Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita TerbaruWaktu Ganti Busi Motor, Kenali 7 Tanda Ini!

Waktu Ganti Busi Motor, Kenali 7 Tanda Ini!

Waktu ganti busi motor jadi salah satu perhatian pengguna kendaraan. Busi merupakan komponen pengapian motor yang sangat penting, sehingga Anda harus mencermati waktu ganti agar tetap berfungsi optimal. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap seputar komponen motor ini, maka Anda bisa simak pembahasan berikut.

Baca Juga: Jenis Busi Motor yang Jarang Diketahui Lengkap dengan Fungsinya!

Kenali Waktu Ganti Busi Motor yang Tepat

Waktu yang tepat untuk mengganti busi bisa diketahui dari tanda atau ciri-ciri yang diperlihatkan. Lantas apa saja cirinya?

1. Motor Sulit Dinyalakan

Salah satu tanda Anda harus segera mengganti busi yaitu motor sulit nyala. Baik itu ketika motor Anda engkol ataupun menggunakan starter. Bukan tanpa alasan motor sulit nyala karena busi tak lagi optimal dalam menghasilkan percikan api di ruang bahan bakar.

Sebagaimana yang kita tahu bahwa busi berperan penting dalam pengapian sepeda motor. Apabila busi tidak bisa memercikkan api dalam ruang pembakaran, jelas motor tak bisa hidup.

Jika sudah demikian, maka Anda harus membersihkan busi supaya bisa menjalankan fungsinya sebagaimana mestinya.

Setelah busi dibersihkan, Anda bisa langsung mencoba menghidupkan motor kembali. Apabila tetap kesulitan, lebih baik untuk mengganti busi dengan yang baru. Biasanya hal tersebut karena busi sudah aus.

2. Tarikan Tak Responsif

Ciri lainnya yang menandakan waktu ganti busi sepeda motor yaitu tarikannya sudah tak responsif. Tanda ini terlihat ketika motor sudah Anda jalankan. Tarikan motor tak responsif biasanya karena percikan api yang busi hasilkan kurang optimal.

Hal tersebut membuat pembakaran di ruangan mesin menjadi tidak sempurna. Dengan demikian, saat motor Anda gas, maka akan terasa tidak lancar. Hal ini jelas mempersulit Anda ketika melewati jalanan tanjakan ataupun menikung.

3. Tampilan Hitam dan Kotor

Waktu yang tepat untuk ganti busi sepeda motor selanjutnya yaitu ketika tampilannya sudah hitam. Tak bisa kita pungkiri bahwa bentuk fisik busi juga bisa memperlihatkan tanda penggantiannya. Apalagi jika tampilannya hitam bercampur dengan kotoran.

Ketika tampilan busi sudah demikian, maka harus segera menggantinya supaya motor bisa kembali Anda gunakan. Apabila Anda tak segera menggantinya, maka bisa merusak komponen motor lainnya.

Pasalnya, satu komponen dengan komponen lainnya saling berkaitan dalam mendukung performa sepeda motor.

Baca Juga: Cara Mengganti Busi Motor yang Benar, Ikuti Tahapan Berikut Ini!

4. Berhenti Sesaat

Pernahkah Anda mengalami sepeda motor berhenti sesaat ketika tengah melaju? Jika iya, Anda perlu memperhatikan kondisi busi. Biasanya hal tersebut karena busi mengalami masalah atau aus.

Busi yang bermasalah membuat kinerjanya menjadi menurun sehingga tidak optimal ketika membantu proses pembakaran di ruang mesin. Oleh karena itu, segera lakukan penggantian busi. Kemudian coba jalankan kembali motornya dengan menaikkan sedikit gas.

5. Suara Mesin Brebet

Busi dan mesin merupakan komponen saling berkaitan. Apabila busi bermasalah, tentu saja akan mempengaruhi performa mesin motor. Adapun salah satu tanda atau waktu ganti busi yaitu suara mesinnya jadi terdengar brebet ketika motor dinyalakan.

Untuk memastikan kondisi tersebut, Anda bisa memanaskan motor dengan menarik gas secara maksimal. Supaya motor tidak loncat, pastikan sudah berada di posisi gigi netral.

Dengarkan baik-baik apakah suara knalpotnya brebet. Jika iya, tak perlu menunggu lama lagi, segera ganti businya.

6. Terdapat Surging

Surging itu sendiri adalah pasokan udara di ruang bahan bakar yang berlebihan. Kondisi ini menyebabkan busi mudah kotor karena pembakarannya tak bisa selesai secara optimal.

Mau tak mau Anda harus rutin membersihkan busi. Bahkan setiap akan menggunakan motor. Hal ini jelas terasa ribet bukan? Sebagai solusi terbaik, ganti saja busi dengan yang baru.

Baca Juga: Cara Mengatasi Busi Motor Cepat Hitam Paling Praktis, Simak!

7. Akselerasi Tak Maksimal

Waktu ganti busi motor selanjutnya yaitu ketika akselerasinya sudah terasa tidak maksimal. Apabila enggan mengganti busi motor, maka Anda akan kesulitan dalam memanfaatkannya untuk menempuh perjalanan.

Tak terkecuali saat menempuh perjalanan jarak dekat. Setelah Anda mengganti busi, maka bisa cek kembali akselerasinya.

Kini Anda sudah tahu kapan waktu ganti busi motor yang tepat. Pasalnya, memang ada banyak tanda yang memperlihatkannya, sehingga Anda mudah mengenali dan cepat melakukan penggantian. Pastikan segera mengganti busi agar sepeda motor bisa kembali nyaman dan aman digunakan. (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar