Sabtu, November 26, 2022
BerandaBerita CiamisTanam Serentak Kebun Rakyat PDIP Ciamis untuk Perkuat Ketahanan Pangan

Tanam Serentak Kebun Rakyat PDIP Ciamis untuk Perkuat Ketahanan Pangan

harapanrakyat.com,- DPC PDI Perjuangan Ciamis, Jawa Barat, menggelar kegiatan tanam serentak kebun rakyat yang berlokasi di Desa Mekarsari, Kecamatan Tambaksari, Minggu (20/11/2022).

Angga Nugraha, Wakil Ketua Bidang Lingkungan Hidup, DPC PDIP Ciamis mengatakan, kegiatan tanam pangan ini dilakukan serentak oleh seluruh DPC PDIP se Jabar.

“Jadi bukan Ciamis saja, tapi masing-masing DPC PDIP Kab/Kota se Jabar juga melaksanakan kegiatan yang sama di daerahnya masing-masing,” ujar Sekretaris Komisi C ini.

Kata dia, yang ditanam di kebun DPC PDIP Ciamis itu merupakan pangan non beras.

“Kita dari DPC, PAC, ranting dan kelompok tani di sekitar, melakukan penanaman jagung dan singkong,” katanya.

Baca juga: Antisipasi Ancaman Krisis Pangan, PDIP Ciamis Buka Lahan untuk Tanaman Non Beras

Ia menyebut, sebenarnya ada 10 jenis tanaman pangan yang direkomendasikan DPD PDIP Jabar.

“Namun karena melihat topografi dan kesesuaian tanah, yang paling cocok ditanam di wilayah ini adalah jagung dan singkong,” ungkap Angga.

Lanjutnya, kegiatan tanam serentak pangan ini adalah bagian dari penerjemahan Tri Sakti Bung Karno, yakni berdikari dalam bidang ekonomi.

Untuk bisa berdikari dalam bidang ekonomi, maka salah satunya harus punya kekuatan pangan.

“Apalagi beberapa tahun ke depan, diprediksi akan terjadi krisis pangan global. Jadi saat ini, fokus untuk memperkuat ketahanan pangan, agar Indonesia tidak jadi negara terdampak krisis,” jelasnya.

Kegiatan tanam serentak kebun rakyat ini tandas Angga, memang konsen di pangan non beras. Hal itu sesuai dengan instruksi Ketua Umum PDIP Hj Megawati Soekarnoputri.

“Sejak dulu, untuk memenuhi kebutuhan pangan, nenek moyang kita tidak hanya mengandalkan beras, tapi banyak pangan lainnya yang bisa jadi pengganti beras,” ucapnya. (R8/HR Online/Editor Jujang)

Diskominfo Kota Banjar