Sabtu, November 26, 2022
BerandaBerita BanjarRBK Kota Banjar Raih Penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka dari Perpusnas

RBK Kota Banjar Raih Penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka dari Perpusnas

harapanrakyat.com,- RBK Kota Banjar, Jawa Barat, meraih penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka 2022 dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) RI.

Penghargaan tersebut diberikan atas dedikasi Yayasan Ruang Baca Komunitas (YRBK) Banjar, yang selama ini konsisten menjadi katalisator penggerak budaya literasi. Baik untuk masyarakat umum maupun dunia pendidikan.

Penerimaan penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka 2022 dari Perpusnas RI tersebut berlangsung di Integrity Convention Centre, Kemayoran, Jakarta, Senin (14/11/2022).

Sekretaris RBK Kota Banjar, Ivan Mahendrawanto mengatakan, sebagai komunitas pegiat literasi, pihaknya mengaku bangga dan tidak menyangka bakal mendapat penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka 2022 Perpusnas RI.

Penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka untuk Masyarakat

Baca Juga: Karya Tulis Peserta ILPN Kota Banjar akan Diabadikan Perpusnas

Menurutnya, penghargaan yang diraih bukan hanya menjadi kebanggaan bagi RBK semata. Tetapi juga untuk masyarakat Kota Banjar dan Jawa Barat.

“Tentu kami bangga atas capaian ini. Pegiat Literasi Jawa Barat diapresiasi secara nasional,” ungkap Ivan, yang turut mendampingi pendiri RBK, Sofian Munawar, di Gedung ICC Kemayoran Jakarta, kepada harapanrakyat.com, Selasa (15/11/2022).

Pihaknya berharap nantinya dapat menjalin sinergi dan kolaborasi lebih masif dengan berbagai pihak. Termasuk mengaktifkan tim pendamping literasi daerah yang didalamnya menjalin sinergitas dengan stakeholder.

“Ke depan kami akan membangun sinergi dan kolaborasi lebih masif dengan berbagai pihak. Terutama mengaktivasi Tim Pendamping Literasi Daerah yang di dalamnya ada sinergitas multi stakeholder,” kata ivan.

Gemar Membaca Jadi Gerakan Nasional

Baca Juga: Safari Kampus, YRBK Kota Banjar Sosialisasi Inkubator Literasi Perpusnas

Kepala Perpusnas RI, Syarif Bando, dalam Chanel Perpustakaan Nasional yang tayang secara virtual mengatakan, Nugra Jasa Dharma Pustaloka merupakan penghargaan tertinggi dari pemerintah melalui Perpusnas RI, sebagaimana amanat Undang-Undang.

Penghargaan yang Perpusnas berikan kepada setiap orang atau lembaga atas dedikasinya yang telah peduli terhadap perpustakaan. Serta meningkatkan budaya baca dan gerakan literasi di masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Syarif Bando juga mengajak kepada semua pihak untuk menyatukan komitmen, menjadikan kegemaran membaca sebagai suatu gerakan nasional.

“Dengan ajang penghargaan ini, mari kita satukan komitmen untuk bersama-sama menjadikan kegemaran membaca menjadi suatu gerakan nasional,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Banjar, Ade Uu Sukaesih, melalui Kepala Dinas Kearsipan dan Kepustakaan Daerah Kota Banjar, Nia Kania Permasih mengatakan, pemerintah kota menyambut baik serta memberikan apresiasi atas penghargaan yang diterima RBK.

Terlebih acara tersebut dihadiri langsung oleh sejumlah pejabat negara seperti Menteri, DPR RI, Kadis Dinas Perpustakaan Provinsi se-Indonesia. Serta beberapa kepala dinas perpustakaan kabupaten/kota.

“Selamat kepada RBK Kota Banjar atas penghargaan yang telah diraih. Tentunya ini menjadi prestasi yang membanggakan untuk Kota Banjar,” singkatnya.

Selain kategori pegiat literasi, Perpusnas RI juga memberikan penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka 2022 kepada penggerak literasi yang ada di Indonesia. 

Kategorinya meliputi tokoh masyarakat, pelestari naskah kuno, buku pustaka terbaik, dan kategori jurnalis. (Muhlisin/R3/HR-Online/Editor-Eva)

Diskominfo Kota Banjar