Sabtu, November 26, 2022
BerandaBerita TerbaruToyota Sienta Generasi 3 Akan Segera Masuk Indonesia?

Toyota Sienta Generasi 3 Akan Segera Masuk Indonesia?

Toyota Sienta Generasi 3 kabarnya siap meluncur. Generasi 3 dari Toyota Sienta ini menjadi buah bibir para penggemarnya. Sejak meluncur di Jepang Agustus 2022 lalu, Toyota Sienta ini berhasil menarik perhatian.

Kabarnya, setelah meraih kesuksesan dalam peluncurannya di Jepang, kini Toyota Sienta 2023 atau generasi ketiga akan segera muncul di Indonesia.

Besar kemungkinan bahwa Toyota Sienta terbaru ini akan muncul di Indonesia pada tahun 2023 mendatang. Bagaimana ubahan pada generasi terbaru ini?

Baca Juga: Toyota Innova Zenix Hybrid, Jelang Peluncurannya di Indonesia

Kehadiran Toyota Sienta Generasi 3

Isu peluncuran generasi ketiga dari Toyota Sienta di Indonesia berhembus semakin kencang. Bahkan Toyota Indonesia sudah mengajukan paten desainnya.

Toyota Indonesia mengajukan paten desain yang kemungkinan milik Sienta 2023 ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Menariknya lagi, beberapa sumber menyebut bahwa pengajuan paten tersebut sudah disahkan pada November 2022 ini.

Spesifikasi Toyota Sienta 2023

Sebagai generasi baru atau generasi ketiga dari Sienta, Sienta 2023 ini membawa banyak ekspektasi dari para penggemar setianya.

Hingga kini memang Toyota Indonesia masih belum buka suara mengenai produk terbaru mereka. Namun demikian, kita bisa melihat spesifikasi berdasarkan versi Jepangnya.

Sienta 2023 yang beredar di Jepang tersedia dalam opsi mesin bensin dan juga hybrid. Mesin bensinnya Toyota berikan Dynamic Force Engine 1.5 liter berkode M15A-FKS.

Mesin bensin tersebut hadir bersama dengan transmisi CVT. Hasilnya, mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga maksimum 120 PS di 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm di 4.800 hingga 5.200 rpm.

Sementara itu, mesin kedua berupa perpadua sistem hybrid seri paralel dengan mesin bensin 1.5L M15A-FXE.

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 115 PS. Kemudian dengan teknologi hybrid, maka konsumsi BBM Toyota Sienta generasi 3 mampu mencapai 28,8 km setiap liternya.

Baca Juga: Toyota Land Cruiser FJ55, SUV Pertama Toyota yang Masih Eksis!

Eksterior dan Interior

Secara tampilan fisik, Sienta 2023 ini mendapat ubahan yang cukup signifikan. Mobil ini memiliki kerangka atau platform TNGA-B yang sebelumnya ada di Toyota Yaris versi Eropa.

Desain dari Sienta 2023 memiliki bentuk lebih buat dengan sepasang lampu besar di depan dan bentuk bemper depannya seperti kapsul.

Sementara tarikan garis bodinya masih sedikit mirip dengan model lamanya. Meski begitu, tidak ada efek membulat di tubuh mobil baru ini.

Toyota memberikan rombakan total di bagian kabinnya. Layout dashboardnya kini lebih landai dan berundak.

Lingkar kemudi Sienta 2023 juga mirip dengan Toyota lainnya, seperti Raize. Sedangkan di tengah dashboard pada headunit monitor 9 inci dengan sistem Android Auto dan Apple CarPlay.

Baca Juga: All New Toyota Vios Akirnya Rilis di Indonesia, Berapa Harganya?

Pengemudi nantinya dapat memiliki mode berkendara mulai dari ECO, Sport, dan Normal. Khusus tipe hybrid sendiri akan memiliki tambahan mode EV.

Di Jepang, Toyota Sienta mesin bensin dibanderol mulai dari RP 207 jutaan hingga RP 272 jutaan. Sementara versi hybrid-nya sedikit lebih mahal, yakni sekitar Rp 330 jutaan hingga Rp 354 jutaan. (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar