Rabu, November 30, 2022
BerandaBerita CiamisZiarah ke Astana Gede Kawali Ciamis, Rombongan Pemuka Agama Hindu Bali Gelar...

Ziarah ke Astana Gede Kawali Ciamis, Rombongan Pemuka Agama Hindu Bali Gelar Ritual

harapanrakyat.com,- Ziarah ke Astana Gede Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, rombongan pemuka agama Hindu Bali dan pendeta menggelar ritual (doa) bersama, Selasa (22/11/2022)

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis, Budi Kurniawan mengatakan, kedatangan para pemuka agama tersebut ke Situs Astana Gede di Kawali itu karena mereka menganggap, dan meyakini bahwa Astana Gede memiliki sumber energi spiritual yang sangat bagus.

Mereka juga mendatangi atau berziarah karena di era pra Islam Astana Gede Kawali selain kerajaan juga sebagai kabuyutan.

Budi menjelaskan, ritual bersama yang dilakukan oleh rombongan pemuka agama Hindu Bali dan pendeta itu diawali dengan mengambil air dari Cikawali.

Air tersebut mereka gunakan untuk bersuci, kemudian mereka naik ke Sunalaya untuk selanjutnya melaksanakan ritual bersama.

Baca Juga: Tempat Wisata yang Dikelola Pemkab Ciamis Belum Menaikan Tarif Karcis Masuk

Dalam ritual bersama itu, mereka berdoa untuk Diah Pitaloka dan Lingga Buana yang mereka anggap sebagai orang tua.

“Dulu para pemuka agama Hindu Bali maupun pendeta datang ke Jawa Barat melakukan ziarahnya hanya sampai ke kota Bogor. Namun, sejak tahun 2017 mereka juga ziarah ke Astana Gede Kawali,” kata Budi Kurniawan.

Pada waktu itu, lanjutnya, mereka datang dibarengi Dande, Lingsir (kasepuhan) yang dipimpin Ratu Budawan dan Prof Gusti Ngurah. Kunjungan pendeta maupun pemuka agama Hindu Bali pun berlanjut hingga sekarang.

“Bagi pemerintah daerah, jika dilihat dari perspektif kepariwisataan sangat bagus. Karena destinasi yang kita miliki akan semakin ramai pengunjung. Terlebih Astana Gede Kawali ini selain berfungsi sebagai tempat wisata religi, juga menjadi tempat wisata budaya,” jelas Budi Kurniawan. (Dji/R3/HR-Online/Editor-Eva)