Jumat, Januari 27, 2023
BerandaBerita NasionalSoal Rambut Putih Kode Apa Bukan, Jokowi: Bebas Ditafsirkan

Soal Rambut Putih Kode Apa Bukan, Jokowi: Bebas Ditafsirkan

Soal rambut putih baru-baru ini ramai dan masih menjadi topik perbincangan hangat di kalangan politisi. 

Presiden Jokowi menyebut pemimpin yang memikirkan rakyat salah satunya adalah memiliki rambut putih. Hal tersebut, ia sampaikan dalam acara ‘Nusantara Bersatu’ di Stadion Gelora Bung Karno, Sabtu (26/11/2022) lalu.

“Pemimpin yang betul-betul memikirkan rakyatnya pasti kelihatan dari mukanya, bahkan ada yang sampai rambutnya memutih karena memikirkan rakyat,” ujarnya dalam sambutan di GBK.

Baca Juga: Kongres Ulama Perempuan Indonesia Selesai, Ini Rekomendasinya

Karena saat ini tengah masuk di tahun-tahun politik, publik pun menganggap munculnya kata tersebut merupakan sebuah kode calon pemimpin yang akan maju di tahun 2024.

Menanggapi itu, Jokowi tidak membantah dan mengatakan kalau perkataan yang Ia sampaikan dalam sambutannya di GBK bebas tafsir.

Hal itu Presiden sampaikan dalam keterangan pers setelah menghadiri acara temu akbar pasukan merah di Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (29/11/2022) dan tayang di kanal Youtube Kementerian Sekretariat Negara RI.

Tanggapan Jokowi Soal Rambut Putih Kode atau Bukan

Dalam tayangan tersebut, terlihat Jokowi menjawab pertanyaan awak media seputar rambut putih. 

Salah satu awak media bertanya, “apakah sebuah kode atau bukan?”

Jokowi pun tertawa dan mengatakan “Ya tafsirannya apapun silahkan,” katanya, dikutip Rabu (30/11/2022).

Kemudian, orang nomor satu di Indonesia ini menjelaskan ketika seseorang bersungguh-sungguh dan bekerja keras bisa berpengaruh terhadap fisik.

“Berpengaruh juga ke fisik, bisa jadi karena saking mikirnya, mikir bener-bener, sehingga kerutan wajahnya tambah banyak, termasuk juga rambut bisa aja terpengaruh,” ujarnya.

Lalu, ketika awak media menanyakan “Apakah terdapat tokoh tertentu yang presiden maksud?” 

Sontak Jokowi menjawab, “Wah yang berambut putih kan banyak banget,” katanya sambil tertawa.

Lantas, Jokowi menyebutkan beberapa nama sebagai contoh tokoh-tokoh yang berambut putih seperti Basuki Hadimuljono (Menteri PUPR), Hatta Rajasa (Mantan Menteri Perhubungan).

“Lalu pak Ganjar (Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah) putih juga rambutnya, rambut pak Prabowo (Menteri Pertahanan) agak putih,” ungkapnya.

Hingga saat ini, perbincangan soal rambut putih masih menjadi teka-teki antara sebuah kode atau bukan, terlebih setelah munculnya nama-nama tersebut. (Rizki/R7/HR-Online/Editor-Ndu)