentikan laju kendaraan ketika berkendara.

Keberadaannya pun sangat penting, sebab bisa mempengaruhi penggunaan kendaraan serta bisa mempengaruhi keselamatan penggunanya. Karena itu penting untuk selalu memastikan rem dalam keadaan baik dan bisa Anda gunakan dengan normal setiap hari.

Sama seperti bagian kendaraan yang lain seperti mesin, roda atau lampu, rem pun juga bisa mengalami masalah. Beberapa masalah tersebut yaitu seperti rem tidak cakram sehingga kendaraan lebih sulit untuk berhenti ketika Anda rem.

Kemudian masalah lainnya yang sangat umum terjadi yaitu munculnya suara atau bunyi yang mengganggu pada piringan cakram.

Piringan cakram sendiri merupakan salah satu komponen rem cakram yang paling utama dan penting. Piringan ini terbuat dari bahan baja yang kuat dan mampu menahan suhu panas yang tinggi sekalipun.

Pada sepeda motor, komponen ini berbentuk lebih tipis dan memiliki beberapa lubang yang bertujuan untuk mempercepat pendinginan.

Masalah yang sering terjadi pada motor tentunya memiliki penyebab tersendiri yang tidak kita sadari. Pada masalah piringan cakram berbunyi pun sama, pastinya terdapat penyebab yang memunculkannya.

Namun karena tidak semua orang mengerti mengenai otomotif, mungkin termasuk Anda, tentu tidak mengerti apa penyebabnya.

Lalu apa saja penyebab piringan cakram bunyi? Berikut adalah pembahasannya.

Baca Juga: Rem Cakram Motor Blong, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Kampas Rem Sudah Aus

Kampas rem yang sudah aus atau habis, maka besi yang menopangnya akan bergesekan dengan piringan cakram secara langsung. Hal ini bisa menyebabkan piringan cakram mengeluarkan bunyi yang mengganggu saat Anda melakukan pengereman.

Jika hal tersebut Anda biarkan terus-menerus maka bisa saja piringan cakram malah menjadi rusak dan keselamatan pun terancam.

Karena itu jika Anda mengalami masalah ini, cobalah cek bagian kampas rem apakah sudah habis atau belum. Jika memang kampas sudah habis maka segera mungkin Anda harus menggantinya dengan yang baru. Namun jika kampas masih ada, berarti bukan itu penyebab masalahnya, akan tetapi bagian yang lainnya.

Kampas Kotor

Penyebab piringan cakram bunyi selanjutnya yaitu kampas rem terkena kotoran. Apalagi di penghujan, yang mana banyak jalanan berlumpur.

Kotoran yang banyak dan menumpuk di kampas rem bisa menimbulkan bunyi ketika melakukan pengereman. Jika benar masalah ini yang terjadi, maka Anda bisa segera membersihkan kampas agar tidak mengeluarkan suara lagi.

Piringan Cakram Tidak Rata

Penyebab lainnya yaitu piringan cakram yang tidak rata, apalagi setelah usianya bertahun-tahun lamanya.

Selain bisa menimbulkan bunyi, kondisi piringan cakram tidak rata tersebut juga bisa membahayakan keselamatan Anda. Karena itu Anda bisa mengganti piringan cakram agar tidak menimbulkan masalah lagi.

Baca Juga: Merawat Rem Cakram Motor Saat Musim Hujan, Ini Caranya

Cakram Terkena Air

Anda mungkin mengalami masalah piringan cakram berbunyi setelah Anda membersihkan motor, terutama di bagian tersebut. Hal tersebut pun sebenarnya bisa terjadi karena cakram terkena air dan bisa hilang dengan sendirinya.

Ketika membersihkan cakram, maka permukaannya akan menjadi kesat sehingga bisa menimbulkan bunyi saat pengereman.

Demikianlah pembahasan mengenai penyebab piringan cakram bunyi dan cara mengatasinya yang perlu Anda ketahui. Setelah membaca ini tentunya Anda menjadi tahu apa yang harus Anda lakukan saat mengalami masalah tersebut. (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar