Kamis, Februari 2, 2023
BerandaBerita Terbaru3 Tipe Sepeda Motor Ini Jadi Incaran Pencuri, Hati-hati!

3 Tipe Sepeda Motor Ini Jadi Incaran Pencuri, Hati-hati!

Ada 3 tipe sepeda motor yang menjadi incaran pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Pencuri biasanya mengincar motor yang terparkir di lokasi publik, seperti parkiran umum terbuka atau mini market.

Bahkan, aksi pencurian sepeda motor itu dapat dilakukan pelaku dalam waktu singkat. Pelaku pun dengan mudah langsung tancap gas membawa lari motor curiannya.

Namun, pelaku pencurian menentukan dulu tipe motor sebelum melakukan aksinya. Ada kriteria yang memungkinkan sepeda motor menjadi target incaran para pelaku curanmor.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini kriteria dan tipe sepeda motor yang sering menjadi target pelaku pencurian.

3 Tipe Sepeda Motor yang Jadi Incaran Pencuri

Baca Juga: Motor Milik Karyawan Toko di Kota Banjar Raib Digondol Maling

Motor Matic

Tipe sepeda motor matic saat ini menjadi paling populer di Tanah Air. Selain nyaman saat mengendarainya, desain motor matic juga cukup simpel.

Tak heran jika dalam kasus curanmor, motor matic menjadi salah satu dari 3 tipe motor yang paling sering hilang.

Bahkan, popularitasnya yang tinggi membuat tipe motor matic menempati daftar teratas yang jadi incaran pelaku curanmor. Karena penadah akan dengan mudah menerimanya.

Selain itu, tingginya permintaan suku cadang second (bekas) juga salah satu alasan mengapa motor matic menjadi target utama para pencuri motor.

Baca Juga: Tipe Motor Matic Paling Irit Bahan Bakar, Cocok Jadi Pilihan Anda!

Nilai Jualnya Tinggi

Tipe sepeda motor yang menjadi incaran pencuri selain matic yaitu kendaraan yang memiliki nilai jualnya tinggi. Meskipun pelaku pencurian tidak akan menjual hasil curiannya secara utuh. Tapi dengan cara dipreteli oleh si penadahnya.

Sebab, motor yang memiliki nilai jualnya maka otomatis harga spare part-nya juga lumayan mahal. Sehingga tak heran jika pelaku curanmor mengincar motor yang nilai jualnya tinggi.

Buat kamu yang punya tipe sepeda motor seperti itu patut lebih waspada lagi. Sebaiknya gunakan kunci pengaman tambahan.

Kondisi Motor Masih Standar Pabrik

Baca Juga: Penadah Curanmor di Tasikmalaya Diancam Hukuman Tujuh Tahun

Tipe sepeda motor ketiga yang sering menjadi incaran pelaku curanmor yaitu motor dengan kondisi masih standar bawaan pabrik.

Sebab, kondisi motor seperti itu pada umumnya punya keamanan yang masih rendah. Para pelaku curanmor akan dengan mudah saat melakukan aksinya.

Kondisi sepeda motor yang masih standar pabrik juga bisa dengan mudah ketika pelaku curanmor mengalihkan kepada pihak penadah. Kemudian mempreteli motor tersebut untuk menjualnya secara terpisah sebagai suku cadang.

Berbeda dengan kondisi motor yang sudah mengalami modifikasi. Karena penadah motor hasil curian menjadi terbatas saat menjual komponennya.

Motor yang sudah mendapatkan sentuhan modifikasi juga terkadang memiliki sistem keamanan lebih, misalnya telah terpasang alarm.

Tapi bukan berarti tipe sepeda motor standar saja yang menjadi target utama pelaku curanmor. Karena sejumlah kasus membuktikan bahwa pencuri motor terkadang tidak melihat kondisi kendaraannya.

Apakah kondisinya masih standar maupun sudah mengalami modifikasi, selama ada kesempatan mereka akan secepatnya beraksi.

Demikianlah informasi mengenai tipe sepeda motor yang kerap menjadi incaran para pelaku pencurian kendaraan bermotor. Bagi yang memilikinya harus semakin waspada dan berhati-hati saat memarkir kendaraan. (R3/HR-Online/Editor-Eva)