Selasa, Desember 6, 2022
BerandaBerita TerbaruRumus Daya Listrik, Contoh Soal dan Segudang Manfaatnya

Rumus Daya Listrik, Contoh Soal dan Segudang Manfaatnya

Rumus daya listrik ada dalam kajian ilmu Fisika. Melalui pembahasan kali ini, Anda tak hanya bisa mengetahui rumus saja, melainkan juga pengertian dan info menarik lainnya dari daya listrik. Dengan mengetahui materi dalam ilmu Fisika ini, maka bisa menambah wawasan maupun mempermudah dalam mempelajarinya.

Baca Juga: Kuat Arus Listrik, Pengertian, Jenis, dan Karakteristiknya

Mengenal Rumus Daya Listrik

Sudah bukan rahasia lagi jika daya listrik sangat penting pada hampir semua kegiatan maupun sumber energi.

Berdasarkan KBBI, daya listrik berarti sebagai kemampuan dalam melakukan sesuatu ataupun bertindak. Daya itu sendiri memiliki pengertian sebagai jumlah energi yang habis per satuan waktunya.

Kemudian untuk energi listrik ialah rangkaian fenomena Fisika yang ada kaitannya dengan kehadiran maupun aliran muatan listrik.

Pernyataan tersebut pun bisa kita tarik kesimpulan bahwa daya listrik merupakan kemampuan dari suatu peralatan listrik untuk melakukan upaya atau usaha, karena ada perubahan kerja maupun muatan listrik pada tiap satuan waktu.

Setelah mengetahui pengertiannya, kini saatnya memahami seperti apa rumusnya. Adapun rumus daya listrik ialah P = V x I. Dalam hal ini, P merupakan daya listrik yang memiliki satuan Watt (W).

Lalu untuk V merupakan tegangan listrik yang satuannya Volt (V). Sementara untuk I ialah arus listrik yang memiliki satuan Ampere (A). Namun tahukah Anda bahwa rumusnya tidak hanya itu saja, melainkan masih ada banyak lainnya.

Alternatif rumus daya listrik lainnya yaitu P = W/t. W di sini ialah usaha yang memiliki satuan Joule (J). Sedangkan untuk t melambangkan waktu yang mempunyai satuan Sekon (s).

Contoh Soal Daya Listrik

Dalam mempelajari rumus daya listrik, akan terasa kurang lengkap apabila tidak mengetahui seperti apa contoh soalnya. Langsung saja, berikut contoh soal lengkap dengan pembahasannya.

Soal:

Ada sebuah kulkas yang membutuhkan tegangan 400 V dan arus listrik 2 A untuk menghidupkannya. Hitung berapa daya listrik yang dibutuhkan!

Pembahasan:

P = V x I = 400 x 2 = 800 Watt

Dari pembahasan di atas, maka daya listrik yang dibutuhkan untuk menghidupkan kulkas ialah sebesar 800 Watt.

Masih berkaitan dengan contoh soal yang satu ini, pada dasarnya besarnya daya listrik bisa dipengaruhi oleh banyak faktor. Sebut saja kondisi daya listrik terhadap waktunya, kuat arus listrik, tegangan listrik, dan hambatan listrik yang ada dalam rangkaian tertutup.

Baca Juga: Perbedaan Watt dan Volt dalam Listrik dan Cara Menghitungnya

Manfaat Daya Listrik

Sebagaimana yang sudah kita singgung di atas bahwa daya listrik sangat dibutuhkan. Dengan rumus di atas, pada dasarnya daya listrik memang memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa manfaatnya.

Mendukung Penerangan

Energi listrik bisa berperan penting sebagai energi cahaya dengan bantuan lampu. Manfaat yang satu ini jelas terasa ketika di malam hari.

Bukan hanya sebagai penerangan di dalam ruangan saja, melainkan juga pencahayaan pada kendaraan. Dengan memanfaatkan peran daya listrik, maka kendaraan bisa mudah menerobos kegelapan di malam hari.

Sumber Energi

Selain menjadi energi cahaya, daya listrik juga bisa kita ubah menjadi energi lainnya. Hal inilah yang membuat daya listrik terkenal sebagai sumber energi dengan ragam manfaat bagi kehidupan manusia.

Adapun salah satu contohnya yaitu berubah menjadi energi listrik yang mampu menghidupkan peralatan elektronik seperti laptop, televisi, kulkas, dan masih banyak lagi. Selain rumus daya listrik, manfaat ini juga penting Anda tahu.

Bisa Menghasilkan Panas

Ada banyak peralatan yang membutuhkan daya listrik untuk bisa menghasilkan panas. Adapun beberapa contohnya yaitu oven listrik, kompor listrik, setrika, dan penanak nasi. Beberapa peralatan tersebut membutuhkan energi listrik yang diubah menjadi energi panas.

Baca Juga: Pengertian Listrik Dinamis, Karakteristik, dan Jenis Arusnya!

Memenuhi Kebutuhan Hiburan

Tak bisa kita pungkiri bahwa ada banyak peralatan hiburan yang membutuhkan sumber energi listrik. Misalnya saja pengeras suara, penerangan di panggung, peralatan pentas, dan lain sebagainya.

Tanpa adanya pemanfaatan daya listrik, maka kebutuhan hiburan tak bisa terpenuhi secara optimal.

Saat mempelajari Fisika, Anda pasti akan bertemu dengan daya listrik. Agar lebih lengkap dalam mempelajari materi tersebut, pastikan Anda tahu rumus daya listrik lengkap dengan pengertian, contoh soal, dan pembahasannya. Tak hanya itu, Anda juga perlu memahami manfaat daya listrik dalam kehidupan sehari-hari. (R10/HR-Online)