Selasa, Januari 31, 2023
BerandaBerita TasikmalayaSitu Cilangla Tasikmalaya, Wisata Alam dengan Pemandangan Kebun Teh

Situ Cilangla Tasikmalaya, Wisata Alam dengan Pemandangan Kebun Teh

harapanrakyat.com,- Situ Cilangla yang berada di Desa Raksasari, Kecamatan Taraju, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat menyimpan keindahan alam yang asri dengan pemandangan kebun teh.

Situ Cilangla dibuka sebagai objek wisata pada 2021 silam. Namun demikian, masuk ke Situ Cilangla tidak dikenakan tiket alias gratis.

Objek wisata tersebut dikelola Bumdes, Kelompok Wanita Tani (KWT) dan Karang Taruna Desa Raksasari.

Kepala Desa Raksasari Bambang mengatakan, salah satu daya tarik Situ Cilangla selain keindahan alamnya adalah kuliner khas.

“Ada kedai kopi juga di sini, jadi ketika berlibur ke tempat ini bisa sambil ngadem melihat pemandangan alam yang yang alami,” ungkapnya, Rabu (30/1/2022).

Baca Juga: TeeJay Waterpark Tasikmalaya, Wahana Air untuk Wisata Keluarga

Bambang yang juga pencetus dibukanya objek wisata Situ Cilangla Tasikmalaya tersebut menambahkan, pengunjung bisa membawa anak-anak.

“Bisa bermain naik soang-soangan di atas Situ, tak hanya itu di atas Situ ada kebun sayuran dan tanaman strawberry bisa petik langsung,” katanya.

Selain itu, lanjut Bambang, pihaknya sedang membangun spot selfie. Nantinya pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan kebun teh.

“Spot selfie lainnya lagi proses, sedangkan untuk spot selfie alami ada pemandangan kebun teh,” jelasnya.

Tiket Masuk Situ Cilangla Tasikmalaya

Bambang menambahkan, saat ini masuk ke objek wisata Situ Cilangla masih gratis. Namun, rencananya apabila pengunjung ingin masuk ke kebun strawberry maka harus membayar tiket.

“Masuk ke obyek wisata ini gratis, tidak bayar. Hanya saja rencananya kalau masuk ke tempat tanaman strawberry ada tiket masuknya,” ucapnya.

Menurut Bambang, dibukanya Situ Cilangla sebagai objek wisata karena dorongan pemerintah yang melihat potensi wisata. Tujuannya juga untuk mendongkrak perekonomian warga setempat.

“Karena memang di wilayah Taraju itu mempunyai alam yang asri dan masih segar untuk berlibur bersama keluarga. Tempat ini sedikit-sedikit akan kita tata karena ini belum selesai,” ujarnya.

Bambang berharap pengunjung yang datang ke Situ Cilangla merasa puas dan menikmati liburannya.

“Mudah-mudahan pengunjung yang datang ke sini merasa puas dengan fasilitas yang ada di objek wisata Situ Cilangla. Fasilitasnya ada gazebo, tempat bermain anak, dan fasilitas lainnya,” pungkasnya. (Apip/R7/HR-Online/Editor-Ndu)