Selasa, November 29, 2022
BerandaBerita TerbaruService Kompresor AC Mobil Lebih Hemat, Lakukan Langkah Ini!

Service Kompresor AC Mobil Lebih Hemat, Lakukan Langkah Ini!

Service Kompresor AC Mobil dapat Anda lakukan sendiri. Melakukan service kompresor AC yang rusak pada mobil memang tidak mudah. Namun, Anda bisa mencoba untuk melakukan perbaikan kompresor AC mobil tersebut sebelum membawanya ke bengkel.

Apalagi jika Anda memang sudah memiliki keterampilan bidang otomotif. Tentu saja memperbaikinya sendiri dapat menghemat banyak biaya.

Sebab, kompresor AC bisa membutuhkan biaya perbaikan yang cukup besar. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

Baca Juga: Cara Kerja AC Mobil serta Berbagai Komponen dan Fungsinya!

Service Kompresor AC Mobil yang Rusak

Saat ini di setiap mobil pasti ada AC atau Air Conditioner. Fungsi dari AC ini sebenarnya adalah untuk mendinginkan suhu di dalam kabin.

Di dalam AC mobil terdapat berbagai komponen yang saling bekerja sama. Salah satu komponen AC mobil tersebut adalah kompresor.

Jika kompresor mati atau bermasalah, maka sudah pasti AC mobil juga tidak bisa bekerja dalam keadaan normal dan membuat udara kabin tidak nyaman.

Apa Fungsi Kompresor AC Mobil?

Saat rusak, maka Anda harus cepat-cepat melakukan service kompresor AC mobil. Sebelum itu, mari melihat apa sebenarnya fungsi dari kompresor ini.

Kompresor menjadi komponen AC mobil yang cukup penting bukan tanpa alasan. Hal itu karena kompresor AC memiliki fungsi untuk memompa aliran gas freon.

Dengan kompresor, maka freon mampu bersirkulasi ke semua komponen AC mobil lainnya. Selain itu, kompresor juga berfungsi untuk menekan freon agar molekul di dalamnya menjadi lebih rapat.

Hasilnya, maka freon akan berubah wujud menjadi cair dan tekanan freon pun juga menjadi jauh lebih besar daripada selang input kompresor. Hal ini bertujuan agar proses ekspansi bisa berjalan dengan lancar.

Cara Memperbaiki Kompresor AC Mobil

Saat kompresor AC mobil rusak, lebih baik jangan terburu-buru membawanya ke bengkel. Sebab, Anda sebenarnya masih bisa mencoba membenarkannya sendiri.

Apalagi jika Anda memang sudah memiliki dasar otomotif. Akan lebih baik apabila Anda mencoba membetulkannya sendiri terlebih dahulu dengan cara berikut:

1. Mengecek Suara Kompresor

Langkah pertama untuk memperbaiki kompresor adalah melakukan pengecekan terhadap suaranya. Karena bisa saja kemungkinan masalah tersebut bisa Anda tangani sendiri.

Jika kompresor mengalami kerusakan, maka biasanya akan mengeluarkan suara keras saat menyala. Banyak orang yang menyebutnya dengan istilah ngorok.

Jika memang terdengar keras ketika mesin menyala, maka itu tanda masalah cukup serius.

Baca Juga: AC Mobil Panas Tiba-Tiba? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

2. Cek Tekanan dan Kebocoran AC

Ada kemungkinan AC mengalami karat karena telah kemasukan zat asing seperti rokok, debu, dan lainnya. Anda bisa merasakan tekanan hembusan AC di dalam kabin.

Apabila tekanan tidak seperti biasanya, maka bisa jadi itu tanda kebocoran dan Anda harus melakukan service kompresor AC mobil.

3. Lakukan Pembersihan atau Flushing

Anda juga perlu membersihkan kotoran pada kompresor AC. Flushing akan menyedot isi kompresor dan kemudian mengisi oli serta freon baru yang lebih segar.

4. Mengangkat Komponen Kompresor

Untuk melakukan servis, Anda harus melepas dan membongkar kompresor. Jika kompresor kekurangan oli, maka akan menimbulkan gesekan yang menyebabkan munculnya suara keras.

5. Mengganti Kompresor AC

Ini merupakan tahap terakhir yang mungkin harus Anda lakukan agar masalah teratasi. Sebelumnya, Anda perlu mengecek bagian dinding silinder dan klep untuk mengetahui apakah aus atau tidak.

Apabila aus seperti kondisi piston, maka solusi satu-satunya mengganti kompresor tersebut. Ini adalah pilihan terakhir dalam service kompresor AC mobil apabila semua langkah di atas tidak bekerja.

Baca Juga: AC Mobil Tidak Dingin, Ternyata Bisa Disebabkan Hal Sepele Ini!

Apa yang Terjadi Jika AC Kompresor AC Mobil Rusak?

Sebenarnya saat kompresor AC rusak, maka akan muncul beberapa ciri-ciri yang dapat dengan mudah Anda kenali. Beberapa ciri-ciri kompresor rusak adalah:

  • Munculnya bunyi kasar saat AC menyala yang menandakan bahwa komponen tersebut aus.
  • AC akan terasa kurang sejuk sehingga penumpang di dalamnya akan merasa tidak nyaman.
  • Terjadi kebocoran refrigerant karena tidak dapat tersalurkan dengan baik.
  • Suhu AC menjadi tidak stabil, kadang bisa terasa dingin dan kadang terasa panas.

Jadi, sebenarnya Anda bisa melakukan service kompresor AC mobil di rumah untuk skala kecil. Namun, jangan pernah mengganti kompresor AC sendiri jika memang Anda tidak memiliki dasar otomotif. (R10/HR-Online)