Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita PangandaranPindang Gunung Kuliner Asli Pangandaran, Tanpa Bumbu Penyedap Tetap Maknyus!

Pindang Gunung Kuliner Asli Pangandaran, Tanpa Bumbu Penyedap Tetap Maknyus!

harapanrakyat.com,- Pindang gunung merupakan salah satu masakan kuliner khas Pangandaran, Jawa Barat. Tak heran jika wisatawan, baik asing atau lokal selalu menyempatkan diri mencicipi kuliner ini.

Salah seorang tokoh budaya asal Pangandaran Bah Didin Jentreng mengatakan, sudah sejak lama warga Pangandaran mengenal yang namanya Pindang Gunung, bahkan pemerintah Kabupaten Pangandaran menjadikan Pindang Gunung sebagai kuliner khas Kabupaten Pangandaran.

“Warga Pangandaran tentu sudah terbiasa memasak dan memakan pindang gunung, karena masakan ini merupakan budaya leluhur warga Pangandaran,” katanya, Sabtu (19/11/2022).

Baca juga: Pindang Gunung, Kuliner Khas Pangandaran, Jadi Menu Andalan Rumah Makan

Masakan pindang gunung ini berbahan dasar ikan, dengan bumbu yang sangat sederhana atau kalau istilahnya orang Pangandaran itu, angeun lauk samara dua belas.

“Bumbu yang biasa dipakai untuk memasak pindang gunung sangat sederhana, yaitu cukup dengan garam, cabai, bawang, kunyit, daun salam, sereh dan buah honje agar Pindang Gunung terasa lebih enak,” paparnya.

Lebih lanjut Didin mengatakan, kenapa  masakan itu dikenal dengan nama Pindang Gunung, karena yang pertama mengenalkan masakan ini orang dari pegunungan, begitu pun dengan bumbu- bumbu yang dipakai juga kebanyakan dari gunung.

Kata dia, meski Pindang Gunung tidak memakai penyedap rasa, namun dengan hanya menggunakan bumbu sederhana juga rasanya tetap enak dan sedap.

“Saat ini masakan Pindang Gunung sudah dikenal dimana mana, bahkan para wisatawan yang berkunjung ke Pangandaran akan sangat menyesal bila tidak mencicipi kuliner yang satu ini,” tambahnya.

Karena banyaknya wisatawan yang memburu Pindang Gunung, maka tak heran jika setiap rumah makan di wilayah Pangandaran selalu menyajikan masakan ini.

“Bahkan di restoran restoran ternama dan hotel, masakan ini selalu disajikan, hal itu tentu untuk memuaskan para tamu tamunya,” pungkasnya. (Enceng/R8/HR Online/Editor Jujang)

Diskominfo Kota Banjar