Kamis, Desember 8, 2022
BerandaBerita CiamisTanam Pohon di Sukamantri Ciamis, Nanang Permana Ajak Masyarakat Pelihara Ekosistem Alam

Tanam Pohon di Sukamantri Ciamis, Nanang Permana Ajak Masyarakat Pelihara Ekosistem Alam

harapanrakyat.com,- Ketua DPRD Ciamis, Jawa Barat, H Nanang Permana MH melaksanakan penanaman ratusan pohon di puncak Panajar, Desa Ciuncal, Kecamatan Sukamantri, Kamis (24/11/2022).

Kegiatan itu dihadiri sejumlah Kepala Desa di Kecamatan Sukamantri, Sekmat Sukamantri, wakil kepala Perhutani Ciamis, perwakilan Dinas Kehutanan, ibu-ibu PKK dan masyarakat pecinta alam.

Pada kesempatan itu, H Nanang Permana mengatakan, kegiatan penanaman pohon ini dalam rangka Hari Pohon Sedunia, yang jatuh pada tanggal 21 November dan hari menanam pohon Indonesia yang jatuh tanggal 28 November.

“Harusnya kegiatan penanaman pohon dilakukan tanggal 28, karena tidak memungkinkan waktunya, maka dilaksanakan hari ini,” ujar Ketua DPC PDIP Ciamis ini.

Adapun jenis pohon yang ditanam, di antaranya pohon sukun, pohon sirsak dan aren.

Nanang mengaku sengaja menanam pohon yang tidak bisa ditebang dan diambil kayunya, agar air tetap terpelihara, sumber air terjaga dan udara tetap sejuk.

“Pohon sirsak itu hanya bisa diambil buahnya, kemudian pohon sukun buahnya itu bisa dijadikan makanan pengganti beras,” katanya.

Lanjut Nanang, hari menanam pohon Indonesia ini harus dijadikan momentum bagi masyarakat, untuk ikut serta menjaga ekosistem alam.

“Agar ekosistem alam terus terpelihara, maka jangan bosan untuk menanam pohon yang menghasilkan manfaat untuk generasi kelak,” jelas Nanang yang juga Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Ciamis ini. (R8/HR Online/Editor Jujang)