Kamis, Februari 2, 2023
BerandaBerita TerbaruRumah Panggung Minimalis, Tetap Modern dengan Nuansa Tropis!

Rumah Panggung Minimalis, Tetap Modern dengan Nuansa Tropis!

Rumah panggung minimalis memang unik. Gaya minimalis dapat membuat rumah panggung tampak lebih modern. Sehingga, rumah panggung bisa lebih cocok untuk Anda yang tinggal di perkotaan.

Memang rumah panggung merupakan salah satu rumah tradisional yang ada di Indonesia. Namun, sebenarnya konsep rumah panggung ini bisa Anda buat lebih modern.

Sehingga, Anda masih bisa memiliki rumah panggung yang menarik dan indah, cocok untuk di perkotaan.

Baca Juga: Model Rumah Minimalis Tampak Depan, Sederhana namun Elegan

Rumah Panggung Minimalis Modern, Ini Inspirasinya

Untuk Anda yang menginginkan rumah dengan nuansa tropis yang kental, maka rumah panggung mungkin bisa menjadi pilihan yang paling menarik.

Selama ini rumah panggung memang identik dengan rumah tradisional yang ada di daerah Sumatera atau Kalimantan. Namun, tentunya Anda kini bisa mendapatkan rumah panggung dengan model yang lebih modern.

Rumah panggung bahkan bisa menjadi salah satu tipe hunian modern dan bisa memberikan kesan elegan.

Apa Keunikan dari Rumah Panggung?

Rumah panggung memang sangat menarik karena konsepnya yang unik. Bagaimana tidak, rumah panggung ini tidak seperti rumah biasanya.

Rumah panggung tidak akan langsung menyentuh tanah, melainkan menyisakan ruangan di bawahnya. Jika mengacu pada rumah panggung tradisional, maka pembangunannya kerap kali tanpa menggunakan paku besi.

Namun, Anda bisa menghadirkan rumah panggung minimalis yang lebih modern. Artinya, rumah kayu ini tidak harus menggunakan material kayu.

Dalam pembuatannya, Anda bisa menggunakan bahan beton. Itu pastinya akan membuat rumah menjadi jauh lebih kekinian.

Pilihan Model Rumah Panggung Modern

Maraknya penerapan gaya hidup back to nature atau kembali ke alam dalam bidang arsitektur membuat rumah panggung kembali eksis.

Rumah ini mampu menciptakan nuansa tropis dan segar, terutama untuk Anda yang tinggal di tengah kota. Ada beberapa tampilan rumah panggung yang kekinian, yaitu sebagai berikut:

Baca Juga: Rumah Kayu Minimalis 2 Lantai, Hunian Ramah Lingkungan

1. Konsep yang Menyatu dengan Alam

Untuk rumah panggung yang ada di wilayah perkotaan, sepertinya akan sangat cocok untuk menggunakan rancangan modern. Terlebih lagi saat ini lahan hunian semakin menyempit.

Bentuk rumah dengan model panggung akan menghadirkan tampilan lebih luas. Anda juga bisa memanfaatkan kolong rumah sebagai tempat bermain anak.

Hiasi latar rumah panggung Anda dengan membuat kebun dan kolam kecil sehingga tampak lebih asri dan cantik.

2. Rumah Kayu dengan Basement

Konsep rumah panggung minimalis dapat Anda manfaatkan ruangannya. Selain memberikan kesan natural dan tropis, rumah panggung hadir dengan ruang fungsional.

Anda dapat memanfaatkan ruangan di bawah rumah. Ruangan basement tersebut juga bisa membantu sirkulasi udara sehingga pergerakannya lebih lancar.

3. Memadukan Batu Alam, Bata, dan Material Kayu

Anda juga bisa memilih desain rumah panggung yang menggunakan kombinasi material alam dan modern. Misalnya material kayu sebagai material utama dari rangka panggung.

Kemudian batu alam untuk pemanis pada salah satu tembok rumah, sedangkan batu bata berperan sebagai bahan rangka rumah. Perpaduan ini akan memberikan kesan asri dan nyaman untuk penghuni.

4. Atap Melengkung

Ingin tampilan semakin unik? Anda bisa membuat atap model melengkung hingga menyentuh lantai. Anda bisa menambahkan tirai bernuansa putih pada rumah panggung minimalis.

Pemanfaatan elemen kayu pada rumah panggung satu ini akan membuat tampilannya menyatu dengan lingkungan, cocok untuk Anda yang ingin menerapkan kesan tropis pada hunian.

Baca Juga: Rumah Kayu Minimalis yang Unik dan Bisa Menjadi Hunian Terbaik

Instalasi Rumah Panggung

Rumah panggung memiliki keunggulan tersendiri. Dari segi instalasi dan perawatannya, rumah panggung lebih praktis daripada rumah biasa.

Hal ini karena biasanya jalur listrik hingga jalur air dari rumah panggung akan lebih simpel, sedangkan rumah biasa akan cenderung lebih rumit.

Misalnya saat Anda ingin menarik kabel telepon listrik atau melakukan modifikasi lainnya, maka rumah panggung dianggap lebih terjangkau.

Selain itu, rumah panggung juga akan lebih aman dari ancaman bencana banjir. Karena posisinya yang lebih tinggi, maka secara otomatis banjir rendah hingga sedang akan sulit mencapai pintu. Jika banjir tidak terlalu tinggi, maka rumah panggung pasti akan aman.

Dari segala kelebihannya, rumah panggung minimalis sangat cocok karena memiliki ruang serba guna di bagian bawahnya. Anda bisa menggunakannya sebagai tempat penyimpanan ataupun basement untuk menghemat ruang. (R10/HR-Online)