Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaBerita NasionalUjian Praktik Nikah di SMA Kota Banjar, Videonya Ditonton Puluhan Juta Kali

Ujian Praktik Nikah di SMA Kota Banjar, Videonya Ditonton Puluhan Juta Kali

harapanrakyat.com,- Ujian praktik nikah digelar di SMAN 2 Kota Banjar, Jawa Barat. Setiap siswa tak hanya harus menguasai teori dari materi yang dibahas saja. Tetapi juga mampu menerapkannya dalam dunia nyata.

Untuk mendapatkan nilai maksimal, para siswa sekolah ini pun tidak tanggung-tanggung dalam melaksanakan ujian praktik tersebut.

Seperti dalam sebuah tayangan video dalam media sosial TikTok yang memperlihatkan totalitas para siswa SMAN 2 Kota Banjar saat mengikuti ujian praktik tersebut.

Tayangan video itu kemudian dibagikan oleh akun bernama @smallbusinesnyaica melalui media sosial TikTok, Minggu (06/11/2022), dan viral.

Ujian Praktik Nikah Masuk Mata Pelajaran PAI

Baca Juga: Yayasan RQM Bandung Klarifikasi terkait Santri Warga Tasikmalaya Harus Bayar Rp37 Juta

Ujian praktik nikah itu masuk dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Dalam ujian ini siswa harus mampu melakukan adegan akad nikah sesuai dengan syariat.

Prosesi pernikahan terlihat profesional dengan menunjukkan rincian persiapan yang harus pengantin wanita lakukan, untuk pengaturan acara pernikahannya.

Dalam praktik pernikahan ini, pengantin benar-benar didandani mengenakan kebaya pengantin tradisional Sunda. Lengkap pula dengan ronce siger dan bunga melati.

Begitu juga dengan mempelai pria yang memakai baju pengantin terlihat serasi. Bahkan, keluarga kedua mempelai dan para tamu yang hadir juga terlihat sangat totalitas. 

Saat mengikuti ujian praktik nikah ini mereka pun mengenakan pakaian formal dan membawa beberapa kotak bingkisan sambil mengantri.

Baca Juga: Tiktok Academy untuk UMKM yang Lebih Maju di Indonesia

Ketika pengantin pria datang ke meja upacara pernikahan, keluarga pengantin wanita langsung menyambutnya.

Begitu juga saat momen penghulu datang ke lokasi, dan memberikan nasehat pernikahan layaknya pernikahan sungguhan.

Momen Ijab Kabul Terlihat Nyata

Memasuki momen ijab kabul dalam ujian praktik nikah, adegan ini terlihat seperti nyata dengan pemeran pengantin laki-laki yang begitu luwes saat melakukan adegan pernikahan ini. Bahkan sesekali pengantin pria terlihat sangat gugup saat duduk dekat mempelai wanita.

Setelah pernikahan dinyatakan sah, kedua mempelai dipertemukan. Mereka juga terlihat menandatangani surat nikah dan memasangkan cincin ke jari masing-masing.

Baca Juga: Cegah Perundungan, SMK PK Al Ikhlas Susuru Ciamis Gelar Roots Day

Tak ketinggalan, keduanya berfoto bersama dengan memperlihatkan buku nikahnya. Menariknya lagi, siswa yang sedang mengikuti ujian praktik nikah itu mendapat ucapan selamat dari teman-teman lainnya yang hadir sebagai tamu.

Ada juga hiburan dengan dua penyanyi yang memeriahkan acara tersebut. Momen ini kemudian berlanjut pada proses sungkem layaknya pernikahan sungguhan.

Selain itu, acara adat Sunda berlanjut dengan melempar koin kepada para tamu undangan. Akhirnya mereka berfoto bersama di pelaminan.

Video yang menayangkan ujian praktik nikah di SMAN 2 Kota Banjar langsung mendapat respon beragam dari pengguna TikTok. Bahkan, video tersebut sudah mendapatkan lebih dari 25,4 juta kali tontonan dan 2,8 juta jumlah suka. (Revi/R3/HR-Online/Editor-Eva)