Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita TerbaruTakjub! Aksi Suporter Timnas Jepang Pungut Sampah di Stadion Piala Dunia 2022

Takjub! Aksi Suporter Timnas Jepang Pungut Sampah di Stadion Piala Dunia 2022

harapanrakyat.com,- Suporter Jepang Timnas tengah menjadi sorotan setelah melakukan aksi pungut sampah di stadion, pada pesta sepak bola Piala Dunia Qatar 2022.

Aksi tersebut mereka lakukan usai gelaran laga Grup E Timnas Jepang melawan Jerman yang berlangsung di Stadion Khalifa, Qatar, pada Rabu (23/11/2022) lalu.

Alhasil, Jepang sukses menorehkan sejarah baru. Tim berjuluk Samurai Biru itu mampu mempermalukan Jerman dengan skor 2-1.

Meski demikian, kemenangan tim sepak bola Jepang itu tidak membuat para suporternya lupa diri. Usai peluit terakhir berbunyi, pendukung Timnas Jepang tidak langsung meninggalkan lokasi stadion.

Mereka bergotong-royong memungut sampah demi sampah yang berserakan di Tribun Stadion Internasional Khalifa, Qatar.

Baca Juga: Minuman Ini Bisa Usir Kantuk saat Nonton Piala Dunia

Sambil memakai kaos dan syal Timnas Jepang, para suporter Jepang itu membawa kantong plastik berukuran besar.

Mereka memungut sampah berupa botol bekas air minum, bekas makanan. Serta sampah-sampah lainnya yang tercecer di kursi dan di bawah tempat duduk.

Budaya Bersih Suporter Timnas Jepang

Tak hanya itu, budaya pungut sampah oleh suporter Jepang juga dilakukan saat grand opening Piala Dunia 2022 di Qatar.

Mereka melakukan “operasi semut” memungut sampah yang berserakan di Tribun Stadion Al Bayt, Al Khor, pasca gelaran laga Qatar melawan Ekuador, Minggu (20/11/2022) lalu.

Hal itu membuat penonton lain tercengang dan takjub melihat mereka. Tak sedikit penonton lain juga turut serta mengumpulkan sampah.

Baca Juga: Turnamen Sepak Bola di Tasikmalaya Diwarnai Keributan Penonton

Seorang pegiat media sosial asal Bahrain, Omar Al-Farooq merekam aktivitas suporter Jepang tengah memungut sampah di stadion. Ia pun menanyakan alasan aksi yang dilakukan oleh suporter Jepang.

“Kami sangat menghormati stadion ini, maka kami tidak boleh meninggalkan sampah,” ujar salah seorang pendukung Jepang kepada Omar.

Usut punya usut, ternyata budaya bersih suporter Jepang telah berlangsung sejak Piala Dunia 2018 di Rusia. Mereka datang berbondong-bondong ke stadion menonton tim bola kesayangannya melawan Belgia pada babak 16 besar.

Meski waktu itu hasilnya Jepang kalah atas Belgia 2-3, namun tidak membuat suporter Jepang meninggalkan budaya bersih.

Selain itu, skuad Timnas Jepang juga turut menjadi sorotan. Pasalnya, usai bertanding melawan Jerman, mereka membersihkan dan merapikan ruang ganti.

Baca Juga: Ini Dia Fans Tercantik Piala Dunia Rusia 2018

Banjir Pujian

Video aksi yang memperlihatkan suporter Jepang tengah “operasi semut” pungut sampah di stadion beredar luas melalui media sosial.

Bahkan, tagar Jepang pun menggema di Twitter. Banyak warganet yang memuji mereka terhadap aktivitas tak lumrah, pungut sampah di stadion.

“Jepang keren!” tulis akun bernama paijodirajo.

“Dulu mental penjajah, sekarang mental pemenang. Respect!” tulis akun djonglaedi.

Hingga Piala Dunia 2022 usai, aksi pungut sampah suporter Jepang di stadion sepertinya akan terus berlanjut. (Aji/R3/HR-Online/Editor-Eva)

Diskominfo Kota Banjar