Rabu, Februari 8, 2023
BerandaBerita BisnisStock Split Saham Bayan Resources, Tujuan hingga Jadwalnya

Stock Split Saham Bayan Resources, Tujuan hingga Jadwalnya

Stock split saham Bayan Resources mendapatkan restu dari pemegang saham. Bayan Resource melakukan stock split saham dengan rasio 1:10. PT Bayan Resources (BYAN) memberikan informasi terkait stock split atau pemecahan nilai saham.

Hal ini dikatakan oleh pihak manajemen sendiri dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI). Pemecahan saham nilai nominal radio 1:10. Hal ini menunjukkan jika 1 saham lama akan menjadi 10 saham baru.

Baca Juga: Annual Report Saham, Fungsi dan Bagan-Bagan dalam Laporan

Rasio Stock Split Saham Bayan Resources

PT Bayan Resources Tbk (BYAN) merilis jadwal stock split dengan rasio 1:10 pada tanggal 28 November 2022 kemarin. Rencana stock split ini memang sudah resmi diizinkan saat rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) tanggal 17 November 2022.

Rencana stock split saham ini di BEI guna meningkatkan likuiditas perdagangan saham perseroan. Harga saham yang terjual tentu lebih terjangkau untuk para investor.

Terutama bagi investor ritel untuk bisa meningkatkan jumlah dari pemegang saham perseroan. Dengan adanya rencana pemecahan nilai saham perusahaan jumlahnya pun akan berubah.

Perbandingan rasio 1:10 menunjukkan jumlah dari 3,3 miliar saham dengan nominal Rp 100 per saham menjadi 33,3 miliar Rp 10 per saham. Dengan harga saham yang terjangkau harapannya mampu meningkatkan jumlah pemegang saham BYAN.

Baca Juga: Pengertian Watchlist Saham, Fungsi dan Pilihan Waktu yang Tepat

Tujuan Stock Split Saham BYAN

Sebelum stock split saham Bayan Resources terjadi jumlahnya sebanyak 3.333.333.500 saham dengan nominal Rp 100 per saham. Namun dengan kondisi ini perusahaan melakukan pemecahan nilai nominal saham.

Tujuan adanya stock split meningkatkan jumlah pemegang saham tentunya masih banyak yang lainnya. Tujuan tersebut untuk memberikan kesempatan bagi investor untuk bisa berinvestasi di saham BYAN.

Peningkatan likuiditas perdagangan saham di bursa dengan harga terjangkau. Selain itu, tujuan dari hal ini untuk memperbanyak jumlah saham yang beredar.

Pada catatan informasi tanggal 28 November 2022 saham BYAN naik 1,86% ke level Rp 93.150. Dari catatan terakhir ini menunjukkan saham BYAN menjadi emiten termahal di BEI.

Baca Juga: Jenis Grafik Saham Lengkap dengan Cara Membacanya

Jadwal Stock Split Saham BYAN

Stock split saham Bayan Resource kini mulai perusahaan lakukan. Adapun jadwal yang sudah memiliki izin dari RUPSLB. Pada akhir perdagangan nominal lama untuk pasar reguler dan negosiasi tanggal 1 Desember 2022.

Sedangkan untuk jadwal awal perdagangan saham dengan nilai nominal baru untuk pasar reguler dan negosiasi tanggal 2 Desember 2022. Untuk akhir penyelesaian transaksi jadwalnya saham dengan nilai nominal lama untuk pasar reguler dan negosiasi pada tanggal 5 Desember 2022.

Pada tanggal yang sama ini penentuan pemegang rekening yang berhak atas hasil stock split. Periode perdagangan pasar tunai selama tanggal2-5 Desember 2022.

Untuk awal perdagangan dengan nilai nominal pasar tunai pada tanggal 6 Desember 2022.

Jadwal stock split saham Bayan Resources akan mulai pada tanggal 2 Desember 2022 dan berakhir tanggal 6 Desember 2022. Sebagai saham termahal membantu perusahaan dapat mewujudkan tujuan mengapa melakukan stock split. (R10/HR-Online)