Kamis, Februari 2, 2023
BerandaBerita TerbaruPintu Geser Minimalis dengan Berbagai Model, Ini Inspirasinya!

Pintu Geser Minimalis dengan Berbagai Model, Ini Inspirasinya!

Pintu geser minimalis cukup diminati. Semakin banyak orang yang tertarik dengan pintu geser bergaya minimalis. Hal ini karena pintu rumah geser atau sliding terlihat lebih modern.

Sebenarnya pintu geser juga bukan sesuatu hal yang baru. Sudah sejak lama pintu jenis ini ada dan masyarakat gunakan.

Hanya saja memang pintu geser belum terlalu trend di Indonesia. Biasanya penggunaan pintu geser atau sliding ini ada di rumah-rumah tradisional Jepang, Korea, dan juga China.

Seiring berkembangnya waktu, pintu geser untuk rumah juga semakin umum. Kini sudah tidak sulit menemukan rumah di Indonesia dengan pintu gesernya.

Baca Juga: Pintu Sliding Kamar Tidur Minimalis Bisa Menghemat Ruang

Inspirasi Pintu Geser Minimalis, Berikut Kelebihannya

Dalam membuat rumah berukuran mini, maka Anda tidak bisa sembarangan. Keterbatasan ruang harus menjadi pertimbangan utama Anda.

Seperti dalam pemilihan pintu misalnya. Jika rumah Anda tergolong mungil, maka pintu engsel seperti biasanya itu kurang efisien.

Sebab, ketika pintu nantinya bisa sangat memakan ruang. Nah, solusi yang tepat untuk mengatasi masalah itu adalah menggunakan pintu model geser.

Apa yang Dimaksud dengan Pintu Sliding?

Nyatanya penggunaan pintu sliding atau geser di Indonesia itu masih sangat jarang. Oleh karena itu, mungkin masih banyak orang yang belum mengetahuinya.

Sliding door atau pintu geser merupakan jenis pintu alternatif yang dapat Anda aplikasikan di dalam rumah. Cara menggunakan pintu ini pun hanya perlu menggesernya ke kanan atau ke kiri.

Pintu geser minimalis lebih fleksibel karena tidak memakan tempat saat dalam keadaan terbuka. Itulah kenapa, jenis pintu ini bisa menjadi pilihan terbaik dalam hunian.

Baca Juga: Sekat Ruangan Kaca Minimalis sebagai Pemisah Ruangan

Model Pintu Geser

Salah satu keunggulan dari pintu geser ini adalah memiliki banyak model. Jadi, Anda bisa menyesuaikan model pintu geser dengan konsep rumah.

Berikut ini beberapa inspirasi model pintu geser untuk rumah minimalis Anda:

1. Pintu Geser Lipat

Pertama Anda bisa menggunakan pintu lipat. Jenis pintu satu ini menjadi pilihan karena memiliki panel yang tidak sedikit.

Sehingga, Anda bisa menggunakannya sebagai pintu bukaan berukuran lebar. Kemudian desain pintu geser model lipat ini sangat efektif Anda pasang.

2. Pintu Geser Ala Jepang

Salah satu pelopor dari pintu geser ini adalah Jepang. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan pintu geser seperti yang ada di Jepang dengan ciri khas mereka sendiri.

Umumnya pintu geser minimalis Jepang identik dengan kayu dan panel kotak simetris. Panel kotak juga memiliki material minimalis sehingga lebih menarik.

3. Pintu Geser Kaca Bening

Inspirasi model pintu geser selanjutnya adalah menggunakan kaca bening. Model satu ini artinya tembus pandang, sehingga bisa Anda gunakan sebagai partisi ruangan.

Apabila Anda ingin ruangan keluarga dan dapur terpisah, maka bisa menggunakan pintu geser ini. Meski berbatasan, tetapi ruangan tersebut bisa tampak menyatu.

4. Pintu Geser Kaca Buram

Sedikit berbeda dari model sebelumnya, kalau ini menggunakan kaca buram. Artinya, Anda tidak bisa melihat ruangan lainnya.

Dengan kaca buram, maka ruangan akan terlihat samar. Model pintu geser ini biasanya tidak berbingkai sehingga memberikan kesan lebih modern dan membuat ruangan tampak luas.

5. Kayu dengan Panel Kaca

Masih dengan material kaca, kali ini Anda bisa memadukannya dengan bingkai kayu. Anda bisa menerapkan pintu ini pada ruang kantor dan juga pintu utama.

6. Pintu Geser Kayu

Model pintu geser minimalis selanjutnya yang sudah tidak asing adalah menggunakan kusen kayu. Jenis pintu ini cocok untuk Anda yang membutuhkan privasi pada ruangan.

Pintu geser bahan kayu akan membuat ruangan tampak lebih luas dan klasik.

Baca Juga: Model Pintu Minimalis dari Kayu yang Unik dan Berkualitas

Apa Pintu Sliding Perlu Kusen?

Salah satu dari kelebihan pintu geser adalah tidak memerlukan kusen seperti pintu pada umumnya. Sehingga, pintu sliding atau geser dapat Anda buat lebih lebar.

Selain itu, manfaat lain dari pintu geser adalah bisa membuat ruangan yang semula lebih tertutup menjadi terbuka luas dan memudahkan akses untuk menuju ke beberapa ruangan.

Jangan lupakan juga bahwa pintu geser minimalis bisa menjadi pembatas ruangan. Alhasil, Anda tidak membutuhkan tembok untuk membedakan dua ruangan di dalam rumah dengan berbagai model yang menarik. (R10/HR-Online)