Rabu, Februari 1, 2023
BerandaBerita BisnisUsaha Ternak Lebah Madu yang Menjanjikan, Begini Tipsnya

Usaha Ternak Lebah Madu yang Menjanjikan, Begini Tipsnya

Usaha ternak lebah madu memang terlihat sulit bagi sebagian orang. Namun lebah madu menjadi usaha ternak yang mudah asal tahu tekniknya. Sama seperti usaha pada umumnya, lebah madu perlu metode yang tepat agar hasilnya maksimal.

Ternak lebah adalah merawat sebuah koloni yang menetap di sebuah sarang. Apabila bisa menjalankannya, tentu akan menghasilkan madu alami dari usaha tersebut. Lantas bagaimana cara ternak lebah madu bagi pemula? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: Cara Ternak Kutu Air yang Tepat untuk Dapatkan Hasil Melimpah

Cara Memulai Usaha Ternak Lebah Madu

Madu menjadi salah satu obat herbal yang kaya akan khasiat. Selain untuk kesehatan, banyak manfaat dari madu. Karena permintaannya yang cukup tinggi, membuat usaha yang satu ini cukup menjanjikan.

Sayangnya tidak semua orang bisa menjalankan usaha dengan mudah. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan agar ternak lebah madu dapat berhasil.

Peternak lebah dapat mengumpulkan madu dan menghasilkan produk lain dari sarangnya. Ternak lebah akan menghasilkan madu yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

Untuk memulai ternak lebah madu tentu tidak bisa begitu saja, hal utama yang harus dipersiapkan yaitu yaitu ladang atau apiari.

Sebagai pemula pendiri usaha ternak ini Anda harus tahu cara mengelola dan mempersiapkan berbagai kebutuhan. Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan agar usaha tersebut dapat berhasil dan menguntungkan.

Baca Juga: Usaha Ternak Belut dalam Drum, Tips Bagi Pemula Agar Berhasil

Mempersiapkan Tempat Ternak

Seperti pada penjelasan awal untuk usaha ternak lebah madu memang membutuhkan lahan. Pemilihan lahan atau tempat ternak juga tidak bisa sembarangan.

Tempat ternak akan berpengaruh terhadap keberhasilan dan umur lebah itu sendiri. Jika tempat yang Anda pilih kurang tepat, mengakibatkan kualitas hasilnya juga tidak optimal. Adapun beberapa hal yang perlu Anda ketahui dalam memilih lokasi ternak lebah yaitu:

  • Cari tempat yang memiliki banyak bunga dengan jarak kurang dari 2 km.
  • Hindari keramaian, sebab lebah akan lebih agresif dan akhirnya akan membuatnya cepat mati.
  • Cari tempat yang memiliki sumber air bersih yang berfungsi untuk minum lebah. Jika tidak Anda bisa menyediakannya sendiri.
  • Suhu yang ideal untuk ternak lebah rata-rata 26 derajat Celcius. Untuk menghindari perubahan suhu bisa perkirakan ketebalan kayu sebagai sarangnya.
  • Lokasi yang mudah diakses oleh kendaraan.
  • Hindari pilihan tempat yang sering terkena angin kencang. Solusinya Anda bisa membatasi sekitar tempat perlebahan.

Pemilihan tempat secara fleksibel termasuk di area pekarangan rumah. Pastikan syarat lokasi untuk sarang lebah terpenuhi. Hal ini bertujuan agar hasil budidaya lebah madu bisa optimal.

Pemilihan Bibit Lebah Madu

Setelah menentukan lokasi, Anda juga perlu memilih bibit lebah madu. Cara menjalankan usaha ternak lebah madu tidak bisa sembarangan.

Pilih lebah yang berkualitas untuk hasil yang optimal. Ada beberapa metode untuk bisa mendapatkan bibit lebah madu.

  • Membeli Koloni Lebah Madu. Cara pertama untuk mendapatkan bibit yaitu dengan memilih dan membeli koloni lebah madu berkualitas.
  • Memasang Perangkap. Sebenarnya ada cara yang bisa dilakukan yaitu membuat pemancing lebah. Anda bisa buat dari batang kelapa dengan rongga dan lubang yang biasa dikenal dengan nama glodok.
  • Berburu di Alam Liar. Cara ini yang bisa Anda lakukan untuk mencari bibit lebah yaitu berburu secara liar. Siapkan kurungan ratu, kotak buru dan kain kasa hitam berbentuk kerucut.

Baca Juga: Usaha Ternak Belut, Ini Langkah Mudahnya Agar Hasil Optimal!

Proses Panen

Setelah memilih lokasi usaha ternak lebah dan pemilihan bibit Anda bisa membersihkannya secara berkala. Lebah madu akan berkembang biak jika kondisi lingkungan mendukung.

Sediakan banyak tanaman penghasil nektar dan pollen. Perhatikan juga jenis bunga sesuai dengan kondisi lingkungan yang akan membantu memaksimalkan hasil ternak lebah.

Saat proses panen akan sedikit rumit. Saat panen gunakan peralatan lengkap untuk menghindari sengatan.

Lakukan pengasapan dan ambil madu di bingkai kotak kayu rumah lebah. Anda bisa mendapatkan royal jelly, madu, dan honeycomb untuk dijual pada konsumen.

Usaha ternak madu memang sedikit sulit, namun jika Anda tahu tekniknya akan jauh lebih mudah dan bisa menghasilkan keuntungan besar. Usaha ternak lebah madu pun dapat menghasilkan produk lain, tidak hanya madu saja. Pastikan memilih lokasi dan bibit berkualitas untuk hasil optimal. (R10/HR-Online)