Selasa, November 29, 2022
BerandaBerita TerbaruPerawatan Filter AC Mobil Agar Fungsinya Tetap Optimal

Perawatan Filter AC Mobil Agar Fungsinya Tetap Optimal

Perawatan filter AC mobil penting diketahui setiap pemilik kendaraan. Dengan perawatan yang tepat, filter AC pada mobil tentunya bisa berfungsi secara optimal. Komponen mobil satu ini memang sangat berpengaruh pada kenyamanan sebuah mobil.

Filter AC merupakan salah satu komponen yang terdapat pada bagian kabin mobil. Dengan adanya filter ini, maka udara dalam kabin bisa menjadi lebih segar dan nyaman untuk dihirup.

Bagian filter akan menyaring udara yang keluar dari lubang AC. Sehingga udara yang keluar dari AC bisa menjadi lebih bersih dan terasa lebih segar.

Baca Juga: Cara Mengatur Temperatur AC Mobil dengan Langkah Tepat Berikut

Simak Cara Perawatan Filter AC Mobil yang Benar!

Tidak berbeda dengan komponen mobil yang lainnya, komponen filter AC ini juga membutuhkan perawatan yang baik dan benar.

Sebab, jika tidak mendapatkan perawatan secara berkala komponen ini bisa tidak berfungsi dengan baik. Bahkan lama-kelamaan juga bisa menjadi rusak.

Nah, agar filter AC pada mobil Anda bisa awet dan berfungsi dengan baik, maka Anda harus melakukan perawatan filter AC mobil dengan benar. Adapun caranya adalah sebagai berikut ini:

Bersihkan Paling Tidak Sebulan Sekali

Cara pertama yang perlu Anda lakukan untuk perawatan filter AC pada mobil yaitu dengan cara membersihkan filter paling tidak satu bulan sekali.

Jika filter AC tersebut memang dirasa sudah kotor, maka Anda bisa langsung membersihkannya dengan menyemprotkan angin yang memiliki tekanan supaya kotoran yang menempel pada filter tersebut bisa rontok.

Ada juga filter kabin yang pembersihannya bisa dilakukan dengan cara mencuci dengan menggunakan air sabun dan sikat secara halus. Membersihkan dengan cara ini, Anda harus melakukannya dengan penuh hati-hati.

Baca Juga: Penyebab AC Mobil Bau Apek dan Tak Sedap, Tenyata Ini Biangnya

Ganti Filter

Ketika mobil Anda setiap hari melintasi jalanan yang berdebu tebal, maka perawatan filter AC mobil tidak lagi cukup dengan membersihkan filter kabin rutin sebulan sekali.

Dalam waktu 2 sampai 3 bulan, filter kabin sebaiknya juga perlu Anda ganti yang baru. Membersihkannya terus-menerus akan berdampak pada kinerja filter tersebut.

Sebab, kerja filter bisa menjadi kurang maksimal. Maka dari itu, penting sekali untuk menggantinya dengan yang baru.

Ketika Anda akan melakukan penggantian filter kabin, jangan lupa untuk memastikan jika Anda mengganti filter AC ini sesuai dengan spesifikasi filter anjuran pabrikannya. 

Pada saat Anda mengganti filter AC dengan menggunakan produk dengan spesifikasi yang tidak tepat, maka filter AC akan menjadi mudah rusak dan Anda harus lebih sering menggantinya. Di sisi lain, Anda harus mengeluarkan tambahan biaya yang lebih besar.

Menjaga Kebersihan dalam Mobil

Kebersihan dalam mobil juga penting sekali untuk Anda bersihkan supaya kondisi dan kerja AC mobil Anda bisa tetap optimal. Khususnya untuk kebersihan karpet bagian kabin depan.

Maka dari itu, usahakan karpet bagian depan mobil Anda selalu dalam keadaan bersih. Terutama pada saat AC mobil dalam kondisi menyala. Tak hanya itu saja, pastikan juga untuk membersihkan jok mobil Anda dengan cara rutin.

Sebab, kotoran pada karpet dan jok bisa terhisap oleh evaporator AC. Kotoran yang menempel bisa menyebabkan tumbuhnya jamur yang  menjadikan bau yang tidak sedap pada AC mobil Anda.

Maka dari itu, jagalah kebersihan kabin mobil Anda untuk menghindari kerusakan pada  filter AC mobil.

Baca Juga: Fungsi Kondensor AC Mobil dan Cara Perawatannya

Hindari Menyalakan AC Mobil dengan Kondisi Kaca Terbuka

Menyalakan AC mobil dalam keadaan jendela mobil terbuka menjadi kebiasaan buruk yang bisa merusak filter AC mobil.

Perlu Anda tahu, udara yang masuk lewat filter kabin akan cenderung lebih kotor. Sebab, udaranya telah bercampur dengan udara luar yang mengandung debu.

Udara kotor dan berdebu yang masuk ke dalam mobil bisa menjadikan filter AC mobil  menjadi cepat kotor. Parahnya, kotoran tersebut juga sulit untuk dibersihkan.

Maka dari itu, perawatan filter AC yang perlu Anda lakukan yaitu dengan menjauhi kebiasaan buruk membuka jendela saat AC sedang menyala ini.

Dengan melakukan berbagai macam cara perawatan filter AC mobil yang tepat seperti di atas, maka filter AC Anda bisa berfungsi secara optimal. Interior mobil Anda pun bisa menjadi lebih nyaman dengan udara yang bersih dan sejuk. (R10/HR-Online)