Kamis, Februari 2, 2023
BerandaBerita JabarPipa PLTMH Cirompang Garut Jebol Akibat Pergerakan Tanah

Pipa PLTMH Cirompang Garut Jebol Akibat Pergerakan Tanah

harapanrakyat.com,- Pipa PLTMH Cirompang di Kabupaten Garut, Jawa Barat, jebol pada Senin (28/11/2022). Diduga jebolnya pipa penyokong daya Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) Cirompang itu akibat pergerakan tanah.

Pelayanan di PLTMH Cirompang dipastikan tidak mempengaruhi aliran listrik kepada para pelanggan. Serta tidak ada dampak kerusakan ke pemukiman warga. Karena lokasi kejadian jauh dari perkampungan.

Hal itu dikatakan Manajer Bagian Keuangan dan Umum PLN UP 3 Garut, Mega Indah melalui keterangan tertulisnya, Rabu (30/11/2022).

Mega juga menyebutkan, jebolnya sebuah pipa PLTMH Cirompang yang terjadi pada Senin kemarin itu berlangsung sekitar jam 2 siang. Namun, untuk saat ini semburan air pasca jebolnya pipa sudah teratasi oleh tim teknisi.

Baca Juga: Dirut Baru PLN Darmawan Prasodjo, Ini Perjalanan Karirnya

Sementara itu, Kapolsek Bungbulang, Iptu Usep mengatakan, hasil penelitian tim teknis perusahaan PLTMH Cirompang menyebutkan, kejadian berawal dari adanya pergerakan tanah sekitar 2 minggu sebelumnya. Akibat dari pergerakan tanah itu, posisi pipa mengalami kemiringan dan terjadi kebocoran.

Meski begitu, kata Usep, kejadian tersebut tidak berdampak terhadap warga sekitar PLTMH Cirompang. Hanya kerugian materil yang pihak perusahaan alami.

“Langkah-langkah yang petugas teknis lakukan pada saat kejadian yaitu segera menutup pintu air dari penampungan. Karena sebelumnya terjadi semburan air sekitar 30 menit. Sekarang sudah kering lagi,” pungkas Usep. (Pikpik/R3/HR-Online/Editor-Eva)