Jumat, Desember 2, 2022
BerandaBerita TerbaruSenyawa yang Memiliki Ikatan Hidrogen, Jenis, dan Kegunaannya

Senyawa yang Memiliki Ikatan Hidrogen, Jenis, dan Kegunaannya

Senyawa yang memiliki ikatan hidrogen menarik dibahas. Ikatan hidrogen termasuk materi dalam ilmu Kimia yang memiliki senyawa beragam. Pembahasan lengkap seputar materi dalam Kimia ini bisa Anda temukan pada ulasan berikut.

Baca Juga: Jenis Atom Karbon dalam Senyawa Hidrokarbon, Wajib Tahu!

Ragam Senyawa yang Memiliki Ikatan Hidrogen

Saat Anda mempelajari Kimia, tentu sudah sering menemukan materi ikatan hidrogen bukan? Untuk mengulas kembali materi tersebut, ada baiknya untuk memahami pengertiannya secara lebih mendalam.

Adapun pengertian ikatan hidrogen ialah ikatan yang melibatkan atom H dengan atom lainnya yang mempunyai pasangan elektron bebas atau bisa dibilang keelektronegatifannya tinggi.

Atom tersebut misalnya saja O, N, F, dan Cl. Berkat adanya ikatan hidrogen, maka titik didih senyawa menjadi lebih tinggi.

Selain itu, ikatan hidrogennya memiliki kekuatan yang lebih lemah daripada ikatan ion maupun kovalen. Akan tetapi, kekuatan ikatan hidrogen lebih kuat daripada gaya Van der Waals.

Dalam penulisan ikatan hidrogen, seringkali menggunakan garis putus-putus. Adapun untuk contohnya mulai dari H2O, HF, CH3COOH, NH3, dan CH3OH. Terkait hal tersebut, berikut penjelasan beberapa contohnya.

H2O, senyawa yang memiliki ikatan hidrogen ini terjadi lewat atom H dan atom O molekul lainnya. Dalam senyawa ini ada pasangan elektron bebas di atom oksigen.

Nantinya pasangan tersebut akan saling berinteraksi dengan atom hidrogen yang berasal dari molekul berbeda.

Sementara untuk HF, ikatan hidrogennya terjadi lewat atom H dan atom F molekul lain. Pada dasarnya, ikatan hidrogen merupakan interaksi antar molekul yang bersifat paling kuat.

Kemudian untuk CH3COOH, ikatan hidrogennya terjadi lewat atom O dari C = O dengan atom H yang berasal dari gugus -OH molekul lain.

Perlu untuk Anda ketahui bahwa adanya perbedaan keelektronegatifan yang besar membuat elektron atom hidrogen tertarik ke atom yang bersifat lebih elektronegatif.

Baca Juga: Konfigurasi Elektron Karbon serta Strukturnya, Ini Penjelasannya!

Jenis Ikatan Hidrogen

Selain memiliki senyawa, ikatan hidrogen juga terbagi menjadi dua jenis, yaitu ikatan hidrogen intramolekul dan yang satunya ikatan hidrogen intermolekul.

Tiap jenis ikatan hidrogen tersebut memiliki pengertian dan karakteristik tersendiri. Pada pembahasan kali ini juga akan terurai secara lengkap mengenai kedua jenis ikatan hidrogen tersebut.

Ikatan Hidrogen Intramolekul

Jenis ikatan hidrogen yang satu ini ialah ikatan yang terbentuk dalam molekul sama antara atom hidrogen dan sejumlah atom elektronegatif lain. Misalnya saja F, O, dan N.

Pada umumnya, ikatan hidrogen intramolekul adalah hasil siklisasi molekul yang kerap ada di senyawa organik.

Ikatan Hidrogen Intermolekul

Jenis ikatan hidrogen lainnya yang menarik untuk Anda ketahui yaitu ikatan hidrogen intermolekul. Jenis ikatan hidrogen yang satu ini terbentuk antara dua molekul yang berasal dari senyawa sama ataupun berbeda.

Molekul tersebut dipolimerisasikan atau diasosiasikan. Mengenai contohnya yaitu es, air, amonia, alkohol, hingga hidrogen fluorida.

Kegunaan Ikatan Hidrogen dalam Kehidupan Sehari-hari

Ikatan hidrogen bisa dengan mudah kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Selain senyawa, ikatan hidrogen tersebut juga memiliki kegunaan yang penting dan menarik untuk kita ketahui. Simak saja ulasan berikut.

Asam Hidrofluorat

Asam hidrofluorat juga terkenal sebagai hidrogen fluorida yang membentuk ikatan hidrogen khusus bernama ikatan hidrogen simetris. Perihal kegunaannya, zat ini bisa dengan mudah Anda temukan pada aluminium, refrigeran, hingga bensin beroktan tinggi.

Apabila tersimpan pada tekanan tinggi, maka ikatannya bisa jauh lebih kuat jika dibandingkan dengan ikatan hidrogen biasa.

Asam Format

Dalam kehidupan sehari-hari, ikatan hidrogen juga terlihat dalam asam format. Mengenai kegunaannya, zat ini kerap digunakan untuk mengawetkan makanan ternak. Dengan begitu, makanan tersebut tetap segar dalam jangka waktu panjang.

Baca Juga: Contoh Ikatan Hidrogen dalam Kimia, Simak di Sini Penjelasannya!

DNA Manusia

Terkait DNA manusia, nyatanya ikatan hidrogen terjadi antar pasangan basa pada untai DNA sehingga menghasilkan bentuk heliks ganda DNA.

Sebenarnya ikatan hidrogen ini memungkinkan terjadinya replikasi untai DNA. Hal ini menandakan bahwa ikatan hidrogen ada dalam tubuh manusia.

Setelah menyimak review di atas, tentu Anda sudah tak bingung lagi mengenai senyawa yang memiliki ikatan hidrogen. Bukan hanya tahu apa saja senyawanya, melainkan juga memahami jenis ikatan hidrogen dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Jangan ragu untuk mempelajarinya dengan harapan agar wawasan mengenai ilmu Kimia semakin bertambah. (R10/HR-Online)